Koloni Virginia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Koloni Virginia

1607–1776
Bendera Virginia
Bendera
{{{coat_alt}}}
Lambang
SemboyanEn dat Virginia quintum
(Latin, "Virginia memberikan yang kelima")[1]
Lokasi Virginia
StatusKoloni Inggris (1607–1707)
Koloni Britania Raya (1707–1776)
Ibu kotaJamestown (1607–1699)
Williamsburg (1699–1776)
Bahasa yang umum digunakanInggris, bahasa-bahasa Siouan, bahasa-bahasa Iroquoian, bahasa-bahasa Algonquian
Agama
Anglikan
PemerintahanMonarki konstitusional
• 1760–1776
George III (terakhir)
Gubernur 
• 1607
Edward Wingfield (pertama)
• 1771–1775
Lord Dunmore (terakhir)
LegislatifDewan Burgesses (1619–1776)
Sejarah 
• Pendirian
1607
1776
Mata uangPound sterling
Digantikan oleh
Virginia
Province of Carolina
Bermuda
Sekarang bagian dari United States
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Koloni Virginia adalah koloni Inggris pertama di dunia. Arkeolog Amerika Serikat William Kelso menyatakan bahwa Virginia "adalah tempat di mana Imperium Britania dimulai... ini adalah koloni pertama di Imperium Britania."[2] Koloni ini pernah berdiri secara singkat pada abad ke-16, dan kemudian berdiri secara terus menerus dari tahun 1607 hingga meletusnya Revolusi Amerika. Nama Virginia pertama kali digunakan oleh Sir Walter Raleigh dan Ratu Elizabeth I pada tahun 1584. Setelah meletusnya Perang Saudara Inggris pada pertengahan abad ke-17, nama koloni ini diganti menjadi "Dominion Lama" oleh Raja Charles II karena dianggap setia kepada monarki Inggris pada masa Persemakmuran Inggris.

Pada tahun 1607, anggota usaha bersama yang disebut Perusahaan Virginia mendirikan Jamestown, permukiman permanen Inggris pertama di Amerika Utara di tepi Sungai James. Kelaparan, penyakit, dan konflik dengan penduduk asli (Konfederasi Powhatan) hampir membuat Jamestown gagal sebelum datangnya sekelompok pemukim baru dan persediaan pada tahun 1610. Tembakau menjadi komoditas ekspor Virginia pertama yang menguntungkan, dan produksi tembakau berdampak terhadap pola permukiman dan masyarakat Virginia. Pada tahun 1624, piagam Perusahaan Virginia dicabut oleh Raja James I dan Koloni Virginia dijadikan koloni mahkota di bawah wewenang raja.

Dari tahun 1619 hingga 1776, badan legislatif di Virginia adalah Dewan Burgesses, yang memerintah bersama dengan gubernur kolonial. Jamestown tetap menjadi ibu kota Virginia hingga tahun 1699, ketika ibu kota dipindah ke Williamsburg. Virginia mengalami gejolak politik besar pertamanya pada tahun 1676 dengan meletusnya Pemberontakan Bacon.

Setelah menyatakan kemerdekaan dari Britania Raya pada tahun 1775 sebelum Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat secara resmi ditetapkan, Koloni Virginia menjadi Persemakmuran Virginia. Setelah Amerika Serikat dibentuk, seluruh Virginia Barat, Kentucky, Indiana dan Illinois, serta sebagian dari Ohio dan Pennsylvania Barat dibentuk dari wilayah yang pernah menjadi bagian dari Koloni Virginia.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]