Hoki lapangan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Hoki lapangan
Field hockey at the 2018 Summer Youth Olympics – Boys Preliminary Round – MAS-ARG (141).jpg
Hoki lapangan di Olimpiade Pemuda Musim Panas 2018
Induk organisasiFIH
Pertama dimainkanAbad ke-19, Inggris, Britania Raya
Karakteristik
Kontak fisikTerbatas
Anggota tim10 pemain, 1 kiper
Kategoriluar dan dalam ruangan
PeralatanHockey ball, hockey stick, mouthguard, shin guards
Keberadaan
Olimpiade1908, 1920, 1928–sekarang

Hoki lapangan adalah permainan hoki yang dimainkan dengan menggunakan bola di atas lapangan atau rumput, atau lapangan rumput sintetis. Permainan ini dimainkan oleh pria dan wanita di sejumlah negara-negara di dunia, terutama negara-negara di Eropa Barat, Australia, Selandia Baru, Afrika bagian selatan, Asia Selatan dan Amerika Serikat.

Pemain menggunakan tongkat yang terbuat dari kayu, serat karbon, fiberglass, atau kombinasi serat karbon dan fiberglass dalam jumlah yang berbeda, untuk memukul bola hoki plastik yang bulat dan keras. Panjang tongkat hoki didasarkan pada tinggi individu pemain: bagian atas tongkat biasanya sampai ke pinggul pemain, dan pemain yang lebih tinggi biasanya memiliki tongkat yang lebih panjang..[1] Tongkat memiliki sisi bulat dan sisi datar, dan hanya permukaan datar tongkat yang boleh digunakan. Penggunaan sisi lain menghasilkan pelanggaran. Kiper sering memiliki desain tongkat yang berbeda, meskipun mereka juga dapat menggunakan tongkat hoki lapangan biasa. Tongkat penjaga gawang tertentu memiliki kurva lain di ujung tongkat, yang memberikan lebih banyak area permukaan untuk memblokir bola. Seragam terdiri dari pelindung tulang kering, sepatu, celana pendek atau rok, pelindung mulut dan jersey.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "How to Choose a Stick". Longstreth.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 July 2016. Diakses tanggal 15 July 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Versi aturan sebelumnya