Total S.A.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Total S.A.
Société Anonyme
Simbol sahamEuronextFP
NYSE: TOT
IndustriIndustri minyak bumi
Didirikan1924
PendiriErnest Mercier
Kantor
pusat
Tour Total, Paris, France
Wilayah operasi
Seluruh dunia
Tokoh
kunci
Christophe de Margerie
(Chairman and CEO)
Patrick de la Chevardière (CFO)
ProdukEksplorasi hidrokarbon, ekstraksi minyak bumi, pengilangan minyak
Jasastasiun pengisian bahan bakar
Pendapatan171.65 milyar (2013)[1]
€17.81 milyar (2013)[1]
€8.44 milyar (2013)[1]
Total aset€173.49 milyar (2013)[1]
Total ekuitas€72.62 milyar (2013)[1]
Karyawan
97,126 (2013)[1]
Situs webwww.total.com

Total SA NYSE: TOT adalah perusahaan minyak Perancis yang bermarkas di Paris, dan salah satu empat perusahaan minyak teratas bersama dengan Shell, BP, dan ExxonMobil. Bisnisnya mencakup seluruah rantai minyak dan gas, dari eksplorasi dan produksi minyak mentah dan gas alam sampai produksi listrik, transportasi, "refining", pemasaran produk petroleum, dan perdagangan internasional minyak mentah dan produknya. Total juga produsen kimia skala-besar.

Total bergabung dengan Petrofina Belgia, dan setelah pengambilalihan Petrofina oleh Total pada 1999, dia menjadi Total Fina. Dan dia juga mengambilalih Elf Aquitaine Perancis. Pertama bernama TotalFinaElf pada saat penggabungan pada 2003. Perusahaan ini merupakan bagian dari indeks pasar saham CAC 40.

Total E&P Indonesie[sunting | sunting sumber]

Total E&P Indonesie didirikan di Jakarta, 14 Agustus 1968, dengan lapangan awal saat itu di seputar delta mahakam. Lapangan awal mereka di Bekapai dan Handil kala itu, diperkuat dengan ditemukannya lapangan TAMBORA

pada tahun 1974 dan Tunu pada tahun 1977. Lapangan Tunu yang dikembangkan pada tahun 90-an menjadi penyumbang utama supply gas bagi Total E&P Indonesie hingga kini.

Sebagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) SKKMIGAS, Total E&P Indonesie memproduksi migas dari lapangan BEKAPAI, Handil, Tunu dan Peciko yang berada di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Total telaH beroperasi di Indonesia sejak pertengahan tahun 1968 dibawah Production Sharing Contract (PSC) dengan perusahaan minyak dan gas milik pemerintah, Pertamina. Eksplorasi pertama pada tahun yang sama adalah eksplorasi lapangan minyak Muara Tebo di Jambi tetapi eksplorasi ini tidak membuahkan hasil.

Pada tahun 1971, Total berkolaborasi dengan Inpex untuk memulai ekplorasi di blok Mahakam di Kalimantan timur, yang nantinya akan menjadi produsen minyak dan gas paling produktif di Indonesia yang membawa Total menjadi produsen gas terbesar di Indonesia. Di Kalimantan timur sendiri, Total memproduksi sekitar 80% dari seluruh produksi gas yang akan dikirim ke Bontang. Karena telah beroperasi di Indonesia selama hampir 45 tahun, Total telah menjadi salah satu bagian dari eksplorasi dan produksi migas Indonesia. Total telah menjaga hubungan baik dengan pemerintah Indonesia dengan berdasarkan kepentingan bersama untuk menyediakan energi fosil bagi masyarakat Indonesia.

Selama operasinya, khususnya di delta Mahakam, Total telah menemukan beberapa lapangan minyak dan gas. Dimulai dari lapangan minyak lepas pantai Bekapai pada tahun 1972, diikuti dengan penemuan lapangan minyak Handil dan Tambora tahun 1983, dan penemuan lapangan gas Sisi/Nubi]] di akhir 1986. Pada tahun 1976, didirikan terminal loading area dan penyimpanan minyak di Senipah. Selanjutnya pada tahun 1982, Total membuat perjanjian dengan Pertamina untuk mendistribusikan gas alam dan melakukan pengiriman gas pertama ke Bontang pada tahun yang sama. Sampai dengan tahun 2008 lapangan minyak dan gas yang telah ditemukan telah memproduksi minyak dan gas.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f "Annual Report 2013". Total. Diakses tanggal 16 April 2011.