Auvergne-Rhône-Alpes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Wilayah Auvergne-Rhône-Alpes

Auvergne-Rhône-Alpes adalah sebuah wilayah yang dibuat oleh pembaruan kewilayahan Perancis sejak tahun 2014 yang terdiri dari wilayah Auvergne dan wilayah Rhône-Alpes. Daerah tersebut mulai diberlakukan pada tanggal 1 Januari 2016 setelah berlangsungnya Pemilihan Umum Regional Perancis 2015.[1] Auvergne-Rhône-Alpes merupakan nama sementara yang dituliskan dengan cara menghubungkan nama dua wilayah yang telah digabungkan berdasarkan urutan alfabet. Dewan perwakilan daerah di sana harus mengesahkan sebuah nama baru untuk daerah tersebut hingga tanggal 1 Juli 2016 lalu nama baru tersebut pun wajib disetujui oleh dewan negara di Perancis pada 1 Oktober 2016.[2] Wilayah tersebut memiliki jangkauan yang lebih luas daripada 69.711 km2 (26.916 sq mi) dengan jumlah penduduk sebanyak 7.695.264 jiwa.[3]

Toponimi[sunting | sunting sumber]

Aturan hukum di Perancis memang pada awalnya memberi nama sementara untuk sebagian besar wilayah-wilayah yang mengalami pemersatuan dengan cara mengombinasikan nama wilayah-wilayah sebelumya dengan tanda hubung (-). Nama baru yang akan diusulkan nanti akan disampaikan oleh dewan perwakilan daerah yang baru lalu dikonfirmasi oleh dewan negara mulai tanggal 1 Oktober 2016.

Penempatan nama sementara dari wilayah administratif tersebut hanya diberi tanda hubung yang tersusun atas wilayah Auvergne yang bersejarah, sungai Rhone dan pegunungan Alpen Perancis.

Daerah-daerah besar[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]