Portal:Pertanian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Selamat datang di
Portal Pertanian


Gambaran klasik pertanian di Indonesia

Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya.

Artikel pilihan

frames

Lahan tidur adalah lahan pertanian yang sudah tidak digunakan selama lebih dari dua tahun. Lahan tidur umumnya merupakan sebuah bagian dari sistem peladangan berpindah di mana petani membuka hutan, menanamnya selama beberapa musim tanam, dan meninggalkannya untuk membuka lahan baru. Lahan tidur seringkali berupa lahan yang kritis dan miskin nutrisi sehingga sulit untuk ditanami tanaman penghasil pangan maupun tanaman pertanian lain yang cepat menghasilkan.

Penyebab terbentuknya lahan tidur bisa dilihat secara fisik dan sosial. Ketika suatu lahan tidak lagi mampu mendukung pertumbuhan tanaman secara optimal, biasanya lahan ditinggalkan. Hal ini umum terjadi pada sistem ladang berpindah. Sistem ladang berpindah diketahui sebagai penyebab terjadinya degradasi lahan yang dapat menuju ke desertifikasi. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: PlastikulturaDaging sapi mudaKetahanan pangan

Gambar pilihan

Chingrit thot.jpg

Berita terkini

  • "Terjadi penurunan populasi lebah di wilayah Pacific Northwest, California, Midwest, Texas, dan dan Lembah Sungai Mississippi, di mana kawasan tersebut merupakan sentra produksi pertanian di Amerika Serikat. Peta persebaran populasi lebah telah dibuat oleh peneliti dari Universitas Vermont demi memberikan sinyal alarm mengenai keruntuhan populasi lebah. Setidaknya perekonomian AS senilai 3 miliar USD bergantung secara langsung kepada populasi lebah." [www.sciencetimes.com/articles/9109/20170221/bees-affects-us-crop-production-this-year.htm (Science Times)] (Science Daily)

  • Ikan singa
    Ikan singa
  • "Ikan singa (Pterois), hewan asli pasifik barat, kini menjadi hewan invasif di, Atlantik barat, Kepulauan Karibia, dan Teluk Meksiko. Di tempat tersebut mereka tidak memiliki predator sehingga dapat tumbuh dengan leluasa dan menghabisi sumber daya yang ada di laut tersebut, menjadikan ekosistem tidak seimbang. Ikan yang bernilai ekonomi di kawasan tersebut, seperti ikan kakap dan kerapu mulai mengalami penurunan." (Phys.org) (Miami Herald)

  • "Peneliti dari Stanford University School of Earth, Energy & Environmental Sciences menerapkan metode baru untuk memperkirakan hasil tani wilayah Kenya bagian barat berdasarkan citra satelit resolusi tinggi. Satelit pemantauan bumi kini dapat dirancang cukup ramping dan diluncurkan bersama dengan satelit lainnya, sehingga berbagai negara dapat memilikinya dengan harga murah. Data merupakan faktor krusial yang dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas pertanian." (UPI) (Stanford News Centre)


Tahukah Anda ...

  • "... bahwa sekalipun turi bisa digunakan untuk mencuci pakaian karena saponin yang terkandung di dalamnya, ia bisa pula digunakan untuk obat karena tidak berbahaya?"
  • "... bahwa menurut kepala juru masak di PBB, presiden Islandia makan ikan setiap hari untuk makan siangnya sementara ratu Denmark menyukai masakan Jepang?"
  • "... bahwa di Australia topping pizza yang paling disukai adalah telur? Sementara di Chili favoritnya adalah kerang, dan di Amerika Serikat pepperoni?"
  • "... bahwa hasil arang dari tumbuhan tumbuhan patah tulang dapat digunakan sebagai bubuk mesiu?"
  • "... bahwa kecibeling diketahui lebih efektif membunuh sel kanker ketimbang obat-obatan kanker konvensional seperti tamoxifen ataupun paclitaxel?"
  • "... bahwa konsumsi jengkol berlebihan dapat mengakibatkan gangguan pengeluaran urin karena kandungan asam jengkol yang mengendap membentuk kristal jarum-jarum halus dan merusak jaringan dinding ginjal dan saluran urin?"

Artikel merah

Artikel-artikel berikut termasuk kategori artikel merah di dalam kategori Pertanian, kami membutuhkan bantuan Anda untuk membuatnya.

Umum



Budi daya tanaman



Perikanan



Peternakan



Kehutanan



Teknologi pertanian