Batu Gibraltar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Untuk kegunaan lain, lihat Pilar-pilar Herkules
Rock of Gibraltar
Rock of Gibraltar northwest.jpg
Western face of The Rock of Gibraltar, 2006.
Titik tertinggi
Ketinggian426 m (1398 ft)
Puncak423 m (1388 ft)[1]
Geografi
Lua error in Modul:Location_map at line 502: Unable to find the specified location map definition. Neither "Module:Location map/data/Gibraltar map-en-edit2.svg" nor "Template:Location map Gibraltar map-en-edit2.svg" exists.
LetakGibraltar
PegununganBetic Cordillera
Geologi
Usia batuanJurassic
Pendakian
Rute termudahGibraltar Cable Car, Road, Hike

Batu Gibraltar (kadang-kadang disebut Pilar Herkules atau nama bahasa Latinnya Calpe[2]) terletak di Gibraltar, di ujung barat daya Eropa di Semenanjung Iberia.[3] Batu Gibraltar memiliki ketinggian 426 meter. Sebagian besar daerah atas batu ditutupi oleh cagar alam, yang merupakan rumah bagi sekitar 300 kera Barbary . Kera ini, serta jaringan labirin terowongan, menarik sejumlah besar wisatawan setiap tahun. Batu Gibraltar adalah salah satu Pilar Hercules dan dikenal oleh orang Roma sebagai Mons Calpe, pilar lainnya adalah Mons Abyla atau Jebel Musa di sisi Selat Afrika . Pada zaman kuno, dua poin ini menandai batas untuk dunia yang dikenal, mitos yang awalnya dibina oleh orang Yunani dan Fenisia.[4] Gibraltar bukanlah titik paling selatan Eropa, yang dikenal sebagai Punta de Tarifa, pada 25 km sebelah barat daya dari Gibraltar, seperti burung gagak lalat . Gibraltar dikelilingi oleh Laut Mediterania dan tidak memiliki kontak dengan Samudra Atlantik


Geologi[sunting | sunting sumber]

Batu Gibraltar adalah sebuah tanjung monolitik . Punggungan utama memiliki puncak yang tajam dengan puncak lebih dari 400 m di atas permukaan laut.[5] Saat ini, Batu Gibraltar membentuk sebuah semenanjung yang menjorok keluar ke Selat Gibraltar dari pantai selatan Spanyol.

Benteng[sunting | sunting sumber]

Kastil Moorish[sunting | sunting sumber]

Kastil Moorish adalah peninggalan dari kekuasaan Moor ketika mengambil alih Gibraltar, yang berlangsung selama 710 tahun . Dibangun pada Masehi tahun 711, ketika Berber kepala suku Thariq bin Ziyad pertama kali mendarat di batu yang masih menyandang namanya . Abad ke-17 sejarawan Muslim Al - Maqqari menulis bahwa saat mendarat, Tariq membakar kapal-kapalnya. Bangunan utama yang tersisa adalah Menara Penghormatan, sebuah bangunan besar dari batu bata dan beton sangat sulit disebut tapia . Bagian atas menara merupakan apartemen mantan penghuni hidup dan mandi.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Sebuah fitur unik dari Batu ini adalah sistem dari bagian bawah tanahnya, yang dikenal sebagai Galeri atau Great Siege Tunnels . Galeri, yang dapat dikunjungi wisatawan, adalah perkembangan ide yang sama dan selesai pada 1797. Mereka terdiri dari sistem keseluruhan dari ruang, embrasures, dan ayat-ayat, dari total panjang hampir 304 m. Dari mereka, orang dapat melihat serangkaian pemandangan unik Teluk Gibraltar, tanah genting, dan Spanyol

Cagar Alam[sunting | sunting sumber]

Konservasi Flora dan fauna dari Cagar Alam Gibraltar sangat menarik dan dilindungi oleh hukum .[6] Dalam hal ini berbagai hewan dan tumbuhan, tetapi yang paling disorot adalah kera Barbary ( kera Batu terkenal ), yang ayam hutan Barbary, dan bunga seperti Gibraltar sendiri Chickweed, Timi dan Gibraltar Candytuft. Kera Barbary mungkin pelarian hewan berasal dari Afrika Utara dan diangkut ke Spanyol . ; mungkin juga bahwa kera asli Gibraltar, yang adalah sisa dari populasi yang diketahui telah menyebar ke seluruh Eropa Selatan selama Pliosen, hingga 5,5 juta tahun yang lalu .[7][8] Beberapa hewan Batu telah diperkenalkan kembali oleh Alameda Wildlife Conservation Park yang memiliki tiga kera Barbary .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Rock of Gibraltar, Gibraltar". Peakbagger.com. Diakses tanggal 2 August 2014. 
  2. ^ Alternate Names or Name Variants for Gibraltar
  3. ^ Welcome To The Rock of Gibraltar! by costarsure.com
  4. ^ "Pillars of Hercules". The Gibraltar Museum. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 July 2007. Diakses tanggal 14 January 2008. 
  5. ^ Rodr!ıguez-Vidal, J.; et al. "Neotectonics and shoreline history of the Rock of Gibraltar, southern Iberia". researchgate.net. Elsevier (2004). Diakses tanggal 23 June 2016. 
  6. ^ Charles Perez & Keith Bensusan (2005). "A Guide to The Upper Rock Nature Reserve" (PDF). The Gibraltar Ornithologicaland Natural History Society. Diakses tanggal 28 October 2012. 
  7. ^ "DNA solves mystery of Gibraltar's macaques". Gibraltar News Online. 26 April 2005. Diakses tanggal 11 November 2009. 
  8. ^ C. Michael Hogan (19 December 2008). "Barbary Macaque: Macaca sylvanus". Globaltwitcher. Diakses tanggal 28 October 2012. 
  • "Gibraltar". Gibraltar: The Travel Key to the Mediterranean: 5–12. 1931.