Inseminasi buatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Inseminasi buatan
Intervensi
Ilustrasi skematis inseminasi buatan
ICD-9-CM69.92
MeSHD007315

Inseminasi buatan atau inseminasi artifisial (Inggris: artificial insemination, AI) adalah pemasukan secara sengaja sel sperma ke dalam rahim atau serviks seorang wanita dengan tujuan memperoleh kehamilan melalui inseminasi (fertilisasi in vivo) dengan cara selain hubungan seksual. Metode ini merupakan salah satu cara penanganan fertilitas pada manusia. Selain itu, termasuk suatu praktik umum dalam pemuliaan hewan seperti sapi perah dan babi.

Inseminasi buatan dapat menggunakan teknik-teknik peternakan, donasi sperma, dan teknologi reproduksi berbantuan. Teknik-teknik inseminasi buatan yang tersedia meliputi inseminasi intraservikal (ICI) dan inseminasi intrauterin (IUI). Inseminasi buatan utamanya diharapkan oleh para wanita yang ingin melahirkan anak mereka sendiri. Mereka mungkin saja berada dalam hubungan heteroseksual namun pasangan prianya mengalami infertilitas, dalam hubungan lesbian, atau adalah wanita lajang. ICI dianggap sebagai teknik inseminasi paling mudah dan paling umum serta mungkin saja digunakan di rumah untuk inseminasi diri sendiri tanpa bantuan praktisi medis.[1] Dibandingkan dengan inseminasi alami (yaitu inseminasi dengan hubungan seksual), inseminasi buatan dipandang lebih mahal dan lebih berbahaya, serta memerlukan bantuan profesional.[2]

Terdapat hukum di sejumlah negara yang membatasi serta mengatur siapa saja yang dapat menyumbangkan sperma dan siapa saja yang dapat menerima inseminasi buatan, juga konsekuensi-konsekuensi dari inseminasi tersebut.(lih. wisata fertilitas)

Pada manusia[sunting | sunting sumber]

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Inseminasi buatan pada kasus pasangan heteroseksual di mana sang wanita merasa sulit untuk hamil, sebelum inseminasi buatan dilakukan sebagai solusi untuk membuatnya hamil, dokter mensyaratkan pemeriksaan sang wanita maupun pria yang terlibat untuk menghilangkan semua hambatan fisik yang mungkin menghalangi mereka untuk memperoleh kehamilan. Pasangan tersebut juga diberikan suatu tes fertilitas atau kesuburan untuk menentukan motilitas, jumlah, dan viabilitas sperma sang pria serta keberhasilan ovulasi sang wanita. Hasil dari pengujian itu, dokternya mungkin atau mungkin juga tidak merekomendasikan suatu bentuk inseminasi buatan.

Sperma yang digunakan dalam inseminasi buatan mungkin saja disediakan oleh suami sang wanita (sperma pasangan) atau juga melalui donasi sperma seseorang yang dikenal ataupun anonim (sperma donor). Sperma suami dapat digunakan jika keterbatasan fisiknya menghalangi kemampuannya untuk membuat istrinya hamil melalui hubungan seksual, ataupun sperma suami telah dibekukan dalam mengantisipasi sejumlah prosedur medis atau apabila suaminya telah meninggal. Dalam kasus lain, sperma dari donor anonim atau yang dikenal mungkin digunakan.

Meskipun mungkin terdapat berbagai pandangan berbeda dari sisi hukum, keagamaan, dan budaya dalam hal ini serta karakterisasi lainnya, cara penggunaan sperma dalam AI dianggap sama. Jika prosedur ini berhasil, sang wanita akan mengandung serta melahirkan bayi dengan jangka waktu dan cara normal. Dikatakan bahwa kehamilan yang dihasilkan dari inseminasi buatan tidak berbeda dengan kehamilan yang diperoleh melalui persetubuhan. Berdasarkan semua kasus, sang wanita akan menjadi ibu biologis dari anak produk AI, dan sang pria yang spermanya digunakan akan menjadi ayah biologisnya.

Terdapat sejumlah metode yang digunakan untuk memperoleh cairan semen yang diperlukan dalam AI. Beberapa metode hanya membutuhkan pria, sementara metode lainnya membutuhkan gabungan seorang pria dan wanita. Metode yang hanya membutuhkan pria untuk mendapatkan semen yaitu masturbasi, pemijatan pada rektum, pengotoran secara paksa (pengumpulan emisi nokturnal), atau aspirasi sperma dengan cara menusuk testis dan epididimis. Metode pengumpulan semen yang melibatkan gabungan seorang pria dan wanita antara lain persetubuhan yang diinterupsi, persetubuhan dengan sebuah 'kondom pengumpulan', atau aspirasi semen dari vagina pasca persetubuhan.

Terdapat sejumlah alasan mengapa seorang wanita ingin menggunakan inseminasi buatan untuk mendapatkan kehamilan. Sebagai contoh, sistem kekebalan tubuh seorang wanita mungkin menolak sperma pasangannya karena dianggap molekul yang menyerang.[3] Wanita yang memiliki masalah dengan serviks atau leher rahim, seperti jaringan parut pada serviks, penyumbatan serviks karena endometriosis, atau mukus tebal pada serviks, mungkin dapat menggunakan AI karena sperma perlu melewati serviks untuk menghasilkan fertilisasi atau pembuahan.

Alasan singkat Inseminasi buatan[sunting | sunting sumber]

  • Jumlah sel sperma yang rendah atau sel sperma yang tidak mampu menempuh jarak terlalu jauh.
  • Gangguan ereksi atau ejakulasi.
  • Adanya endometriosis, jaringan parut di dinding serviks, atau kelainan lain para sistem reproduksi wanita.
  • Kelainan lendir serviks yang menolak dan mencegah sperma masuk ke dalam rahim.
  • Pihak wanita mengalami alergi pada sel sperma.
  • Hambatan berhubungan seksual, seperti cacat fisik ataupun masalah psikologis. Termasuk, rasa sakit yang parah selama hubungan seksual.
  • Kondisi infeksi virus yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Misalnya, HIV atau hepatitis.
  • Sulitnya terjadi kehamilan tanpa alasan ketidaksuburan tertentu.

Pemeriksaan Sebelum Inseminasi[sunting | sunting sumber]

1. Analisis sel sperma

Jika seseorang pria tidak memiliki cukup sel sperma yang berkualitas tinggi yang ada dalam air maninya, kemungkinan pembuahan melalui inseminasi buatan hampir tidak ada. Karena itu, dokter akan merekomendasikan melakukan analisis sel sperma terlebih dahulu.

2. USG panggul

Ini dilakukan untuk memastikan bahwa tuba falopi seorang wanita tidak tersumbat atau terhalangi oleh apa pun. Jika saluran telur tersumbat, sel telur tidak bisa berjalan ke rahim dan kemungkinan hamil tidak ada.

3. Tes hormon

Menguji beberapa hormon berbeda dalam darah dapat membantu dokter mengidentifikasi apakah seorang wanita memiliki hormon yang cukup dalam tubuhnya untuk berovulasi untuk melakukan proses inseminasi buatan.

4. Stimulasi ovarium

Stimulasi indung telur dilakukan dengan mengonsumsi atau menyuntikkan obat kesuburan pada tubuh wanita. Obat kesuburan oral yang umumnya disarankan dokter adalah clomid atau letrozole. Clomid mendorong pelepasan hormon dari kelenjar pituitari yang merangsang tubuh untuk melepaskan hormon luteinizing (LH) dan hormon perangsang folikel. Hormon tersebut membantu mendorong pelepasan ovum dan juga mendorong sel ovum untuk matang. Selain itu, dokter juga mungkin menyarankan menggunakan obat suntik gonadotropin (hCG). Ini merupakan replikasi hormon di dalam tubuh yang bisa memicu folikel ovarium wanita untuk melepaskan sel telur. Terkadang seorang wanita akan membawa Clomid dan hCG sebagai stimulasi ovarium.

Stimulasi ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah sel telur yang diproduksi oleh ovarium perempuan. Sehingga, semakin banyak sel telur yang bisa diambil dan dibuahi selama proses inseminasi buatan ini, serta semakin besar pula kesempatan seorang perempuan untuk mendapatkan kehamilan.

Persiapan sel sperma[sunting | sunting sumber]

Bersamaan dengan proses pematangan sel telur dilakukan persiapan sel sperma. Sperma diambil dengan cara masturbasi lalu dilakukan proses yang dinamakan pencucian sperma atau sperm washing. Proses pencucian sel sperma ini sebenarnya merupakan proses pemilihan sel sperma yang sehat. Sel sperma yang diambil hanya yang memiliki konsentrasi dan pergerakan yang tinggi untuk mencapai sel telur. Hal ini membantu meningkatkan tingkat keberhasilan inseminasi buatan.

Selain itu proses pencucian sperma ini juga dilakukan untuk menghilangkan bahan kimia beracun yang mungkin akan bereksi negatif oleh tubuh sang perempuan, seperti menyebabkan reaksi alergi, yang nantinya bisa menghambat kehamilan. Proses ini juga bisa meminimalisir kram yang kadang terjadi setelah proses inseminasi buatan.

Pemasukan sel sperma[sunting | sunting sumber]

Menyuntikkan sel sperma yang sudah disiapkan ke dalam rahim wanita prosesnya cepat dan hampir tidak menimbulkan rasa sakit. Pihak wanita akan diminta berbaring di meja ginekologi, kemudian dokter akan memasukkan kateter yang sangat kecil ke dalam serviks dari pihak wanita. Sang wanita mungkin akan merasakan kram ringan, yang mirip dengan apa yang mungkin Anda rasakan selama pap smear. Sel sperma yang sudah dipilih kemudian akan dipindahkan ke rahim perempuan melalui kateter, dan selesai.

Dokter mungkin akan menyarankan sang wanita agar tetap berbaring untuk beberapa saat setelah proses inseminasi buatan selesai, atau sang perempuan mungkin juga bisa segera bangun. Pihak perempuan tidak perlu khawatir sel sperma akan bocor dan keluar saat Anda berdiri. Karena sel sperma sudah dialihkan langsung ke rahim pihak wanita, dan sang wanita tinggal menunggu hasilnya.

Waktu sampai melihat keberhasilan[sunting | sunting sumber]

Sang perempuan bisa menunggu waktu selama dua minggu untuk melihat apakah ia berhasil mendapatkan kehamilan. Selama menunggu, sebaiknya lakukan kegiatan Anda sehari-hari seperti biasa. Jangan buat diri Anda stres dengan memikirkan kehamilan. Setelah 2 minggu, pihak perempuan bisa melakukan tes kehamilan

Tingkat kehamilan[sunting | sunting sumber]

Perkiraan tingkat kehamilan sebagai suatu fungsi dari jumlah total sperma (mungkin dua kali lebih besar sebagaimana jumlah total sperma motil). Nilai-nilai tersebut adalah untuk inseminasi intrauterin (IUI).[butuh rujukan]

Tingkat kehamilan atau keberhasilan inseminasi buatan adalah 10–15% per siklus menstruasi dengan menggunakan metode ICI,[4] dan 15–20% per siklus dengan menggunakan metode IUI.[4][tepercaya?] Dalam IUI, dikabarkan bahwa sekitar 60–70% memperoleh kehamilan setelah 6 siklus.[5]

Bagaimanapun, angka-angka tingkat kehamilan tersebut mungkin tidak akurat, karena banyak faktor, seperti usia dan kesehatan sang penerima, yang perlu dimasukkan untuk memperoleh hasil yang lebih berarti. Misalnya definisi keberhasilan dan kalkulasi populasi total.[6] Bagi pasangan dengan infertilitas yang tak dapat dijelaskan, IUI distimulasi tidak lebih efektif daripada konsepsi atau pembuahan dengan cara alami.[7][8]

Tingkat kehamilan juga tergantung pada jumlah total sperma (TSC), atau, secara lebih khusus, jumlah total sperma motil (TMSC), yang digunakan dalam suatu siklus. Tingkat keberhasilan dapat meningkat seiring dengan peningkatan TMSC, tetapi hanya terbatas sampai jumlah tertentu, sementara faktor-faktor lainnya menjadi penghalang keberhasilan. Hasil penjumlahan tingkat kehamilan dari dua siklus yang menggunakan TMSC 5 juta (mungkin TSC ~10 juta pada grafik) dalam setiap siklus secara substansial lebih tinggi daripada satu siklus tunggal yang menggunakan TMSC 10 juta. Namun, walaupun lebih hemat biaya, menggunakan TMSC yang lebih rendah juga meningkatkan rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan kehamilan. Wanita yang usianya menjadi suatu faktor utama dalam fertilitas mungkin tidak ingin meluangkan waktu ekstra tersebut.

Sampel per anak[sunting | sunting sumber]

Jumlah sampel yang diperlukan untuk menghasilkan seorang anak sangat bervariasi pada setiap orang, serta pada setiap klinik. Namun, persamaan berikut ini menggeneralisasi faktor-faktor utama yang terkait:

Untuk inseminasi intraservikal (ICI):

  • N adalah berapa banyak anak yang dapat dihasilkan satu sampel tunggal.
  • Vs adalah volume suatu sampel, biasanya antara 1,0 mL dan 6,5 mL[9]
  • c adalah konsentrasi sperma motil dalam suatu sampel setelah pembekuan dan pencairan, sekitar 5–20 juta per ml tetapi sangat bervariasi
  • rs adalah tingkat kehamilan per siklus antara 10-35%[4][10]
  • nr adalah jumlah total sperma motil yang direkomendasikan untuk inseminasi pada vagina (VI) atau inseminasi intra-servikal (ICI), sekitar 20 juta per ml.[11]

Tingkat kehamilan akan meningkat seiring dengan peningkatan jumlah sperma motil yang digunakan, tetapi hanya sampai tingkat tertentu karena faktor-faktor lainnya menjadi penghalang.

Derivasi persamaan tersebut (klik di kanan untuk melihatnya)

Dalam bentuk yang paling sederhana, persamaan tersebut dibaca:

N adalah berapa banyak anak yang dapat dihasilkan dalam satu sampel tunggal
ns adalah berapa vial yang diproduksi per sampel
nc adalah jumlah vial yang digunakan dalam suatu siklus
rs adalah tingkat kehamilan per siklus

ns dapat dibagi menjadi:

ns adalah berapa vial yang diproduksi per sampel
Vs adalah volume suatu sampel
Vv adalah volume vial-vial yang digunakan

nc dapat dibagi menjadi:

nc adalah jumlah vial yang digunakan dalam suatu siklus
nr adalah jumlah sperma motil yang direkomendasikan untuk digunakan dalam suatu siklus
ns adalah jumlah sperma motil dalam suatu vial

ns juga dapat dibagi menjadi:

ns adalah jumlah sperma motil dalam suatu vial
Vv adalah volume vial-vial yang digunakan
c adalah konsentrasi sperma motil dalam suatu sampel

Dengan demikian, faktor-faktor tersebut dapat disajikan sebagai berikut:

N adalah berapa banyak anak yang dapat dihasilkan oleh suatu sampel tunggal
Vs adalah volume suatu sampel
c adalah konsentrasi sperma motil dalam suatu sampel
rs adalah tingkat kehamilan per siklus
nr adalah jumlah sperma motil yang direkomendasikan untuk digunakan dalam suatu siklus
Vv adalah volume vial-vial yang digunakan (angka-angkanya tidak mempengaruhi N dan dapat dihilangkan. Singkatnya, semakin kecil vial-vial tersebut, semakin banyak vial yang digunakan)
Perkiraan tingkat kelahiran hidup (rs) di antara pasangan infertil sebagai suatu fungsi dari jumlah total sperma motil (nr). Nilai-nilai tersebut adalah untuk inseminasi intrauterin (IUI).[butuh rujukan]

Berdasarkan angka-angka tersebut, satu sampel secara rata-rata dapat menghasilkan 0,1–0,6 anak, yaitu, sebenarnya membutuhkan rata-rata 2–5 sampel untuk menghasilkan seorang anak.

Untuk inseminasi intrauterin (IUI), suatu fraksi sentrifugasi (fc) dapat ditambahkan ke dalam persamaan tersebut:

fc adalah fraksi volume yang tersisa setelah sentrifugasi sampel, yang mungkin sekitar setengah (0,5) hingga sepertiga (0,33).

Di sisi lain, mungkin hanya diperlukan 5 juta sperma motil per siklus dengan IUI (nr=5 juta).[10]

Karenanya, mungkin hanya dibutuhkan 1–3 sampel untuk seorang anak jika digunakan untuk IUI.

Resiko inseminasi buatan[sunting | sunting sumber]

Risiko yang kemungkinan bisa dihadapi sang ibu yaitu kehamilan lebih dari satu atau kehamilan kembar. Hal ini terjadi karena pemberian obat-obatan penyubur pada sel telur yang reaksinya berlebihan dari pada yang diharapkan. Misalnya berharap tiga sampai empat sel telur yang matang, ternyata berkembang menjadi 15 sampai 20 sel telur. Risiko lainnya, sang ibu mungkin mengalami gangguan sirkulasi darah, susah bernafas atau sesak napas, dan kekurangan cairan pada rongga paru-paru. Sedangkan risiko terhadap sang janin hasil inseminasi buatan, yakni janin kembar sebesar 30 sampai 35 persen dan risiko terjadi kelahiran prematur.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kasus pertama yang dilaporkan dalam hal inseminasi buatan dengan donor terjadi pada tahun 1884: seorang profesor kedokteran dari Philadelphia mengambil sperma siswanya yang "berpenampilan terbaik" untuk menginseminasi seorang wanita yang dibius. Wanita tersebut tidak diberitahu mengenai prosedur itu, berbeda dengan suaminya yang infertil. Kasus tersebut dilaporkan 25 tahun kemudian dalam suatu jurnal medis.[12] Bank sperma dikembangkan di Iowa sejak tahun 1920-an dalam penelitian yang dilakukan oleh Jerome Sherman dan Raymond Bunge, peneliti-peneliti dari sekolah kedokteran Universitas Iowa.[13]

Pada tahun 1980-an, inseminasi intraperitoneal langsung (DIPI) terkadang digunakan, di mana dokter menyuntikkan sperma ke dalam abdomen bawah melalui suatu insisi atau lubang bedah, dengan tujuan membiarkan mereka menemukan oosit pada ovarium atau setelah memasuki saluran reproduksi melalui ostium tuba falopi.[14][15]

Implikasi sosial[sunting | sunting sumber]

Salah satu masalah utama yang timbul dari maraknya ketergantungan pada teknologi reproduksi berbantuan (ART) adalah tekanan pada pasangan untuk hamil, "di mana anak-anak sangat dikehendaki, menjadi orang tua merupakan keharusan secara kultural, dan keadaan tanpa anak tidak dapat diterima secara sosial".[16]

Medikalisasi infertilitas atau ketidaksuburan menciptakan suatu struktur bahwa manusia di didorong untuk berpikir mengenai infertilitas secara sangat negatif. Dalam banyak budaya, khususnya yang dengan populasi Muslim besar, inseminasi donor dilarang secara keagamaan dan kultural, biasanya berarti bahwa ketiadaan akses pada ART yang mahal dan "berteknologi tinggi", seperti fertilisasi in vitro, adalah satu-satunya solusi.

Ketergantungan berlebihan pada teknologi-teknologi reproduksi dalam penanganan infertilitas mencegah banyak orang—contohnya secara khusus di "sabuk infertilitas" Afrika tengah dan selatan—untuk mendapatkan penanganan atas banyaknya penyebab utama infertilitas yang seharusnya dapat ditangani tanpa inseminasi buatan; yaitu infeksi-infeksi yang dapat dicegah, pengaruh gaya hidup dan pola makan.[16]

Pada ternak dan hewan peliharaan[sunting | sunting sumber]

Seorang pria melakukan inseminasi buatan pada seekor sapi.

Vivipar pertama yang dibuahi secara artifisial adalah seekor anjing. Eksperimen tersebut dilakukan dengan sukses oleh seorang Italia bernama Lazzaro Spallanzani pada tahun 1780. Pelopor penting lainnya dalam inseminasi buatan adalah seorang Rusia bernama Ilya Ivanovich Ivanov sejak tahun 1899. Pada tahun 1935, semen domba Suffolk yang dicairkan dikirimkan dari Cambridge dengan pesawat menuju Krakoiv, Polandia, dan kepada gabungan peneliti internasional (Prawochenki dari Polandia, Milovanoff dari Uni Soviet, Hammond dari Cambridge, Walton dari Skotlandia, dan Thomasset dari Uruguay).

Inseminasi buatan digunakan pada banyak hewan, bukan manusia, seperti domba, kuda, sapi, babi, anjing, hewan-hewan bersilsilah pada umumnya, hewan-hewan pada kebun binatang, kalkun, dan bahkan lebah madu. AI dapat digunakan untuk berbagai alasan, misalnya untuk memungkinkan seekor jantan menginseminasi betina dalam jumlah yang jauh lebih banyak, untuk memungkinkan penggunaan materi genetik dari pejantan yang terpisah oleh jarak atau pun waktu. Guna mengatasi kesulitan pemuliaan fisik, untuk mengatur garis keayahan dari keturunan, untuk menyinkronkan kelahiran-kelahiran, untuk menghindari cedera yang mungkin terjadi saat perkawinan alami, dan untuk menghindari perlunya memelihara seekor pejantan sekalipun (seperti untuk sejumlah kecil betina atau pada spesies yang pejantan fertilnya mungkin sulit dikelola).[17]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) European Sperm Bank USA
  2. ^ "Langkah-Langkah Dilakukannya Proses Inseminasi Buatan (IUI)". Hello Sehat. 2018-03-06. Diakses tanggal 2021-02-20. 
  3. ^ (Inggris) Robinson, Sarah (2010-06-24). "Professor". International Federation of Gynecology and Obstetrics. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-04. Diakses tanggal 2012-12-27. 
  4. ^ a b c (Inggris) Utrecht CS News Diarsipkan 2018-10-01 di Wayback Machine. Subject: Infertility FAQ (part 4/4)
  5. ^ (Inggris) Intrauterine insemination. Information notes from the fertility clinic at Aarhus University Hospital, Skejby. By PhD Ulrik Kesmodel et al.
  6. ^ (Inggris) IVF.com Diarsipkan 2008-04-11 di Wayback Machine.
  7. ^ (Inggris) Fertility treatments 'no benefit'. BBC News, 7 August 2008
  8. ^ (Inggris) Bhattacharya S, Harrild K, Mollison J, et al. (2008). "Clomifene citrate or unstimulated intrauterine insemination compared with expectant management for unexplained infertility: pragmatic randomised controlled trial". BMJ. 337: a716. doi:10.1136/bmj.a716. PMC 2505091alt=Dapat diakses gratis. PMID 18687718. 
  9. ^ (Inggris) Essig, Maria G. (2007-02-20). Van Houten, Susan; Landauer, Tracy, ed. "Semen Analysis". Healthwise. Reviewed by Martin Gabica and Avery L. Seifert. WebMD. Diakses tanggal 2007-08-05. 
  10. ^ a b (Inggris) Cryos International Sperm and Egg Bank – What is the expected pregnancy rate (PR) using your donor semen? Diarsipkan January 7, 2011, di Wayback Machine.
  11. ^ (Inggris) Cryos International Sperm and Egg Bank – How much sperm should I order? Diarsipkan 2013-08-28 di Wayback Machine.
  12. ^ (Inggris) "Letter to the Editor: Artificial Impregnation". The Medical World: 163–164. April 1909. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-07-24. Diakses tanggal 2016-12-07.  (cited in Gregoire, A.; Mayer, R. (1964). "The impregnators". Fertility and Sterility. 16: 130–134. PMID 14256095. )
  13. ^ (Inggris) Kara W. Swanson, “The Birth of the Sperm Bank,” Annals of Iowa, 71 (Summer 2012), 241–76.
  14. ^ (Inggris) Oral Sex, a Knife Fight and Then Sperm Still Impregnated Girl. Account of a Girl Impregnated After Oral Sex Shows Sperms' Incredible Survivability By LAUREN COX. abcNEWS/Health Feb. 3, 2010
  15. ^ (Inggris) Cimino, C.; Guastella, G.; Comparetto, G.; Gullo, D.; Perino, A.; Benigno, M.; Barba, G.; Cittadini, E. (1988). "Direct intraperitoneal insemination (DIPI) for the treatment of refractory infertility unrelated to female organic pelvic disease". Acta Europaea fertilitatis. 19 (2): 61–68. PMID 3223194. 
  16. ^ a b (Inggris) Marcia C. Inhorn (2003). "Global infertility and the globalization of new reproductive technologies: Illustrations from Egypt". Social Science and Medicine. 56: 1837–1851. doi:10.1016/s0277-9536(02)00208-3. 
  17. ^ "Disnakan Kabupaten Temanggung". Disnakan Kabupaten Temanggung (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-02-20. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris) Hammond, John, et al., The Artificial Insemination of Cattle (Cambridge, Heffer, 1947, 61pp)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]