Kakap putih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kakap putih
Barramundi.jpg
Kakap putih (depan)
Status konservasi
Tidak dievaluasi (IUCN 3.1)
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Latidae
Genus: Lates
Spesies: L. calcarifer
Nama binomial
Lates calcarifer
(Bloch, 1790)
Sinonim
  • Holocentrus calcarifer Bloch, 1790
  • Coius vacti F. Hamilton, 1822
  • Pseudolates cavifrons Alleyne & W. J. Macleay, 1877
  • Lates darwiniensis W. J. Macleay, 1878

Kakap putih adalah suatu jenis Ikan berpindah dalam keluarga Latidae dari ordo Perciformes. Jenis ikan ini tersebar luas di wilayah Hindia-Pasifik Barat mulai dari Asia Tenggara sampai Papua Nugini dan Australia Utara. Ikan ini dikenal dengan nama Pla kapong di Thailand dan Barramundi di Australia.[1] Oleh komunitas ilmiah internasional ikan ini disebut sebagai Asian sea bass (kakap laut Asia) atau Australian sea bass (kakap laut Australia). Ikan ini merupakan salah-satu komoditas budidaya laut unggulan di Indonesia.[2][3][4]

Seni batu pribumi Australia menggambarkan kakap putih

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Ikan ini memiliki bentuk tubuh memanjang dengan mulut yang besar namun sedikit mencong dan rahang atas yang memanjang sampai ke kebelakang mata. Tepi bawah dari tulang pipinya (preoperculum) memiliki gerigi dengan duri tajam di bagian sudut. Tutup insang (operculum) memiliki duri kecil dan penutup bergerigi di atas pangkal gurat sisi. Ikan ini memiliki sisik tipe sisir (ctenoid) yang berukuran besar dan berwarna perak gelap atau terang tergantung pada lingkungan tempat hidupnya. Jika dilihat secara melintang, ikan ini nampak gepeng dan raut kepalanya terlihat jelas cekung. Sirip tunggal di punggung dan perutnya berduri sementara sirip pasang di dada dan panggulnya tidak. Sirip ekornya pendek dan bulat. Berat maksimal ikan ini sekitar 60 kg (130 lb), sementara panjang tubuh rata-ratanya sekitar 06–12 m (20–39 ft).Tubuh mereka bisa mencapai panjang 18 m (59 ft) meski jumlah ikan yang ditangkap di ukuran tersebut bisa dibilang jarang. Ukuran genomnya sekitar 700 Mb, yang diurut dan diumumkan dalam Animal Genetics (2015) oleh James Cook University.

Kakap putih merupakan ikan demersal (menghuni dasar sungai/laut) dimana ikan ini bisa ditemukan di perairan pesisir, muara sungai, laguna dan sungai, baik di perairan bersih maupun keruh, biasanya dalam rentang suhu 26−30 °C. Ikan ini tidak melakukan migrasi besar-besaran dalam suatu atau antar sistem sungai, yang kiranya mempengaruhi terbentuknya perbedaan genetis antara ikan ini di masing-masing sungai di Australia Utara.

Kakap putih merupakan ikan pancing yang banyak dicari baik di perairan air tawar maupun asin.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Frumkin, Paul (2003). "Barramundi approval rating rise". Food & Beverage Industry. Diakses tanggal 2008-12-01. 
  2. ^ subratha, eddy. "Pembenihan Ikan Kakap Putih (Lates calcarifer Bloch)". perpustakaan.kkp.go.id. Diakses tanggal 2017-01-24. 
  3. ^ Wesley, Simanungkalit, (2007-01-01). "Pengembangan Perikanan Kakap Putih (Lates calcarifer) di Kabupaten Mimika". 
  4. ^ BMP Budidaya Kakap Putih

Pranala luar[sunting | sunting sumber]