Krill

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Euphausiacea
Meganyctiphanes norvegica2.jpg
Krill utara (Meganyctiphanes norvegica)
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Arthropoda
Upafilum: Crustacea
Kelas: Malacostraca
Superordo: Eucarida
Ordo: Euphausiacea
Dana, 1852
Familia dan genera
Euphausiidae
Bentheuphausiidae

Krill adalah crustacea seperti udang yang dapat ditemui di semua samudera dunia. Dikenal sebagai udang geragau oleh penduduk Jawa. Mereka dimakan oleh banyak binatang, termasuk burung, paus, cumi-cumi dan hiu paus. Mereka biasanya ditemukan pada grup besar, dengan lebih dari 10.000 krill per meter kubik.

Krill adalah hewan kecil yang menyerupai udang. Ukurannya 8 mm sampai 60 mm, kril sendiri terdapat di seluruh lautan yang ada di bumi ini. Hewan ini termasuk filum Arthropoda, kelas Crustacea, ordo Euphausiacea dan jenis hewan krill ini terdapat lebih dari 90 spesies diseluruh dunia.

Tubuh krill penuh dengan bintik-bintik coklat kemerahan dan hampir transparan, bila ribuan kril terperangkap kedalam jala maka akan terlihat berwarna kemerahan.

Krill hidup dilautan terbuka dalam jumlah yang besar. Samudra Arktik dan Antartika dapat mengandung 20 kg krill dalam setiap M3. Krill memakan tumbuhan dan hewan mikroskopik, termasuk kerang muda. Sebaliknya krill merupakan makanan dari hewan laut lain, seperti ikan dan juga burung laut. Ikan Paus besar menyaring krill dari air untuk makanannya.

Krill baik dimakan karena banyak mengandung protein dan juga vitamin A. Beberapa tahun belakangan ini kril ditangkap dalam jumlah yang sangat besar dan para ahli biologi khawatir bahwa krill yang terlalu banyak ditangkap. Ini dapat mengakibatkan dampak yang serius pada hewan laut lain, termasuk paus yang populasinya sangat sedikit.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]