Fungsi (biologi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
"Perilaku dengan tujuan": seekor springbok muda melompat dengan empat kaki.[1][2] Seorang filsuf biologi mungkin berpendapat bahwa perilaku ini berfungsi untuk memberi sinyal pada predator, membantu springbok untuk bertahan hidup dan membiarkannya berkembang biak.[1]

Dalam biologi, fungsi didefinisikan dalam banyak cara. Dalam fisiologi, fungsi merupakan hal yang dilakukan oleh organ, jaringan, sel, atau molekul. Dalam biologi evolusi, fungsi adalah alasan mengapa beberapa objek atau proses berlangsung dalam suatu sistem yang berevolusi melalui seleksi alam. Hal ini biasanya menjadi penyebab bagi suatu evolusi untuk mencapai beberapa hasil, misalnya klorofil yang membantu menangkap energi sinar matahari dalam fotosintesis. Oleh karena itu, organisme yang memiliki klorofil lebih mungkin untuk bertahan hidup dan bereproduksi, dengan kata lain fungsinya meningkatkan kesesuaian suatu organisme. Karakteristik yang membantu evolusi disebut adaptasi; karakteristik lain mungkin spandrel nonfungsional, meskipun ini pada gilirannya nanti dapat dikooptasi oleh evolusi untuk melayani fungsi-fungsi baru.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Teleological Notions in Biology". Stanford Encyclopedia of Philosophy. 18 May 2003. Diakses tanggal 28 July 2016. 
  2. ^ Caro, TM (1986). "The functions of stotting in Thomson's gazelles: Some tests of the predictions". Animal Behaviour. 34 (3): 663–684. doi:10.1016/S0003-3472(86)80052-5.