Lambang Bolivia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lambang Bolivia yang diadopsi sejak tahun 2004

Lambang Bolivia terdiri dari sebuah perisai yang ditopang oleh bendera Bolivia, senapan, cabang dafnah, dan seekor kondor andes di atasnya.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Perisai memiliki pembatas berwarna biru dengan sepuluh bintang emas di bawah yang melambangkan sembilan Departementos dan bekas Departemen Litoral yang diberikan kepada Chili pada tahun 1879, serta nama negara di bagian atas. Perisai menampilkan Gunung Cerro Rico dengan matahari terbit di dekatnya. Di dataran di hadapan gunung terdapat seekor alpaka berdiri menghadap sebatang pohon palem dan seikat gandum. Gambar di dalam perisai melambangkan kondisi georgrafis Bolivia, sementara gandum dan palem melambangkan sumber daya alam di negara itu.

Perisai ditopang oleh tiga bendera di kedua sisi. Di belakangnya terdapat sepasang senapan sebagai simbol perjuangan merebut kemerdekaan. Sebilah kapak dan topi Frigia melambangkan kemerdekaan. Cabang daun dafnah menyimbolkan perdamaian, dan burung kondor melambangkan keinginan untuk membela dan mempertahankan kemerdekaan bangsa.

Prana luar[sunting | sunting sumber]