Portal:Pertanian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Selamat datang di
Portal Pertanian


Gambaran klasik pertanian di Indonesia

Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya.

Berita terkini

Alga
Alga
  • "Waralaba makanan sehat Holland & Barret meluncurkan telur vegan. Telur ini dibuat dari alga, dikemas dalam wujud bubuk. Ketika dibuat dicampur air, akan memberikan tekstur dan rasa menyerupai telur dadar. Mereka mengklaim telur alga memiliki kandungan nutrisi yang tidak dimiliki telur biasa, seperti serat pangan dan beberapa vitamin. Salah satu kekurangannya adalah, harganya yang masih jauh lebih mahal dari telur ayam biasa." (Gizmodo) (Metro.co.uk)

  • "Riset terbaru dari Potsdam Institute for Climate Impact Research mensimulasikan dampat pertumbuhan tanaman gandum, jagung, dan kedelai menghadapi pemanasan global. Mereka mendapati bahwa jika tingkat emisi tidak berkurang, maka di tahun 2100 produksi jagung akan turun hingga 50%, kedelai 40%, dan gandum 20%. Irigasi dapat memitigasi bencana tersebut, jika air cukup tersedia mengingat pemanasan global berpotensi mengurangi suplai air tawar." (Independent) (PIK-Potsdam News Centre)

  • "Meski dua per tiga suara rakyat pedesaan mendukung Donald Trump, kebijakannya tidak demikian. Trump akan menghapus Trans-Pacific Partnership, yang akan menghilangkan potensi pemasukan miliaran USD. Pertanian di Amerika Serikat kini menghadapi ujian karena rendahnya permintaan di dalam negeri sehingga sangat bergantung pada ekspor. Di tahun 2015, pemerintahan Obama mendulang keuntungan 61.75 miliar USD dari kerja sama perdagangan dengan 11 negara TPP." (Reuters) (Wall Street Journal)

  • Kentang goreng
    Kentang goreng
  • "Sebuah kampanye yang dilancarkan ilmuwan Inggris, "Go For Gold", menyerukan masyarakat agar tidak menggoreng atau memanggang sumber karbohidrat sampai berwarna kecoklatan. Kampanye ini dilakukan mengingat penggorengan dan pemanggangan karbohidrat dalam waktu yang lama dapat menyebabkan munculnya akrilamida, zat karsinogen dan racun syaraf. Akrilamida tidak ditemukan pada karbohidrat mentah dan yang direbus. Namun kampanye ini dikritik karena sejauh ini belum ada rekomendasi batasan maksimum konsumsi akrilamida sebagai karsinogenik, meski riset mengenai efek akrilamida pada syaraf dan kesuburan manusia sudah ada." (Telegraph.co.uk) (Smithsonian Magazine)


  • Artikel merah

    Artikel-artikel berikut termasuk kategori artikel merah di dalam kategori Pertanian, kami membutuhkan bantuan Anda untuk membuatnya.

    Umum



    Budi daya tanaman



    Perikanan



    Peternakan



    Kehutanan



    Teknologi pertanian