Nanobioteknologi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Nanobioteknologi, bionanoteknologi, dan nanobiologi adalah suatu istilah yang merujuk pada persimpangan nanoteknologi dan biologi.[1] Mengingat bahwa pada subjek ini adalah salah satu yang baru muncul baru-baru ini, selain itu bionanoteknologi dan nanobioteknologi berfungsi sebagai istilah selimut untuk berbagai teknologi yang terkait.

Disiplin ilmu ini membantu untuk menunujukkan penggabungan penelitian biologi dengan berbagai bidang nanoteknologi. Konsep yang ditingkatkan melalui nanoteknologi meliputi: nanodevices (seperti mesin biologis), nanopartikel, dan fenomena skala nano yang terjadi dalam disiplin nanoteknologi. Pendekatan teknis untuk biologi ini memungkinkan para ilmuwan untuk membayangkan dan menciptakan sistem yang dapat digunakan untuk penelitian dibidang biologi. Nanoteknologi yang diilhami secara biologis menggunakan sistem biologis sebagai inspirasi untuk yang belum diciptakan.[2] Namun, seperti halnya nanoteknologi dan bioteknologi, bionanoteknologi memang memiliki banyak masalah etika potensial yang terkait dengannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ehud Gazit, Plenty of room for biology at the bottom: An introduction to bionanotechnology. Imperial College Press, 2007, ISBN 978-1-86094-677-6. Diakses tanggal 2020-05-09
  2. ^ "Nanobiologi". Nanotech-Now.com. Diakses tanggal 2020-05-09.