Portal:Kimia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Portal Kimia
sunting   

Selamat datang di Portal Kimia

Kimia

Kimia (dari bahasa Arab كيمياء "seni transformasi" dan bahasa Yunani χημεία khemeia "alkimia")atau Alchemi dalam bahasa inggris adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Kimia juga mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik. Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan oleh struktur pada tingkat atom yang pada gilirannya ditentukan oleh gaya antaratom.

Kimia sering disebut sebagai "ilmu pusat" karena menghubungkan berbagai ilmu lain, seperti fisika, ilmu bahan, nanoteknologi, biologi, farmasi, kedokteran, bioinformatika, dan geologi. Koneksi ini timbul melalui berbagai subdisiplin yang memanfaatkan konsep-konsep dari berbagai disiplin ilmu. Sebagai contoh, kimia fisik melibatkan penerapan prinsip-prinsip fisika terhadap materi pada tingkat atom dan molekul.

Teori Brønsted–Lowry adalah teori reaksi asam–basa yang diajukan secara terpisah oleh Johannes Nicolaus Brønsted dan Thomas Martin Lowry pada tahun 1923. Konsep dasar teori ini adalah bahwa ketika suatu asam dan basa bereaksi satu sama lain, asam akan membentuk basa konjugatnya, dan basa membentuk asam konjugatnya melalui pertukaran proton (kation hidrogen, atau H+). Teori ini merupakan generalisasi teori Arrhenius.

Artikel pilihan sebelumnya: lainnya...

sunting   

Gambar pilihan

Incandescence.jpg

Energi aktivasi adalah energi yang diperlukan agar sebuah reaksi kimia bisa terjadi. Disini, bunga api yang dihasilkan baja yang bergesekan dengan ferroserium menyediakan energi aktivasi untuk menghidupkan pembakaran pada pembakar Bunsen. Api biru bunsen akan bertahan dengan sendirinya setelah bunga api hilang.

(Selengkapnya...)

sunting   

Teknis

sunting   

Peralatan Laboratorium

sunting   

Kimia di Masyarakat

sunting   

Tokoh pilihan

Alfred Nobel

Alfred Bernhard Nobel (Stockholm, 21 Oktober 1833San Remo, 10 Desember 1896) ialah seorang kimiawan, insinyur, dan pebisnis asal Swedia. Ia adalah penemu dinamit, dan ia memiliki sebuah perusahaan senjata. Dalam surat wasiatnya, dia mewakafkan hartanya untuk membuat Penghargaan Nobel. Unsur kimia buatan bernomor atom 102 diberi nama Nobelium untuk menghormatinya. (selengkapnya...)

sunting   

Tahukah anda?

sunting   

Belajar kimia di wikipedia

sunting   

Kimia dalam bidang Industri

sunting   

Pranala luar

sunting   

Portal terkait

sunting   

Kimia dalam proyek Wikimedia

sunting   

Wikiportal lainnya