Korsika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Collectivité territoriale de Corse
Bendera Korsika
(Bendera Korsika) Logo Region
Letak
Peta Prancis memperlihatkan Region Korsika
Administrasi
Ibu kota Ajaccio
Presiden Regional Gilles Simeoni
Arondisemen 5
Kanton 52
Komune 360
Statistik
Luas1 [[1 E{{{area_scale}}} m²|8.680 km²]]
Penduduk (Peringkat {{{population_rank}}})
 - perkiraan 1 Januari 2005 275.000
 - sensus 8 Maret 1999 260.196
 - Kepadatan (2005) 32/km²
1 Menurut data pendaftaran tanah Prancis, tidak termasuk danau, kolam, dan glasier yang lebih besar dari 1 km² serta muara sungai.
Bendera Prancis
Corse-photosat.jpg

Korsika (bahasa Prancis: Corse; bahasa Korsika: Corsica) adalah pulau terbesar keempat di Laut Tengah. Korsika terletak di sebelah barat Italia, 160 km sebelah tenggara Prancis Daratan, dan sebelah utara Sardinia.

Korsika (secara resmi disebut Kolektivitas Korsika) merupakan salah satu dari 26 région Prancis, meskipun dia secara de jure berstatus komunitas teritori (collectivité territoriale). Dengan status ini, Korsika dianggap lebih penting dari région-région lainnya, tetapi status ini sebenarnya relatif sama dengan status région dalam kebanyakan hal. Korsika sering kali digolongkan sebagai sebuah "région" oleh sebagian besar pihak. Walaupun terpisah dari Prancis Daratan oleh Laut Liguria, Korsika secara administratif termasuk dalam kawasan Prancis Metropolitan.

Korsika menjadi bagian Prancis sejak 1768. Dalam sebuah referendum yang diselenggarakan pada 6 Juli 2003, sekitar 191.000 pemilih menolak status otonomi terbatas yang ditawarkan pemerintah Prancis dengan selisih persentase 1,96%.

Korsika termasyhur sebagai tempat kelahiran Napoleon Bonaparte.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]