Sungai Darling

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Sungai Darling adalah sungai terpanjang di benua Australia. Panjang sungai ini adalah 2700 km (2739 km[1]); mengalir melalui negara bagian New South Wales. Cabang-cabangnya sebagian mengalir di wilayah negara bagian Queensland, yaitu Sungai Warrego dan Sungai Condamine; yang bermata air di gugus utama Pegunungan Australia Timur (Eartern Highlands). Di tapal batas negara bagian Victoria-New South Wales, sungai ini bergabung dengan Sungai Murray (di Wentworth di perbatasan negara bagian Victoria[1]) dan bermuara di Teluk Encounter[2] di selatan Australia.[1]

Hulu Sungai Darling dipercaya bersumber dari beberapa anak sungai, seperti Sungai Severn, Sungai Dumaresq, Sungai Macintyre, dan Sungai Barwon.[1] Sungai Darlirg juga mengalir ke anak-anak sungai di dataran yang lebih rendah, yaitu ke Sungai Culgoa, Sungai Warrego, Sungai Paroo, Sungai Gwydir, Sungai Namoi, Sungai Macquarie, dan Sungai Bogan. Arus sungai utama Darling berfluktuasi sebagai akibat kekeringan dan banjir. Karena sebagian besar aliran sungai melewati padang rumput semak-belukar yang luas, dengan curah hujan rata-rata kurang dari 10 in (250 mm) setiap tahunnya, Sungai Darling ini lebih banyak berkurang volume airnya karena penguapan daripada yang didapat dari anak-anak sungainya, yang seringkali gagal Mencapai arus utama Ada contoh di mana distribusi meninggalkan arus utama dan hilang di cekungan pedalaman. Beberapa, bagaimanapun, mengalir ke flat garam dan pada tahun-tahun basah muncul untuk bergabung kembali dengan arus induk. Anabranch Agung (yang terbenam di bawah Danau Menindee untuk bergabung dengan Murray sekitar 300 mil kemudian) dan Talyawalka Anabranch (yang meninggalkan tangkai utama di dekat Wilcannia untuk bergabung kembali dengan Darling sekitar 80 mil di hilir dekat Menindee) adalah contoh dari distribusi anastomosing ini (yaitu sungai yang meninggalkan dan menghubungkan lagi dengan sungai utama). Seluruh sistem Darling mengalirkan cekungan seluas 250.000 sq-mi (650.000 sq-km) dengan debit tahunan rata-rata 3.600 cu ft (102 cu m) per detik di Menindee. Sungai ini memiliki gradien rata-rata 1 inci sampai mil.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Darling River | river, New South Wales, Australia". Encyclopedia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-07-31. 
  2. ^ Shadily, Hassan (1980). Ensiklopedi Indonesia. Jakarta: Ichtiar Baru - Van Hoeve. hlm. 752.