Lambang Trinidad dan Tobago

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Coat of Arms of Trinidad and Tobago.svg

Lambang Trinidad dan Tobago didesain oleh sebuah komite tahun 1962 untuk memilih lambang yang mewakili seluruh rakyat Trinidad dan Tobago. Komite itu terdiri dari seniman Carlisle Chang (1921–2001) dan perancang George Bailey (1935–1970).[1][2]

Desain[sunting | sunting sumber]

Pohon palem di bagian atas lambang diambil dari lambang Tobago sebelum mengalami penyatuan politik dengan Trinidad. Perisai memiliki warna yang sama dengan warna bendera nasional. Tiga kapal kuning emas mewakili kapal Santa Maria, Niña, dan Pinta yang digunakan Christopher Columbus dalam pelayarannya menuju Dunia Baru. Dua burung pada perisai merupakan burung kolibri. Pulau Trinidad dikenal sebagai "Negeri Kolibri" karena 18 spesies kolibri hidup di tempat ini. Orang Arawak yang menjadi penduduk asli pulau ini menamainya Iëre yang berarti negeri kolibri. Lambang ditopang oleh ibis merah di sebelah kiri dan burung cocrico Ortalis ruficauda di sebelah kanan yang keduanya merupakan burung nasional. Ibis merah menginjak tiga gunung yang mewakili perbukitan Trinitas di selatan Trinidad, yang dipercaya nama Trinidad berasal dari formasi tiga gunung ini. Cocrico menginjak pulau dataran yang mewakili Tobago. Di bawahnya, terdapat pita bertuliskan semboyan nasional "Together We Aspire, Together We Achieve" yang berarti "Bersama-sama Kita Impikan, Bersama-sama Kita Raih".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Carlisle Chang (1921–2001)" Diarsipkan 2015-07-11 di Wayback Machine., NALIS.
  2. ^ "Coat of Arms", The National Identity Guidelines of the Republic of Trinidad and Tobago (Ministry of National Diversity and Social Integration, Government of the Republic of Trinidad and Tobago), p. 4.