Padang rumput

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Padang rumput dekat Grindelwald di Pegunungan Alpen di Swiss
Padang rumput Quamash di Idaho

Sebuah padang rumput merupakan habitat terbuka, ladang, atau lapangan yang ditumbuhi oleh rumput dan tanaman tak berkayu lainnya. Padang rumput menarik banyak satwa liar dan mendukung flora dan fauna yang tidak dapat berkembang di habitat lain. Padang rumput menyediakan area untuk bersarang, mengumpulkan makanan, dan kadang-kadang berlindung, jika vegetasi cukup tinggi, menjadikannya penting secara ekologi. Ada beberapa jenis padang rumput, seperti pertanian, transisi, dan abadi, masing-masing penting bagi ekosistem. Padang rumput dapat terjadi secara alami atau dibuat secara buatan dari semak atau hutan yang ditebangi.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Padang rumput pertanian[sunting | sunting sumber]

Di bidang pertanian, padang rumput adalah daerah berumput yang tidak secara teratur digembalakan oleh ternak domestik, melainkan dibiarkan tumbuh tanpa pengawasan untuk menghasilkan jerami.

Praktik pertanian spesifik yang terkait dengan padang rumput dapat mengambil berbagai ekspresi. Seperti disebutkan, ini bisa berupa produksi jerami atau menyediakan makanan untuk ternak yang merumput tetapi juga untuk memberi ruang bagi kebun atau produksi madu.

Padang rumput transisi[sunting | sunting sumber]

Padang rumput transisi terjadi ketika ladang, lahan subur, atau lahan terbuka lainnya tidak lagi ditebang atau digembalakan dan mulai menunjukkan pertumbuhan yang mewah, meluas ke pembungaan dan pembibitan sendiri rumput dan spesies bunga liar.  Namun kondisi ini hanya sementara, karena rumput pada akhirnya menjadi teduh ketika semak belukar dan tanaman kayu menjadi mapan, menjadi cikal bakal kembali ke keadaan berhutan penuh. Keadaan transisi dapat dipertahankan secara artifisial melalui sistem medan ganda, di mana tanah yang ditanami dan padang rumput berganti-ganti untuk masing-masing periode 10 hingga 12 tahun.

Padang rumput abadi[sunting | sunting sumber]

Padang rumput abadi adalah salah satu faktor lingkungan yang melarang pertumbuhan tanaman berkayu. Contohnya:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]