Distribusi spesies

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah peta jangkauan spesies mewakili wilayah tempat individu-individu dari suatu spesies dapat ditemukan. Gambar diatas merupakan peta jangkauan dari Juniperus communis (Pohon juniper).

Distribusi spesies, atau penyebaran spesies,[1] cara suatu takson biologi tersusun secara spatial.[2] Batas-batas geografik dari suatu distribusi takson merujuk kepada jangkauannya, yang umumnya diwakili oleh area yang diarsir di peta. Pola dari perubahan distribusi berubah tergantuk skala yang digunakan untuk menunjukkan distribusi mereka, mulai dari susunan individu pada satu keluarga, hingga pola individu pada suatu popyulasi, hingga distribusi dari satu spesies secara keseluruhan (jangkauan). Distribusi spesies berbeda dengan penyebaran, yang merujuk kepada proses bergeraknya suatu individu dari tempat asalnya atau dari daerah dengan kepadatan populasi tinggi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Population size, density, & dispersal (article)". Khan Academy (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-31. 
  2. ^ Turner, Will (2006-08-16). "Interactions Among Spatial Scales Constrain Species Distributions in Fragmented Urban Landscapes". Ecology and Society (dalam bahasa Inggris). 11 (2). doi:10.5751/ES-01742-110206alt=Dapat diakses gratis. ISSN 1708-3087.