Portal:Pertanian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Selamat datang di
Portal Pertanian


Gambaran klasik pertanian di Indonesia

Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya.

Artikel pilihan

Agropolitan adalah kota pertanian yang tumbuh dan berkembang karena berjalannya sistem dan usaha agribisnis serta mampu melayani, mendorong, menarik, menghela kegiatan pembangunan pertanian (sektor usaha pertanian dalam artian luas) di wilayah sekitarnya. Beberapa daerah menerapkan konsep agropolitan untuk kemajuan daerah. Hal ini didasarkan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia merupakan agraris/pertanian. Konsep Agropolitan merupakan upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengembangkan daerah melalui optimalisasi sumber daya tumbuhan dan hewan, yaitu pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan. Jika sebuah kawasan hanya memiliki potensi perikanan, maka dapat pula disebut sebagai minapolitan. (Selengkapnya...)

Gambar pilihan

Hazelnuts.jpg

Berita terkini


Tahukah Anda ...

  • "... bahwa beberapa spesies rotan dari marga Daemonorops menghasilkan resin disebut jernang yang berwarna merah dan dimanfaatkan sebagai bahan pewarna, dupa, dan obat tradisional?"
  • "... bahwa walaupun bacang (Mangifera foetida) mengandung getah yang melepuhkan kulit sewaktu masih muda, tapi tetap digemari sebagai makanan rujak setelah dicuci dalam air garam?"

Artikel merah

Artikel-artikel berikut termasuk kategori artikel merah di dalam kategori Pertanian, kami membutuhkan bantuan Anda untuk membuatnya.

Umum



Budi daya tanaman



Perikanan



Peternakan



Kehutanan



Teknologi pertanian