Pegunungan Atlas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Pegunungan Atlas
Schotts and wadis explained2.jpg
Negara Maroko
Aljazair
Tunisia
Batu Gibraltar
Titik tertinggi Gunung Jbel Toubkal
 - elevasi 13.671,26 ft (4.167 m)
Panjang 1.500 mi (2.414,016 km), Barat Daya-Timur Laut

Pegunungan Atlas ialah barisan pegunungan di Afrika barat laut yang memanjang sekitar 2.400 km (1.500 mil) melalui Maroko, Aljazair, dan Tunisia, dan termasuk Batu Gibraltar. Puncak tertingginya ialah Jbel Toubkal, dengan ketinggian 4.167 m (13.665 kaki) terletak di 31°03′43″LU,7°54′58″BB, di Maroko barat daya. Barisan Atlas memisahkan pesisir Laut Tengah dan Samudra Atlantik dari Gurun Sahara. Populasi pegunungan Atlas terutama Berber di Maroko dan Arab di Aljazair.

Karena Amerika Utara, Eropa dan Afrika terhubung beribu tahun silam, Pegunungan Atlas dipercaya terbentuk sebagai bagian orogeni Alleghenia. Pegunungan itu terbentuk saat Afrika dan Amerika bertubrukan, dan pernah ada rantai yang lebih panjang daripada Himalaya kini. Kini, sisa rantai ini bisa dilihat di garis jatuh di AS timur. Beberapa sisanya bisa juga ditenukan di pegunungan Appalachia yang terbentuk kemudian di Amerika Utara. Pegunungan Sierra Nevada di Spanyol juga terbentuk dalam tubrukan benua ini.

Pegunungan ini terbagi atas Atlas Besar Maroko, yang termasuk Atlas Tengah, Atlas Tinggi dan Anti-Atlas. Tell Atlas yang lebih rendah yang membentang dekat pantai dan Atlas Sahara yang lebih besar yang membentang lebih ke selatan terletak di Aljazair.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]