Labu Büchner

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sebuah corong Büchner dipasang pada labu melalui suatu adapter elastomer hitam. Celah selang dihubungkan melalui selang vakum menuju sumber vakum seperti aspirator.
Gambar penampang Labu Büchner. Perlu dicatat bahwa celah selang mengarah ke sebelah kanan untuk menempelkan selang menuju sumber vakum.

Labu Büchner, disebut pula sebagai labu vakum,[1] labu saring, labu lengan-sisi, labu Kitasato, adalah suatu labu Erlenmeyer berdinding tebal dengan pipa gelas pendek dan celah selang yang terdapat sekitar satu inci dari leher labu. Pipa pendek dan celah selang secara efektif berperan sebagai suatu adapter di mana pada ujung pipa fleksibel berdinding tebal dapat dihubungkan dengan labu tersebut. Ujung selang yang terhubung pada celah pipa labu tersebut dapat dihubungkan dengan vakum seperti suatu aspirator, pompa vakum, dan sejenisnya.

Dinding tebal pada labu Büchner memberi kekuatan untuk tahan terhadap perbedaan tekanan saat vakum. Labu ini biasanya digunakan bersama-sama dengan corong Büchner yang dipasang melalui semacam pipa tutup karet atau suatu adapter elastomer (suatu cincin Büchner) pada bagian atas leher labu untuk filtrasi sampel. Corong Büchner funnel menahan sampel yang diisolasi dari penghisap dengan lapisan kertas saring. Selama filtrasi, filtrat masuk dan dipegang oleh labu sementara residu tetap pada kertas saring dalam corong.

Labu Büchner dapat pula digunakan sebagai pemerangkap vakum untuk memastikan bahwa tidak ada cairan yang dibawa dari aspirator atau pompa vakum (atau sumber vakum lainnya) ke peralatan pemisahan atau sebaliknya.

Banyak yang menduga bahwa labu ini dinamakan berdasarkan penerima Hadiah Nobel, Eduard Buchner, namun penamaan labu ini didasarkan pada seorang kimiawan industri Ernst Büchner. Labu ini juga dikenal sebagai labu Kitasato, untuk mengenang Kitasato Shibasaburō.


Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Penggunaan istilah labu vakum terkadang sering disalahartikan sebagai labu termos

Referensi[sunting | sunting sumber]