Portal:Pertanian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Selamat datang di
Portal Pertanian


Gambaran klasik pertanian di Indonesia

Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya.

Artikel pilihan

Labirin jagung di Jerman

Labirin jagung adalah labirin yang dibentuk dari ladang jagung. Labirin jagung populer di kalangan turis di Amerika Serikat dan menjadi cara bagi sebuah lahan usaha tani untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Labirin dibentuk dari berbagai desain seperti gambar tokoh animasi. Labirin ini umumnya dilengkapi dengan hiburan lain yang dapat menjadi daya tarik bagi keluarga yang berwisata, seperti area piknik, interaksi dengan hewan ternak, dan sebagainya.

Labirin jagung terbesar di dunia terletak di Dixon, California, seluas 180 ribu m2 pada tahun 2010. Guinness Book of World Records memberikan penghargaan ini pada tahun 2007 ketika labirin jagung itu masih seluas 160 ribu m2. Namun labirin jagung Adventure Acres di Bellbrook, Ohio, memiliki luas 250 ribu m2 dengan panjang jalur labirin mencapai 13.7 km. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Sapi susuPadiMakanan sekolah

Gambar pilihan

Honeybee landing on milkthistle02.jpg

Berita terkini

  • "Ilmuwan dari University of Illinois telah memasukkan klorofil dari Cyanobacteria ke dalam tanaman pangan dan meningkatkan laju fotosintesis tanaman menjadi 30 persen. Hal ini membuka jalan bagi kemungkinan meningkatkan laju fotosintesis tanaman pangan untuk hasil pertanian yang lebih baik. Sel klorofil dari makhluk lain dapat menyerap spektrum cahaya selain yang diserap tumbuhan hijau dan dapat mengubah laju proses biokimia di dalam fotosintesis." (Cell) (Gizmodo Australia) (Science Codex)

  • "Satu tim ilmuwan yang tergabung dalam American Chemical Society telah menemukan cara efektif untuk menyingkirkan sekaligus memanfaatkan alga yang memenuhi saluran air. Mereka menggunakan lapisan alga sebagai penyerap nutrien yang mengalir di perairan, pada mesin yang disebut dengan nutrient scrubbers dan lalu menggunakan alga yang telah tumbuh karena menyerap nutrien tersebut menjadi biodiesel dan pupuk. Alga tumbuh dengan cepat karena limpasan permukaan dari pemukiman dan lahan pertanian mengandung nutrien yang dapat mempercepat pertumbuhan mereka. Keberadaan alga pun menghambat aliran saluran air, dan beberapa jenis alga bersifat toksik bagi kehidupan akuatik." (Phys.org) (Water World)

  • Glifosat
    Glifosat
  • "Glifosat, bahan baku herbisida buatan Monsanto telah melalui riset oleh International Agency for Research on Cancer WHO dan kini ditandai sebagai "bahan yang mungkin dapat menyebabkan kanker". Monsanto menolak hasil penelitian tersebut dan menganggap bahwa glifosat aman jika digunakan sesuai dengan yang tertera pada label. namun hasil penelitian lembaga PBB tersebut menarik perhatian masyarakat dan semakin menurunkan pamor herbisida glifosat yang telah digunakan sejak pertengahan tahun 1990an tersebut." (New York Times) (Fox News)


Tahukah Anda ...

{{{title}}}
Telur burung unta bersama
dengan telur kasuari,
ayam, flamingo, merpati,
dan burung hitam
  • "... bahwa berat sebuah telur burung unta beratnya sama dengan 24 telur ayam?"
  • "... bahwa pohon baobab adalah pohon yang paling tahan kekeringan? Pohon ini menyimpan 1.358.600 liter air dalam batangnya untuk dipergunakan kelak."
  • "... bahwa apabila teripang muda diberi makan alga merah, maka kulit mereka pun akan berubah menjadi merah?"
  • "... bahwa sepatu kuda untuk kuda Clydesdale yang dewasa ukurannya lebih dari 55,9 cm dari ujung ke ujung dan beratnya sekitar 2,27 kg? Ini berarti lebih dari dua kali panjang dan empat kali berat sepatu kuda biasa."

Artikel merah

Artikel-artikel berikut termasuk kategori artikel merah di dalam kategori Pertanian, kami membutuhkan bantuan Anda untuk membuatnya.

Umum



Budi daya tanaman



Perikanan



Peternakan



Kehutanan



Teknologi pertanian