Doula

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Doula adalah orang yang membantu, mendukung calon ibu selama persalinan dan kelahiran, dan/atau setelah dia melahirkan[1]. Tugas dari doula antara lain meluangkan waktu untuk membangun komunikasi dengan calon ibu, memberikan dukungan pribadi selama persalinan, membantu calon ibu dalam membutuhkan sesuatu, dan meyakinkannya sepanjang waktu. Seorang doula juga akan membantu dalam pasca kelahiran, dan merawat ibu atau orang tua baru untuk merawat bayinya.[2]

Doula menjadi profesi yang tidak terlalu populer di Indonesia. Profesi ini sangat membantu ibu yang sedang hamil. Ia terlatih untuk memberikan dukungan fisik, emosi, dan mengedukasi klien pada saat mengandung, melahirkan, dan pasca melahirkan. Mereka juga berperan untuk membuat proses persalinan dilakukan senyaman mungkin dengan cara yang sehat dan memuaskan secara emosional. Doula biasanya dipekerjakan pada saat ibu hamil sudah masuk trimester ketiga (hamil tua).[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Doula". Encyclopedia of Global Health. 2455 Teller Road, Thousand Oaks California 91320 United States: SAGE Publications, Inc. 2008. 
  2. ^ Trust), NCT (National Childbirth (2023-08-04). "What is a doula? Your questions answered | Pregnancy articles & support | NCT". NCT (National Childbirth Trust) (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-03-14. 
  3. ^ Adi P, Theo (4 Juli 2023). "Mengenal Profesi Doula, dari Tugas dan Skill yang Harus Dikuasai Dalam Membantu Ibu Hamil". Akurat. Diakses tanggal 24 April 2024.