Habitat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Habitat adalah tempat suatu makhluk hidup tinggal dan berkembang biak. Pada dasarnya, habitat adalah lingkungan—lingkungan fisik—di sekeliling populasi suatu spesies yang memengaruhi dan dimanfaatkan oleh spesies tersebut. Menurut Clements dan Shelford (1939), habitat adalah lingkungan fisik yang ada di sekitar suatu spesies, atau populasi spesies, atau kelompok spesies, atau komunitas.

Dalam ilmu ekologi, bila pada suatu tempat yang sama hidup berbagai kelompok spesies (mereka berbagi habitat yang sama) maka habitat tersebut disebut sebagai biotop

Terdapat beberapa golongan habitat: hutan rimba, hutan kecil, gurun, lereng pegunungan, kolam, sungai, rawa, dan laut.[1] Area padang rumput tertentu seperti Pampas di Argentina adalah contoh suatu habitat. Habitat yang lebih luas seperti padang belantara atau hutan hujan dinamakan Bioma.

Bioma adalah sekelompok tumbuhan dan hewan yang tinggal di suatu habitat pada suatu lokasi geografis tertentu.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Clements, Frederic E., and Victor E. Shelford. 1939. Bio-ecology. New York: John Wiley & Sons. 425 pp.
  • Ensiklopedia IPTEK: Ensiklopedia Sains untuk Pelajar dan Umum. Jakarta: Lentera Abadi. 2007. hlm. 436. ISBN 979-3535-05-9.
  1. ^ Ensiklopedia IPTEK: Ensiklopedia Sains untuk Pelajar dan Umum. Jakarta: Lentera Abadi. 2007. hlm. 436. ISBN 979-3535-05-9.