Tristan da Cunha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tristan da Cunha
Bendera Tristan da Cunha
Bendera
{{{coat_alt}}}
Lambang
SemboyanOur faith is our strength
Lokasi Tristan da Cunha
Ibu kota
Edinburgh of the Seven Seas
Bahasa resmiInggris
PemerintahanBagian dari Saint Helena, Ascension, dan Tristan da Cunha
Dihuni pertama kali 
1810
Populasi
 - Sensus Penduduk 2021
244
Mata uangPound sterling (£)
(GBP)
Zona waktuGMT
(UTC+0)
Kode telepon290
Ranah Internet.sh

Tristan da Cunha (IPA: [ˈtrɪstən də ˈkuːnə]) adalah sekelompok kepulauan gunung berapi terpencil di sebelah selatan Samudra Atlantik. Kepulauan ini juga merupakan kepulauan berpenghuni paling terpencil di dunia, dikarenakan wilayah berpenghuni terdekat lainnya terletak sejauh 2.187 km (Cape Town di Afrika Selatan), 2.437 km (Saint Helena), dan 4.002 km (Kepulauan Falkland).[1][2] Kepulauan ini secara administratif merupakan bagian dari Saint Helena, Ascension, dan Tristan da Cunha, yang merupakan salah satu wilayah seberang laut Britania Raya, bersama dengan Saint Helena dan Ascension. Wilayah ini terdiri dari pulau utama, Tristan da Cunha (luas: 98 km²), dan pulau-pulau tak berpenghuni lainnya seperti Pulau Gough, Pulau Inaccessible, dan Pulau Nightingale. Per Januari 2021, Tristan da Cunha dihuni oleh 244 penduduk tetap yang semuanya berkewarganegaraan Wilayah Seberang Laut Britania Raya.[3] Pulau-pulau lainnya tidak berpenghuni, kecuali di Pulau Gough yang memiliki stasiun pengamatan cuaca yang dihuni oleh petugas dari Afrika Selatan.

Tristan dan Cunha adalah salah satu Wilayah Seberang Laut Britania Raya dengan konstitusi miliknya sendiri. Tidak terdapat lapangan terbang di pulau utama; satu-satunya cara untuk datang dan pergi dari Tristan adalah dengan kapal laut yang menempuh waktu enam hari perjalanan dari Afrika Selatan.[4]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kepulauan ini pertama kali terlihat oleh penjelajah Portugis pada tahun 1506 yang bernama Tristão da Cunha, walaupun kondisi laut pada waktu itu tidak memungkinkannya untuk berlabuh. Kemudian dia memberi nama pulau utama dalam gugus kepulauan itu dengan menggunakan namanya sendiri, Ilha de Tristão da Cunha, kemudian di Inggris-kan menjadi Tristan da Cunha.

Pada tahun 1643, kru Heemstede yang diketuai Claes Gerritsz melakukan pendaratan tercatat yang pertama. Penelitian pertama atas kepulauan ini dilakukan oleh kapal Prancis L'Heure du Berger pada 1767. Penelitian dilakukan dan penelitian atas garis pantai pun dilaksanakan. Keberadaan air pada air terjun besar Big Watron, dan di danau yang ada di pantai sebelah utara juga dicatat. Hasil dari penelitian itu dipublikasikan oleh Royal Navy hydrographer pada tahun 1781.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What's the most remote spot on Earth?". HowStuffWorks (dalam bahasa Inggris). 2009-08-25. Diakses tanggal 2021-02-02. 
  2. ^ M. A., Geography; B. A., Geography. "Tristan da Cunha, the World's Most Remote Island". ThoughtCo (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-02-02. 
  3. ^ Grundy, Richard. "Population Update". www.tristandc.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-02-02. 
  4. ^ Corne, Lucy. "Tristan da Cunha: a journey to the centre of the ocean". Lonely Planet (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-02-02.