Portal:Pertanian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Selamat datang di
Portal Pertanian


Gambaran klasik pertanian di Indonesia

Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya.

Artikel pilihan

Irisan melintang buah kelapa sawit. Inti  adalah bagian yang berwarna putih

Minyak inti kelapa sawit merupakan minyak nabati yang dapat dimakan berasal dari kelapa sawit. Komposisi asam lemak minyak inti kelapa sawit mirip dengan minyak kelapa, keduanya dikenal sebagai minyak laurat. Berbeda dengan minyak sawit yang berwarna merah jingga, minyak inti kelapa sawit berwarna kuning berasal dari hasil olahan lanjut kernel atau inti kelapa sawit. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: AgropolitanPenghargaan Pangan DuniaResidu pestisida

Gambar pilihan

Golden Rice.jpg

Berita terkini

  • "Sebuah perusahaan rintisan di Boston mengklaim dapat meningkatkan produktivitas kapas dengan menempatkan campuran mikroba dan fungi di dalam jaringan tumbuhan. Perusahaan ini telah mendemonstrasikan produknya pada lahan seluas 50 ribu acre. Inovasi ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia di lahan pertanian. Penerapan ini juga merupakan solusi alternatif dari rekayasa genetika yang mulai menjadi kontroversi di antara konsumen." (Technology Review) (Boston Globe)

  • "Perubahan iklim masih membawa dampak yang bervariasi. Dataran Sahel di Afrika mendapatkan manfaat dari perubahan iklim karena curah hujan di kawasan tersebut mengalami peningkatan, yang mampu mencegah perluasan gurun Sahara. Sumber air hujan yang membasahi Sahel berasal dari laut Mediterania. Curah hujan tertinggi berada di antara bulan Juni dan September, di saat belahan bumi utara sedang mengalami musim panas. Kondisi ini semakin mendukung penggembalaan hewan di kawasan tersebut." (Nature) (Phys.org)

  • Daging salmon
    Daging salmon
  • "Harvard Medical School menemukan bahwa konsumsi daging ikan berminyak dapat mengurangi risiko kanker usus hingga 70 persen. Kesimpulan ini didapatkan demgan menganalisa lebih dari 170 ribu catatan kesehatan, dengan lebih dari 1600 orang mendapatkan kanker usus, dan 500 orang dari penderita kanker tersebut meninggal selama penelitian berlangsung. Ikan berminyak yang populer di antara sukarelawan adalah ikan salmon, yang dagingnya menandung asam lemak omega-3 dalam jumlah besar." (Tree Hugger) (New York Magazine)

  • "Makanan di rumah sakit seringkali mendapatkan kesan tidak baik. Manajer Ottawa General Hospital membuktikannya dengan mengkonsumsi makanan rumah sakit selama seminggu, setelah mendapatkan keluhan dari salah seorang pasien yang telah sembuh. Sebelumnya, makanan yang kurang sehat dan cenderung junk food tersebut dipertahankan pakar diet demi menyenangkan pasien yang sedang sakit, dan menghindari makanan sehat seperti sayur-mayur. Namun dengan semakin majunya wawasan masyarakat Kanada, pasien pun semakin memilih makanan sehat sekalipun mereka sedang sakit." (Tree Hugger) (New York Magazine)

  • "Direktur FAO mengeluarkan laporan bahwa sebanyak 40 persen deforestasi di negara tropis dilakukan karena perluasan areal lahan pertanian komersial, 33 persen karena pertanian subsisten, dan sisanya adalah perluasan kawasan pemukiman. FAO menyerukan negara-negara di dunia untuk menyelaraskan produksi pangan dan konservasi hutan. Mereka mencontohkan Vietnam yang dapat meningkatkan produksi pangan sekaligus mempertahaunkan luas tutupan hutan." (BBC) (UN News Centre)


Tahukah Anda ...

{{{title}}}
Kuda pacu
{{{title}}}
Pisang
  • "... bahwa dalam proses pematangan pisang, pati yang terdapat di dalam buah itu berubah menjadi gula sehingga rasanya semakin manis?"
{{{title}}}
Kertas Hanji
  • "... bahwa panen pertama semangka yang tercatat dalam sejarah berlangsung sekitar 5.000 tahun lalu di Mesir? Gambar-gambar buah semangka ditemukan pada lukisan-lukisan di dinding gedung-gedung kuno. Dari sana buah ini menyebar ke negara-negara lain melalui kapal-kapal dagang."
  • "... bahwa bangsa Arab adalah yang pertama memproduksi es krim secara komersial pada abad ke-10?"
{{{title}}}
Pucuk
daun teh
{{{title}}}
Minuman anggur

Artikel merah

Artikel-artikel berikut termasuk kategori artikel merah di dalam kategori Pertanian, kami membutuhkan bantuan Anda untuk membuatnya.

Umum



Budi daya tanaman



Perikanan



Peternakan



Kehutanan



Teknologi pertanian