Portal:Pertanian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Selamat datang di
Portal Pertanian


Gambaran klasik pertanian di Indonesia

Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya.

Artikel pilihan

Umbi salah satu spesies talas (xanthosoma sagittifolium) sedang diuji sifat rheologi, di Institut Pertanian Bogor

Karakteristik teknik bahan pertanian adalah sifat fisik dari bahan pertanian yang dianalisis dengan tujuan memudahkan dalam mendesain proses dan alat dan mesin yang terkait dengan penanganan dan aplikasi bahan pertanian. Contoh bahan pertanian yaitu benih, pupuk, hasil pertanian, hingga limbah biologis hasil aktivitas pertanian. Sifat fisik yang dianalisis adalah ukuran sederhana (bentuk, panjang, luas permukaan, volume, massa, massa jenis), sifat listrik, sifat panas (mencakup konduktivitas, difusivitas, kemampuan pindah panas, dan sebagainya), karakteristik air (mencakup kadar air, higroskopisitas, kadar air kesetimbangan, dan sebagainya), sifat optik, tegangan mekanis, rheologi, sifat aerodinamika dan hidrodinamika, dan sebagainya. Karakteristik tak langsung seperti gesekan yang terjadi antara bahan pertanian dan bahan pertanian dengan media lain serta kerusakan mekanik dan fisik juga dianalisis. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Pertanian urbanPertanian subsistenPertanian berkelanjutan

Gambar pilihan

Halibut and salmon fillets.jpg

Berita terkini

  • "Tren anti pembuangan makanan berlanjut di Eropa. Kini Asda, waralaba supermarket Inggris mencanangkan program Wonky Bag, yaitu penjualan paket berisi hasil tani yang 'tidak diinginkan', yaitu yang ketika dipanen memiliki bentuk tidak baik dan biasanya berakhir di pembuangan sampah. Satu kantong Wonky Bag dijual dengan harga yang lebih murah sehingga menghemat pengeluaran konsumen yang membelinya. Supermarket besar di Inggris kemungkinan akan melakukan jejak serupa." (Huffington Post) (Mirror.co.uk)

  • "Parlemen Prancis secara resmi melarang supermarket membuang makanan. Kini mereka mengharuskan menyumbang makanan yang tidak diinginkan tersebut ke lembaga sosial atau bank pangan, dan peraturan ini berlaku bagi supermarket dengan luas lantai minimum 400 meter persegi. Sebelumnya mereka membuang makanan sambil menuangkan klorin pemutih agar makanan yang terbuang tersebut tidak dipungut orang lain. Peraturan ini akan mendoorong supermarket untuk membuat perjanjian dengan lembaga sosial setempat." (Huffington Post) (Independent.co.uk)

  • "Sebuah metode baru untuk memodifikasi bahan pangan mulai digunakan oleh para ilmuwan. Metode bioteknologi konvensional dilakukan memasukkan gen organisme lain, namun metode baru cukup dengan menyunting gen tertentu yang dibutuhkan. Meski berbeda metode, para peneliti mengkhawatirkan penolakan di tingkat konsumen. Namun para peneliti tidak keberatan jika organisme yang dihasilkan dari metode ini melalui serangkaian tahap registrasi dan verifikasi seperti halnya produk bioteknologi lainnya, sebelum dilepas secara komersial." (Yahoo News) (Business Insider)

  • "Di tengah perdebatan apakah pertanian organik dapat memberi makan dunia atau tidak, sebuah penelitian dari Washington State University menyatakan iya. Mereka mengkaji ratusan studi terkait dan menemukan bahwa pertanian organik dapat memberikan produksi yang mencukupi, dapat menguntungkan petani, melindungi dan meningkatkan kualitas lingkungan, dan aman bagi buruh tani." (EurekAlert) (Inquisitr)


Tahukah Anda ...

  • "... bahwa sekalipun turi bisa digunakan untuk mencuci pakaian karena saponin yang terkandung di dalamnya, ia bisa pula digunakan untuk obat karena tidak berbahaya?"
  • "... bahwa menurut kepala juru masak di PBB, presiden Islandia makan ikan setiap hari untuk makan siangnya sementara ratu Denmark menyukai masakan Jepang?"
  • "... bahwa di Australia topping pizza yang paling disukai adalah telur? Sementara di Chili favoritnya adalah kerang, dan di Amerika Serikat pepperoni?"
  • "... bahwa hasil arang dari tumbuhan tumbuhan patah tulang dapat digunakan sebagai bubuk mesiu?"
  • "... bahwa kecibeling diketahui lebih efektif membunuh sel kanker ketimbang obat-obatan kanker konvensional seperti tamoxifen ataupun paclitaxel?"
  • "... bahwa konsumsi jengkol berlebihan dapat mengakibatkan gangguan pengeluaran urin karena kandungan asam jengkol yang mengendap membentuk kristal jarum-jarum halus dan merusak jaringan dinding ginjal dan saluran urin?"

Artikel merah

Artikel-artikel berikut termasuk kategori artikel merah di dalam kategori Pertanian, kami membutuhkan bantuan Anda untuk membuatnya.

Umum



Budi daya tanaman



Perikanan



Peternakan



Kehutanan



Teknologi pertanian