Limbat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Limbat
Limbat, Clarias nieuhofii
dari Mentaya Hulu, Kotawaringin Timur
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
C. nieuhofii
Nama binomial
Clarias nieuhofii
Valenciennes in Cuvier and Valenciennes, 1840[1]

Limbat (Clarias nieuhofii) adalah sejenis ikan lele yang bertubuh panjang dan (umumnya) kekuning-kuningan. Ikan ini menyebar luas di Asia Tenggara termasuk di Semenanjung Malaya, Jawa, Sumatra, Kalimantan hingga Filipina. Di Kampar, Riau disebut limbek, Jambi disebut lembat, di Jakarta dikenal sebagai lindi, di barat Kalimantan disebut kelik.

Pengenalan[sunting | sunting sumber]

Ikan lele yang bertubuh gilig memanjang, panjang tubuh 8-9 1/3 kali tingginya. Panjang total termasuk ekor hingga 490 mm.[2] Sepintas, bukan tidak mirip dengan sidat.

Panjang total (TL) 430mm.

Sirip-sirip punggung (dorsal) dan dubur (anal ) memanjang dan bersatu dengan sirip ekor, setidaknya pada pangkalnya. Sirip dorsal dengan 87-106 jari-jari lunak, sirip dubur 63-93 jari-jari lunak.[3] Duri pada sirip dada (biasa disebut patil) agak lemah, panjangnya sekitar 2/3 sirip dada.[2]

Warna tubuh abu-abu atau kekuningan; gelap di sisi atas dan keputihan di sebelah bawah kepala dan tubuh. Terdapat 13-20 deret vertikal bintik-bintik keputihan di bagian punggung[2] di sebelah atas gurat sisi, dan dua deret horizontal memanjang bintik-bintik serupa di bawah garis tersebut. Deretan bintik-bintik yang terakhir itu kadang-kadang berupa serial deretan miring atau tanpa pola yang jelas. Di alam liar ikan ini banyak ditemukan menghuni rawa-rawa dengan kuantitas tumbuhan air yang relatif tinggi dan juga sumur-sumur tua di daerah persawahan maupun hutan yang sudah tidak digunakan.

Jenis yang serupa[sunting | sunting sumber]

Tubuh bagian depan

Ada beberapa spesies lele yang lain yang mirip dengan limbat, baik dalam pola pewarnaan maupun dalam bentuk tubuh. Banyak jenis yang memiliki pola deretan bintik-bintik vertikal di sisi punggungnya, tetapi memiliki sirip punggung dan dubur yang terpisah (tidak menyatu) dengan sirip ekor. Sebagian di antaranya menyebar terbatas (endemik):

Jenis limbat hitam (Clarias nigricans Ng, 2003) memiliki sirip punggung dan dubur yang menyatu dengan sirip ekor, tetapi kepalanya relatif lebih sempit (11,7-12,3% SL[6]) dan moncongnya juga menyempit. Bintik-bintik di sisi tubuh relatif lebih kecil. Jenis ini menyebar terbatas di Kalimantan Timur, di sekitar aliran Sungai Mahakam.[7] Limbat sentarum (Clarias pseudonieuhofii) bahkan sukar dibedakan dari limbat biasa tanpa melakukan pengukuran morfometrik yang teliti atau melakukan analisis genetika. Namun sejauh ini limbat sentarum hanya didapati di hulu aliran Sungai Kapuas, khususnya di sekitar Danau Sentarum[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cuvier, G. & A. Valenciennes. 1840. Histoire Naturelles des Poissons. t. XV: 386. Paris.
  2. ^ a b c Weber, M. and L.F. de Beaufort. 1916. The Fishes of The Indo-Australian Archipelago II:189-190. E.J. Brill. Leiden. (sebagai Clarias nieuhofi)
  3. ^ Kottelat, M., A.J. Whitten, S.N. Kartikasari, S. Wirjoatmodjo. 1993. Ikan Air Tawar Indonesia Bagian Barat dan Sulawesi. Periplus Edition (HK) Ltd. dan Proyek EMDI KMNKLH Jakarta. hal 108.
  4. ^ Lim, Kelvin K. P. (1999). "Clarias batu, a New Species of Catfish (Teleostei: Clariidae) from Pulau Tioman, Peninsular Malaysia" (PDF). The Raffles Bulletin of Zoology (6): 157–167. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2011-06-06. Diakses tanggal 2010-01-04. 
  5. ^ a b Ng, Heok Hee (1999). "Two new species of catfishes of the genus Clarias, from Borneo (Teleostei: Clariidae)" (PDF). The Raffles Bulletin of Zoology. 47 (1): 17–32. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2008-04-21. Diakses tanggal 2010-01-04. 
  6. ^ standard length (SL), panjang tubuh standar, yakni dari ujung moncong hingga akhir batang ekor; helai sirip ekor tidak dihitung
  7. ^ Ng, Heok Hee (2003). "Clarias nigricans, a New Species of Clariid Catfish (Teleostei: Siluriformes) from Eastern Borneo" (PDF). The Raffles Bulletin of Zoology. 51 (2): 393–398. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2009-02-19. Diakses tanggal 2010-01-04. 
  8. ^ Sudarto (2004). "Description of a New Clariid Catfish, Clarias pseudonieuhofii from West Borneo (Siluriformes: Clariidae)" (PDF). Zoological Studies. 43 (1): 8–19. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]