Portal:Pertanian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Selamat datang di
Portal Pertanian


Gambaran klasik pertanian di Indonesia

Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang termasuk dalam pertanian biasa dipahami orang sebagai budidaya tanaman atau bercocok tanam serta pembesaran hewan ternak, meskipun cakupannya dapat pula berupa pemanfaatan mikroorganisme dan bioenzim dalam pengolahan produk lanjutan, seperti pembuatan keju dan tempe, atau sekadar ekstraksi semata, seperti penangkapan ikan atau eksploitasi hutan.

Bagian terbesar penduduk dunia bermata pencaharian dalam bidang-bidang di lingkup pertanian, namun pertanian hanya menyumbang 4% dari PDB dunia.

Kelompok ilmu-ilmu pertanian mengkaji pertanian dengan dukungan ilmu-ilmu pendukungnya. Karena pertanian selalu terikat dengan ruang dan waktu, ilmu-ilmu pendukung, seperti ilmu tanah, meteorologi, teknik pertanian, biokimia, dan statistika juga dipelajari dalam pertanian. Usaha tani adalah bagian inti dari pertanian karena menyangkut sekumpulan kegiatan yang dilakukan dalam budidaya. "Petani" adalah sebutan bagi mereka yang menyelenggarakan usaha tani, sebagai contoh "petani tembakau" atau "petani ikan". Pelaku budidaya hewan ternak secara khusus disebut sebagai peternak. (Artikel selengkapnya...)

Berita terkini

  • "Sebuah investigasi oleh Greenpeace menemukan kesalahan dari sistem subsidi pertanian yang diterapkan oleh Uni Eropa di wilayah Inggris. Sebagian penerima subsidi merupakan aristokrat dan miliuner yang memiliki bisnis pertanian, diantaranya adalah Ratu Inggris, Duke of Westminster, Duke of Northumberland, Sir Richard Sutton, Earl of Moray, Baron Phillimore dan keluarganya, serta Earl of Plymouth. Bahkan pangeran kerajaan Arab Saudi mendapatkan lebih dari 400 ribu poundsterling per tahun untuk membiayai peternakan kuda pacunya, sebuah sektor yang tidak vital untuk pengadaan pangan." (BBC) (Daily Mail)

  • "Dokter di kota Chicago, negara bagian Illinois, kini menambahkan makanan segar sebagai bagian dari resep obat yang diberikan kepada pasien. Konsep ini sangat membantu, terutama warga miskin di sana karena makanan segar relatif lebih mahal dibandingkan makanan berbahan pengawet. Resep makanan segar terutama diberikan kepada warga miskin penderita darah tinggi, dan diabetes. Makanan segar ini disediakan oleh Bank Pangan Amerika Serikat." (Japan Times) (US News)

  • "Pada sebuah gua di Okinawa, Jepang, ditemukan mata kail penangkap ikan berusia lebih dari 23000 tahun. Mata kail tersebut terbuat dari kerang yang dipahat. Penemuan ini lebih tua dari mata kail yang ditemukan di pulau Timor (18 ribu tahun) dan Papua (16 ribu tahun). Penemuan ini menunjukkan bahwa teknologi kemaritiman telah berkembang hingga manusia mampu berkelana hingga pulau terpencil seperti Okinawa." (Smithsonian Magazine) (CNN)

  • "Sektor peternakan sapi perah di California mulai menunjukkan penurunan. Jumlah sapi yang dipelihara di negara bagian tersebut mulai berkurang, dan wilayah penggembalaan hewan mulai berkurang, berubah menjadi perkebunan almond. Perkebunan almond dipilih karena adanya peningkatan terhadap permintaan sari kacang almond di masyarakat, di tengah menurunnya permintaan terhadap susu sapi." (Arkansas Online) (Columbian)


Artikel merah

Artikel-artikel berikut termasuk kategori artikel merah di dalam kategori Pertanian, kami membutuhkan bantuan Anda untuk membuatnya.

Umum



Budi daya tanaman



Perikanan



Peternakan



Kehutanan



Teknologi pertanian