Portal:Pertanian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Selamat datang di
Portal Pertanian


Gambaran klasik pertanian di Indonesia

Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya.

Berita terkini

  • "Apa yang kita makan memberikan dampak di tempat lain. Sebuah studi yang dilakukan University College London dan NASA Goddard Institute for Space Studies menemukan bahwa setidaknya sebelas persen dari air tanah tak terbarukan dikonsumsi oleh tanaman komoditas yang diperdagangkan antar negara. 29 persen dari jumlah tersebut merupakan air tanah di wilayah Pakistan, 27 persen Amerika Serikat, dan 12 persen India. Mereka menggunakan model hidrologi global dibantu pemantauan satelit untuk melacak keberadaan air tanah dan komoditas yang memanfaatkannya. Dan jumlah komoditas perdagangan antar negara yang memanfaatkan air tanah tak terbarukan jumlahnya terus meningkat setiap tahunnya." (Phys.org) (UPI)

  • "Infeksi jamur Aspergillus pada jagung telah menyebabkan kerugian besar di seluruh dunia, karena selain menyebabkan kerusakan hasil, jamur ini mengeluarkan toksin karsinogen aflatoksin. Sebuah jagung transgenik terbaru dikembangkan oleh University of Arizona mampu menon-aktifkan gen dari Aspergillus penghasil toksin tersebut sehingga infeksi Aspergillus tidak memunculkan risiko kanker bagi manusia yang memakannya." (New Scientist) (Reuters)


  • Artikel merah

    Artikel-artikel berikut termasuk kategori artikel merah di dalam kategori Pertanian, kami membutuhkan bantuan Anda untuk membuatnya.

    Umum



    Budi daya tanaman



    Perikanan



    Peternakan



    Kehutanan



    Teknologi pertanian