Portal:Pertanian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Selamat datang di
Portal Pertanian


Gambaran klasik pertanian di Indonesia

Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya.

Artikel pilihan

Hijauan yang dibawa untuk diberikan sebagai pakan ternak

Hijauan adalah bagian tumbuhan (terutama daun dan batang) yang dijadikan pakan bagi hewan. Hijauan dapat ditanam di ladang dan hewan dibiarkan merumput (forage dalam bahasa Inggris), atau dipangkas kemudian diberikan sebagai sumber pakan hewan herbivora (fodder). Dalam bahasa Indonesia keduanya tidak dibedakan secara jelas.

Beberapa hijauan dikeringkan terlebih dahulu sebelum disajikan, namun bila warnanya berubah dan rendah kadar airnya tidak disebut sebagai hijauan, seperti jerami. Hijauan yang difermentasikan di dalam silo disebut sebagai silase (silage). (Selengkapnya...)

Gambar pilihan

Acyrthosiphon pisum (pea aphid)-PLoS.jpg

Berita terkini

  • "Nestle berkomitmen membudidayakan chicory di Afrika Selatan yang dapat membuka ratusan lapangan kerja. Chicory merupakan tumbuhan yang akarnya dapat diolah untuk menghasilkan minuman serupa kopi namun tanpa kafein. Industri chicory merupakan salah satu dari program pembangunan nasional Afrika Selatan yang menargetkan satu juta lapangan kerja di bidang pertanian dan industri pengolahannya." (Independent Online) (BD Live)

  • "Pemerintah India telah menyetujui usulan pembuatan sistem yang memungkinkan petani dapat membeli dan menjual produk hasil pertanian dari dan ke seluruh negara bagian secara online. Sistem ini diharapkan dapat memberikan alternatif bagi petani yang ingin menghindari pajak pasar setempat, yang diberlakukan secara berbeda pada berbagai komoditas. Dengan kemudahan pemasaran seperti ini, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani dan menurunkan harga di tingkat konsumen." (Hindu Business Line) (Economic Times)

  • "Perusahaan penerbangan United Airlines berinvestasi pada perusahaan penghasil bioenergi Fulcrum BioEnergy sambil memastikan suplai bahan bakar jet alternatif untuk perusahaan penerbangan tersebut. Bahan bakar tersebut terbuat dari sampah organik seperti kertas, tekstil, kayu, dan sebagainya yang selama ini masih dibuang ke TPA. Fulcrum bukanlah yang pertama bekerja sama dengan United Airlines dalam produksi bahan bakar jet alternatif. AltAir Fuels telah bekerja sama sejak tahun 2009, dan musim panas ini akan menjadi penerbangan perdana United Airlines menggunakan bahan bakar jet alternatif berbasis kotoran babi produksi AltAir." (DailyMail) (The Week Magazine)

  • Lainnya: Berita MeiBerita Juli


Tahukah Anda ...

{{{title}}}
Kuda pacu
{{{title}}}
Pisang
  • "... bahwa dalam proses pematangan pisang, pati yang terdapat di dalam buah itu berubah menjadi gula sehingga rasanya semakin manis?"
{{{title}}}
Kertas Hanji
  • "... bahwa panen pertama semangka yang tercatat dalam sejarah berlangsung sekitar 5.000 tahun lalu di Mesir? Gambar-gambar buah semangka ditemukan pada lukisan-lukisan di dinding gedung-gedung kuno. Dari sana buah ini menyebar ke negara-negara lain melalui kapal-kapal dagang."
  • "... bahwa bangsa Arab adalah yang pertama memproduksi es krim secara komersial pada abad ke-10?"
{{{title}}}
Pucuk
daun teh
{{{title}}}
Minuman anggur

Artikel merah

Artikel-artikel berikut termasuk kategori artikel merah di dalam kategori Pertanian, kami membutuhkan bantuan Anda untuk membuatnya.

Umum



Budi daya tanaman



Perikanan



Peternakan



Kehutanan



Teknologi pertanian