Portal:Pertanian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Selamat datang di
Portal Pertanian


Gambaran klasik pertanian di Indonesia

Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya.

Artikel pilihan

Pemanfaatan biopori oleh para relawan

Lubang resapan biopori adalah metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Metode ini dicetuskan oleh Dr. Kamir R Brata, salah satu peneliti dari Institut Pertanian Bogor.

Peningkatan daya resap air pada tanah dilakukan dengan membuat lubang pada tanah dan menimbunnya dengan sampah organik untuk menghasilkan kompos. Sampah organik yang ditimbunkan pada lubang ini kemudian dapat menghidupi fauna tanah, yang seterusnya mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah. Teknologi sederhana ini kemudian disebut dengan nama biopori.

Selain IPB yang menjadi inventor biopori, berbagai kampus lain kini telah memulai membuat biopori untuk penghijauan. (Selengkapnya...)

Gambar pilihan

Acyrthosiphon pisum (pea aphid)-PLoS.jpg

Berita terkini

  • "Penelitian yang dilakukan oleh University of Louisville menemukan bahwa konsumsi bahan pangan dengan kadar asam amino methionine tinggi secara terus menerus meningkatkan risiko hilangnya memori di dalam otak. Asam amino ini banyak terdapat pada telur, ikan, dan daging. Mekanisme yang menyebabkan hal tersebut adalah metilasi dari netrin, protein yang berperan dalam mempertahankan plastisitas sinaptik serta berperan dalam neurogenesis." (Financial Express) (Business Standard)

  • "Sebuah perusahaan berbasis di Amerika Serikat, WaterFX mengklaim memiliki teknologi yang dapat mengubah air limbah menjadi air bersih untuk digunakan kembali di dalam usaha pertanian secara efisien. Distilasi selama ini dianggap tidak ramah lingkungan karena membutuhkan banyak energi, namun mereka menggunakan cahaya matahari untuk mendidihkan air dan memisahkannya dari zat pengotor. Uap air kemudian diembunkan sambil diambil kembali panasnya, dan siklus pun berlanjut. California, meski dekat dengan pantai, tidak menginginkan untuk memurnikan air laut demi menjaga kelestarian laut sehingga memilih untuk memurnikan air limbah." (Yahoo News) (Nasdaq)

  • Beras emas,beras hasilrekayasa genetik
    Beras emas,
    beras hasil
    rekayasa genetik
  • "DPR Amerika Serikat telah meloloskan UU yang akan mencegah pemerintah negara bagian mengeluarkan kebijakan wajib label untuk produk yang mengandung GMO. Pelabelan kini bersifat sukarela. Musyawarah terbilang cukup alot di dalam DPR. Pendukung UU ini menyatakan bahwa bahan pangan GMO sama amannya dengan bahan pangan non-GMO. Penentang UU ini menyatakan bahwa setiap warga Amerika Serikat memiliki hak untuk tahu, sebuah hak asasi yang dilindungi UUD. Termasuk hak untuk mengetahui apa yang mereka makan." (Agri-pulse) (Agriculture.com)

  • "Tim peneliti internasional dari China, Swedia, dan Amerika Serikat melalui Jurnal Nature mengumumkan bahwa mereka elah membuat padi GMO yang memproduksi lebih banyak pati namun mengeluarkan lebih sedikit gas metana, saah satu gas rumah kaca terkuat. Mereka menggunakan gen dari barley yang berfungsi mengurangi eksudat dari akar sehingga mikroba penghasil metana di dalam tanah tidak mendapatkan nutrisi dari padi. Sawah merupakan penghasil gas metana terbesar di dunia, menyumbang sampai 17 persen atau setara 100 juta ton per tahun." (Nature) (Bioscience Technology)

  • Lainnya: Berita MeiBerita Juli


Tahukah Anda ...

{{{title}}}
Kuda pacu
{{{title}}}
Pisang
  • "... bahwa dalam proses pematangan pisang, pati yang terdapat di dalam buah itu berubah menjadi gula sehingga rasanya semakin manis?"
{{{title}}}
Kertas Hanji
  • "... bahwa panen pertama semangka yang tercatat dalam sejarah berlangsung sekitar 5.000 tahun lalu di Mesir? Gambar-gambar buah semangka ditemukan pada lukisan-lukisan di dinding gedung-gedung kuno. Dari sana buah ini menyebar ke negara-negara lain melalui kapal-kapal dagang."
  • "... bahwa bangsa Arab adalah yang pertama memproduksi es krim secara komersial pada abad ke-10?"
{{{title}}}
Pucuk
daun teh
{{{title}}}
Minuman anggur

Artikel merah

Artikel-artikel berikut termasuk kategori artikel merah di dalam kategori Pertanian, kami membutuhkan bantuan Anda untuk membuatnya.

Umum



Budi daya tanaman



Perikanan



Peternakan



Kehutanan



Teknologi pertanian