Portal:Pertanian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Selamat datang di
Portal Pertanian


Gambaran klasik pertanian di Indonesia

Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya.

Artikel pilihan

Biji kopi yang telah digaringkan

Biji kopi adalah biji dari tumbuhan kopi dan merupakan sumber dari minuman kopi. Warna bijinya adalah putih dan sebagian besar berupa endosperma. Setiap buah umumnya memiliki dua biji. Buah yang hanya mengandung satu biji disebut dengan peaberry dan dipercaya memiliki rasa yang lebih baik.

Dua varietas yang paling banyak dibudidayakan yaitu kopi arabika (75%) dan kopi robusta (20%). Kopi arabika mengandung sekitar 0.8-1.4 persen kafein, sedangkan kopi robusta 1.7-4% kafein. Kopi merupakan salah satu tanaman perkebunan dan komoditas ekspor utama dari setengah negara berkembang di dunia. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Pertanian subsistenMinyak sawitVanilla

Gambar pilihan

Plateau van zeevruchten.jpg

Berita terkini

Ikan medaka
Ikan medaka
  • "Ikan medaka Oryzias latipes yang menjadi subjek penelitian JAXA di ISS memperlihatkan bagaimana dampak gravitasi mikro pada ikan. Ikan-ikan tersebut mengalami dampak yang sama seperti manusia: penurunan kepadatan tulang. Dampaknya bahkan lebih cepat daripada yang dialami astronot. Ikan medaka dipilih oleh ilmuwan Jepang karena mudah berkembang biak serta memiliki tubuh yang transparan sehingga dapat dilihat tulang dan organ tubuhnya." (Phys.org) (Smithsonian Magazine) (Daily Galaxy)

  • Cengkerik goreng
    Cengkerik goreng
  • "Cengkerik akan menjadi sumber protein utama di masa depan. Sebuah lahan usaha tani di Texas mempromosikan cengkerik dari aspek budidayanya hingga hidangan yang bisa dibuat dari cengkerik. Dengan penggunaan sumber daya yang sama, cengkerik diketahui dapat menghasilkan massa protein lebih banyak dibandingkan hewan memamah biak seperti sapi dan kambing. Tantangan dalam mempromosikan adalah agar masyarakat memahami mengapa mengganti pola makan penting bagi lingkungan." (Chicago Tribune) (Health 24)

  • "Produsen Nutella, Ferrero membuat pernyataan balik terkait laporan European Food Safety Authority mengenai pemrosesan minyak kelapa sawit pada temperatur tinggi, seperti yang selama ini dilakukan oleh Ferrero. EFSA menyatakan bahwa kontaminan yang terdapat pada minyak kelapa sawit dapat menjadi karsinogenik setelah dipanaskan pada temperatur tinggi. Ferrero menyatakan proses yang digunakannya mampu menyingkirkan kontaminan sehingga minim risiko kanker. Selain itu, riset yang dipaparkan oleh EFSA baru dilakukan terhadap hewan dan belum sampai pada uji klinis pada manusia." (ABC News) (The Independent)


Tahukah Anda ...

  • "... bahwa di Bandung, Jawa Barat, usaha pembuatan dodol susu sudah ada semenjak tahun 1970?"
  • "... bahwa salah satu keutamaan kerupuk susu adalah dapat bertahan berbulan-bulan walau tanpa bahan pengawet?"
  • "... bahwa ikan layang (Decapterus) yang sering dipakai sebagai ikan konsumsi dan dimasak dalam bentuk segar, pindang, dan ikan asin terdiri atas 12 spesies yang menyebar di seluruh dunia?"
  • "... bahwa walaupun ikan layang biru (Decapterus macarrelus) (gambar) dijadikan ikan konsumsi, tapi kemungkinan ia membawa ciguatera, yakni penyakit akibat toksin (dari alga yang dimakan ikan) yang terkandung pada daging ikan?"
  • "... bahwa toko es krim Ragusa Es Italia didirikan oleh dua orang berkebangsaan Italia yang bernama Luigie Ragusa dan Vincenzo Ragusa pada tahun 1932 di Batavia (sekarang Jakarta)?"
  • "... bahwa penjual angsle tradisional dulu berkeliling kampung hanya pada malam hari, namun sekarang banyak penjualan angsle yang berjualan tidak hanya malam hari saja?"
  • "... bahwa seekor ulat sutra dapat memintal benang sutra hampir 2 kilometer panjangnya?"
  • "... bahwa tekanan dalam sebuah botol sampanye kira-kira 6,33 kg untuk setiap 1 cm²? Itu berarti tiga kali lebih besar daripada tekanan dalam sebuah ban mobil."
  • "... bahwa berdasarkan data dari Departemen Pertanian Republik Indonesia, neraca perdagangan pisang di Indonesia mencapai US$10.000 juta, atau kurang lebih 240.000 ton?"
  • "... bahwa kerabat liar tanaman pertanian sangat penting dalam ekosistem alam dan pertanian dan karenanya sangat diperlukan untuk mempertahankan kelestarian ekosistem?"
  • "... bahwa rotan lilin (Calamus javensis), yang pada zaman Hindia-Belanda dikomersialkan sebagai barang yang diperjualbelikan, mempunyai 12 macam varietas yang hampir sama bentuknya, dan dibeda-bedakan satu sama lain berdasarkan duri, pelepahnya, bentuk, ukuran perbungaan, dan buahnya?"

Artikel merah

Artikel-artikel berikut termasuk kategori artikel merah di dalam kategori Pertanian, kami membutuhkan bantuan Anda untuk membuatnya.

Umum



Budi daya tanaman



Perikanan



Peternakan



Kehutanan



Teknologi pertanian