Portal:Pertanian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Selamat datang di
Portal Pertanian


Gambaran klasik pertanian di Indonesia

Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya.

Artikel pilihan

Secangkir kopi

Hari Kopi adalah perayaan tahunan yang dirayakan pada tanggal yang berbeda-beda setiap negara untuk merayakan kenikmatan minuman kopi sekaligus meningkatkan kepedulian terhadap petani kopi. 29 September dirayakan sebagai Hari Kopi di berbagai negara seperti Malaysia, Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Ethiopia, dan Swedia. Saat ini, berbagai bisnis di seluruh dunia menawarkan kopi secara gratis ataupun harga yang murah terutama kepada pelanggan loyal, hingga tawaran menarik mengenai kopi melalui jejaring sosial. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: PestisidaJagungLilin lebah

Gambar pilihan

966626 545470885491551 98026196 o.jpg

Berita terkini

Pertanian diTimur Tengah
Pertanian di
Timur Tengah
  • "Dengan menganalisa data iklim dari tahun 1986, peneliti dari Max Planck Institute dan Cyprus Insitute menyimpulkan bahwa perubahan iklim dapat memicu gelombang pengungsi dari Timur Tengah dan Afrika Utara di masa depan. Temperatur tertinggi yang pernah terukur adalah 42.8 derajat Celcius, namun di tahun 2100 diperkirakan dapat mencapai 45-50 derajat Celcius. Tingginya temperatur akan menyebabkan kawasan tersebut tidak lagi dapat dihuni manusia." (Huffington Post) (CNBC)

  • "Nestlé Amerika Serikat mengungkapkan akan memotong kandungan natrium di dalam produknya demi kesehatan konsumennya. Kebijakan ini sejalan dengan saran dari FDA, namun tidak dengan perusahaan makanan raksasa lainnya yang menyatakan bahwa saran dari FDA banyak mengandung kesalahan. Kesehatan dan keinginan konsumen telah menjadi prioritas Nestlé, setelah sebelumnya mereka mengurangi bahan sintetik, sirup jagung fruktosa tinggi, dan GMO dalam bahan bakunya." (Quartz) (Food Dive)

  • "Fonterra menurunkan harga beli susu dari peternak sapi, menanggapi kondisi global terhadap tingkat permintaan dan penawaran susu yang tidak seimbang. Namun sebagai gantinya, Fonterra menawarkan kredit lunak kepada peternak dengan jumlah yang didasarkan pada seberapa banyak susu yang telah mereka setorkan, dan bisa dibayar mulai tahun 2018. Harga semakin tidak stabil berkat kebijakan kuota Uni Eropa dan embargo ekonomi terhadap Rusia sehingga ekspor Selandia Baru dan Australia ke kedua wilayah tersebut berkurang drastis." (ABC Australia) (Farm Weekly)

  • "Menjelang perayaan ulang tahun Partai Buruh Korea Utara, sesuai tradisi pemimpin negara mengundang sejumlah wartawan ke Pyongyang. Salah satu yang diliput oleh media massa adalah keberadaan lahan usaha tani percontohan (model farm) di mana Korea Utara masih ingin menunjukkan bahwa ketahanan pangan masih menjadi fokus dari negara tersebut. Kim Jong-un juga disebut telah mengubah kebijakannya sehingga petani boleh menyimpan 30-60 persen hasil taninya untuk dimakan maupun dijual." (CBS) (The Washington Post)

  • "Denmark mengkaji kemungkinan untuk memungut pajak dari penjualan daging. Mereka akan memulai dari daging sapi, dan perlahan akan diterapkan pada daging merah lainnya. Peternakan daging, melalui berbagai riset, disebut memiliki kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan temperatur udara planet bumi. Penerapan pajak ini diharapkan agar warga Denmark secara etika memiliki kewajiban untuk peduli pada lingkngan dan mengurangi knsumsi dagingnya." (Treehugger) (BeefMagazine)

  • "Masalah keberadaan ikan mas di berbagai sungai dan saluran air di Australia akan dibersihkan dengan menggunakan virus. Pemerintah negara tersebut telah menyiapkan dana sebesar 15 juta dolar Australia untuk program tersebut, yang sebagian besar akan digunakan untuk menyingkirkan ikan yang telah mati. Ikan mas disebut sebagai spesies invasif dan telah menghidupi saluran air sejak lama. Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization menyatakan virus ini tidak memiliki pengaruh terhadap ikan lain dan juga manusia." (Fox News) (RT)

  • "Australia menghalangi pembelian lahan usaha tani milik S. Kidman and Co oleh Dakang Australia Holding, perusahaan asal China. S. Kidman and Co merupakan pemilik lahan pertanian terbesar di Australia, yang luas lahannya mencapai 1 persen luas daratan Australia. Awalnya penolakan dilakukan dengan alasan bahwa sebagian lahan yang akan dibeli bersebelahan dengan lahan pengujian senjata milik Angkatan Udara Australia sehingga kepemilikan lahan tersebut dapat mengancam keamanan nasional. Namun kini alasan penolakan bergeser kepada perhatian pemerintah bahwa lahan pertanian merupakan aset yang sangat penting bagi negara." (CBS News) (Deutsche Welle)


Tahukah Anda ...

  • "... bahwa gadung (Dioscorea hispida) mengandung racun dioskorina (dioscorine) yang menyebabkan rasa sakit di tenggorokan dan bisa diobati dengan meminum air kelapa muda?"
  • "... bahwa agrowisata berpotensi mengurangi hasil pertanian namun meningkatkan pendapatan pemilik lahan pertanian?"
  • "... bahwa tumbuhan obat berkembang dari rempah-rempah yang biasa dikonsumsi dan kemudian diamati memiliki khasiat tertentu?"
  • "... bahwa daging paus mengandung merkuri dengan kadar yang tinggi dengan konsentrasi tertinggi terdapat pada organnya?"
  • "... bahwa lamtoro cenderung menjadi gulma karena sangat mudah tumbuh walaupun setelah dipangkas, ditebang, atau dibakar?"
  • "... bahwa kalkun tidak dibudidayakan untuk telurnya melainkan untuk dagingnya? Sehingga harga sebutir telur kalkun bisa lebih mahal dari satu lusin telur ayam."
  • "... bahwa daging udang mengandung merkuri dengan kadar yang lebih rendah dibandingkan boga bahari lainnya?"
  • "... bahwa daging kangguru sebagian besar didapatkan dari hasil buruan yang diizinkan karena populasi kangguru yang mulai berlebih?"
  • "... bahwa pucuk dan daun muda pakis lemidi (Stenochlaena palustris) dapat dimakan sebagai sayuran, sementara batang menjalarnya dapat diolah menjadi tali?"

Artikel merah

Artikel-artikel berikut termasuk kategori artikel merah di dalam kategori Pertanian, kami membutuhkan bantuan Anda untuk membuatnya.

Umum



Budi daya tanaman



Perikanan



Peternakan



Kehutanan



Teknologi pertanian