Lambang Peru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Lambang Peru
Escudo nacional del Perú.svg
Versions
Escudo de armas del Perú.svg
Lambang (Escudo de armas) digunakan pada bendera nasional.
Detail
PemakaiRepublik Peru
Digunakan sejak25 Februari 1825
KepalaEk holm
Perisai berlukisPerisai dibagi tiga: bagian kiri atas berwarna biru menampilkan vikuna; bagian kanan atas menampilkan pohon cinchona; bagian bawah menampilkan tumpahan koin
PendukungDua Bendera Nasional Peru.
Elemen lainPada Bendera Nasional, lambang negara (Escudo de armas) dikelilingi setangkai daun palem di sebelah kiri dan daun laurel dibagian kanan. Kedua ujungnya diikat bendera

Lambang Peru adalah simbol nasional Peru. Ada empat varian lambang yang digunakan: Lambang Negara (Escudo de Armas); Lambang Nasional (Escudo Nacional); Lambang Kebesaran Negara (Gran Sello del Estado); dan Lambang Angkatan Laut (Escudo de la Marina de Guerra).

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Semua versi memiliki perisai yang sama persis, terdiri dari tiga elemen: bagian kiri atas menampilkan vikuna dengan warna dasar biru, melambangkan kekayaan fauna Peru; bagian kanan atas berwarna dasar putih menampilkan pohon cinchona yang merupakan tanaman nasional Peru; bagian bawah menampilkan kornukopia dengan koin logam yang berceceran, melambangkan kekayaan mineral Peru.

Varian[sunting | sunting sumber]

Lambang Negara[sunting | sunting sumber]

Lambang negara (Escudo de Armas) menampilkan daun palem di sebelah kiri perisai dan daun laurel di sebelah kanannya. Keduanya diikat pita merah putih di bagian bawah, dan di atas perisai terdapat daun ek. Varian ini digunakan pada bendera Peru. Varian ini jarang digunakan selain pada uang dan perangko.

Lambang Nasional[sunting | sunting sumber]

Lambang Nasional atau Perisai Nasional (Escudo Nacional) terdiri dari perisai dan bendera Peru pada kedua sisinya, ditambah daun ek di atasnya. Lambang ini digunakan pada bendera perang serta bangunan-bangunan publik.

Lambang Kebesaran Negara[sunting | sunting sumber]

Lambang Kebesaran Negara (Gran Sello del Estado). terdiri dari Lambang Nasional dengan tulisan "República del Perú" ("Republik Peru") di atasnya. Lambang ini digunakan pada dokumen resmi.

Lambang Angkatan Laut[sunting | sunting sumber]

Lambang Angkatan Laut (Escudo de la Marina de Guerra), terdiri dari Perisai Nasional serta tulisan "Escudo de la Marina de Guerra" di atasnya. Terdapat pula matahari di atas perisai dan dua jangkar menyilang di belakang perisai. Lambang ini digunakan oleh angkatan laut.