Portal:Pertanian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Selamat datang di
Portal Pertanian


Gambaran klasik pertanian di Indonesia

Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya.

Artikel pilihan

Anggota sebuah koperasi di Toronto yang saling berbagi bahan pangan organik dalam suasana kekeluargaan. Bahan pangan organik dapat ditanam sendiri di perkotaan

Bahan pangan organik adalah bahan pangan yang diproduksi dengan menggunakan metode pertanian organik, yang membatasi input sintetik modern seperti pestisida sintetik dan pupuk kimia. Penggunaan pestisida organik seperti toksin Bacillus thuringiensis masih digunakan. Bahan pangan organik juga tidak diproses menggunakan iradiasi, pelarut industri, atau bahan tambahan makanan kimiawi. Gerakan pertanian organik muncul pada tahun 1940an menanggapi industrialisasi pertanian yang kini disebut dengan Revolusi Hijau. Kini berbagai negara di dunia menerapkan kebijakan pangan seperti pelabelan sertifikasi organik agar suatu bahan pangan dapat dijual ke konsumen sebagai "bahan pangan organik". Dengan regulasi ini, bahan pangan organik harus diproduksi dengan cara yang sesuai dengan standar organik yang diterapkan oleh pemerintah suatu negara dan organisasi internasional. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Daging sapi mudaBioporiHijauan

Gambar pilihan

Oliven V1.jpg

Berita terkini

  • "Sebuah riset dari Potsdam Institute for Climate Impact Research memperlihatkan bahwa, di masa depan perubahan iklim dapat memberikan kerugian hingga 0.8% GDP dunia atau sbeesar 2500 triliun USD. Untuk itu, diperlukan liberalisasi perdagangan guna mitigasi dampak sehingga dampaknya dapat berkurang hingga 0.3% GDP. Perubahan iklim dapat menyebabkan meningkatnya jurang antara negara maju dan negara berkembang, sehingga hambatan perdagangan yang diikuti dengan kebijakan pengurangan angka kemiskinan dan peningkatan jaminan sosial dapat membantu mitigasi dampak tersebut." (Eurasia Review) (Science Daily)

  • Butiran plastik
    Butiran plastik
  • "Microbead membahayakan ekosistem perairan. Ikan seringkali menganggap microbead sebagai makanan. Sedangkan plastik yang termakan tersebut akan terakumulasi hingga predator tingkat teratas. Dan ikan yang mengkonsumsi microbead tersebut dapat tersaji di meja makan masyarakat. Sebuah riset menunjukkan bahwa seperdelapan dari microbead yang terbuang ke laut akan masuk ke dalam jaringan hewan. Berbagai perusahaan besar sudah bertekad mengeliminasi produk ber-microbead, dan retailer besar menyatakan menolak menjual produk ber-microbead." (Science Alert) (Sydney Morning Herald)

  • "USDA membeli 11 juta pound keju dari peternak menyusul tingginya surplus produksi petani akibat rendahnya harga susu. Rendahnya permintaan diakibatkan oleh ekspor ke Rusia yang terhenti. Susu yang tidak terjual dijadikan keju supaya lebih awet dan bisa dijual di kemudian hari. USDA berencana akan mendistribusikan keju tersebut ke bank makanan dan Program Bantuan Makanan untuk menjadikan asupan nutrisi warga miskin Amerika Serikat lebih baik." (RT) (USDA.gov)

  • "Brexit mengancam kesejahteraan pedesaan di Inggris Raya. Sebuah kampanye, Campaign to Protect Rural England menginginkan program subsidi bagi usaha pertanian kecil di pedesaan. Selama ini, sebagian besar dari tiga miliar poundsterling subsidi jatuh kepada petani besar dan petani kecil tidak mendapatkan bantuan yang cukup adil. Dan bantuan tersebut berasal dari Common Agricultural Policy Uni Eropa, yang akan hilang setelah Inggris Raya resmi keluar dari Eropa." (Telegraph.co.uk) (BBC)


Tahukah Anda ...

  • "... bahwa beberapa spesies rotan dari marga Daemonorops menghasilkan resin disebut jernang yang berwarna merah dan dimanfaatkan sebagai bahan pewarna, dupa, dan obat tradisional?"
  • "... bahwa walaupun bacang (Mangifera foetida) mengandung getah yang melepuhkan kulit sewaktu masih muda, tapi tetap digemari sebagai makanan rujak setelah dicuci dalam air garam?"
  • "... bahwa prosedur memasak dengan menyalakan api pada masakan yang mengandung alkohol disebut flambé?"

Artikel merah

Artikel-artikel berikut termasuk kategori artikel merah di dalam kategori Pertanian, kami membutuhkan bantuan Anda untuk membuatnya.

Umum



Budi daya tanaman



Perikanan



Peternakan



Kehutanan



Teknologi pertanian