Portal:Pertanian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Selamat datang di
Portal Pertanian


Gambaran klasik pertanian di Indonesia

Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya.

Artikel pilihan

Makan siang sekolah di Finlandia pada umumnya, disajikan gratis bagi seluruh siswa

Makanan sekolah adalah makanan, umumnya makan siang, yang disediakan oleh pemerintah bagi siswa di sekolah. Tren, kandungan nutrisi, dan keekonomian telah membentuk program makanan sekolah di berbagai tempat pada waktu tertentu. Pemasaran dan dorongan untuk membuat makanan yang lebih sehat merupakan dua faktor utama yang mempengaruhi kebijakan makanan sekolah di berbagai negara. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Ketahanan panganHari KopiSubsidi pertanian

Gambar pilihan

Honeybee landing on milkthistle02.jpg

Berita terkini

  • "Negara bagian Maharashtra di India telah menetapkan peraturan daerah yang melarang penyembelihan dan penjualan daging sapi. Peraturan ini didorong oleh partai berbasis Hindu yang menguasai negara bagian tersebut. Umat Non-Hindu memprotes kebijakan tersebut yang menjadikan mereka tidak dapat mengakses daging sapi, dan menyebut kebijakan tersebut sebagai diskriminatif. Meski kerbau bukan hewan yang suci bagi umat hindu, namun penjualannya diperkirakan akan terdampak karena sulitnya membedakan daging kedua hewan tersebut." (Financial Times) (BBC)

  • Keramba ikan laut
    Keramba ikan laut
  • "Usaha budi daya ikan salmon di Nova Scotia, Kanada, terganggu oleh temperatur dingin ekstrim air laut yang menyebabkan kematian ikan massal. Dinginnya air disebutkan hingga menyebabkan darah ikan membeku. Temperatur dingin ini selain disebabkan oleh temperatur udara, juga disebabkan oleh pergerakan arus air laut." (MetroNews Canada) (CBC)

  • Asclepias
    Asclepias
  • "Kupu-kupu raja (Danaus plexippus) telah ditetapkan sebagai hewan langka. Keruntuhan populasinya dikaitkan dengan tingginya penggunaan herbisida produksi Monsanto yang menghabisi populasi bunga dari genus Asclepias, makanan utama kupu-kupu raja. Bunga ini terkena dampak penggunaan herbisida tersebut." (China Post) (Todays News Herald)


Tahukah Anda ...

{{{title}}}
Telur burung unta bersama
dengan telur kasuari,
ayam, flamingo, merpati,
dan burung hitam
  • "... bahwa berat sebuah telur burung unta beratnya sama dengan 24 telur ayam?"
  • "... bahwa pohon baobab adalah pohon yang paling tahan kekeringan? Pohon ini menyimpan 1.358.600 liter air dalam batangnya untuk dipergunakan kelak."
  • "... bahwa apabila teripang muda diberi makan alga merah, maka kulit mereka pun akan berubah menjadi merah?"
  • "... bahwa sepatu kuda untuk kuda Clydesdale yang dewasa ukurannya lebih dari 55,9 cm dari ujung ke ujung dan beratnya sekitar 2,27 kg? Ini berarti lebih dari dua kali panjang dan empat kali berat sepatu kuda biasa."

Artikel merah

Artikel-artikel berikut termasuk kategori artikel merah di dalam kategori Pertanian, kami membutuhkan bantuan Anda untuk membuatnya.

Umum



Budi daya tanaman



Perikanan



Peternakan



Kehutanan



Teknologi pertanian