Portal:Biologi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Striped bass FWS 1.jpg Rhododendron catawbiense.jpg Genetta genetta felina (Wroclaw zoo).JPG Gifthäublinge.jpg Antedon mediterranea (Lamarck, 1816).jpg
Morone saxatilis Rhododendron catawbiense Genetta genetta Galerina marginata Antedon mediterranea
Selamat datang di Portal Biologi Wikipedia
EpilobiumAngustifolium-flower-kl.jpg

Biologi adalah ilmu mengenai kehidupan. Istilah ini diambil dari bahasa Belanda "biologie", yang juga diturunkan dari gabungan kata bahasa Yunani, bios ("hidup") dan logos ("lambang", "ilmu"). Dahulu (sampai tahun 1970-an) digunakan istilah ilmu hayat (yang berarti "ilmu kehidupan"), yang diambil dari bahasa Arab. Objek kajian biologi sangat luas dan mencakup semua makhluk hidup, dan karenanya dikenal berbagai cabang biologi yang mengkhususkan diri pada setiap kelompok organisme. Selengkapnya...

Artikel pilihan

Avispa marina.jpg

Ubur-ubur kotak (kelas Cubozoa) adalah invertebrata Cnidaria yang dibedakan oleh medusa berbentuk kubus. Ubur-ubur kotak terkenal karena bisa yang sangat kuat dihasilkan oleh beberapa spesies: Chironex fleckeri, Carukia barnesi, dan Malo kingi adalah salah satu makhluk yang paling berbisa di dunia. Sengatannya dan beberapa spesies lain di kelas ini sangat menyakitkan dan kadang-kadang fatal bagi manusia. Bahkan sengatan dari beberapa spesies ubur-ubur kotak (yang sering disebut ubur-ubur Irukandji) dapat menimbulkan Sindrom Irukandji.

Sistem tubuh ubur-ubur kotak sedikit lebih kompleks dari ubur-ubur lainnya. Sistem sarafnya lebih berkembang dan matanya sudah dilengkapi retina, kornea dan lensa dengan jumlah 24 buah mata (20 buah oselus dan 4 buah rhopalium). Kecepatan renangnya juga lebih cepat dibandingkan ubur-ubur lainnya.

Artikel pilihan sebelumnya: lainnya...

Gambar pilihan

GreenSeaTurtle-2.jpg

Chelonia mydas, atau yang biasanya dikenal dengan nama penyu hijau adalah penyu laut besar yang termasuk dalam keluarga Cheloniidae. Hewan ini adalah satu-satunya spesies dalam golongan Chelonia.

Selengkapnya... sunting

Tahukah Anda