Pinset

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Aneka macam pinset.

Pinset (serapan dari bahasa Belanda: pincet) adalah perkakas tangan yang digunakan untuk menjepit benda terlalu kecil yang susah dipegang dan digenggam dengan jari manusia. Pinset berbentuk penjepit kecil yang umumnya digerakkan oleh ibu jari dan telunjuk. Benda ini kemungkinan besar ditiru dari pencapit yang digunakan untuk mengambil atau menahan benda panas.[1]

Istilah[sunting | sunting sumber]

Kata "pinset" merupakan serapan dari bahasa Belanda: pincet (pengucapan bahasa Belanda: [pɪnˈsɛt]),[2] yang juga diserap dari bahasa Prancis: pincette (berarti "penjepit").[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pinset emas yang ditemukan di Pemakaman Ur, Irak. Diduga dibuat pada tahun 2550–2450 SM.

Pinset terawal diketahui telah digunakan di Sumeria dan Mesir Prasejarah. Ada gambar seorang perajin Mesir memegang panci panas di atas pemanggang dengan alat berbentuk busur ganda. Pinset berjenis dua bilah logam yang disatukan umumnya digunakan di Mesopotamia yang bertujuan menangkap kutu.[1] Selama Zaman Perunggu Akhir, pusat pembuatan pinset terawal diketahui terdapat di Kerma (kini Sudan).[4]

Cara kerja dan kegunaan[sunting | sunting sumber]

Pinset menggunakan dua tuas jenis ketiga yang dihubungkan pada satu ujung tetap (titik tumpu setiap tuas), dengan penjepit di ujung lainnya. Saat digunakan, pinset biasanya dipegang dengan satu tangan dalam genggaman pena antara ibu jari dan jari telunjuk (kadang-kadang juga jari tengah), dengan ujung atas bertumpu pada otot antara ibu jari dan jari telunjuk. Ketegangan pegas menahan ujung pegangan terpisah sampai tekanan jari diterapkan. Ini memberikan cubitan yang diperpanjang dan memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menggenggam, menggerakkan, dan dengan cepat melepaskan benda kecil atau halus dengan tekanan yang berubah-ubah.[5]

Biasanya pinset digunakan untuk mencabut uban atau helai rambut. Kegunaan umum lainnya untuk pinset adalah sebagai alat untuk menggerakkan benda-benda kecil, termasuk misalnya bagian perangkat elektronik yang kecil seperti serabut kabel atau dioda. Pengumpul prangko menggunakan suatu pinset khusus untuk memungut prangko, meskipun dapat diambil dengan jari kosong, tetapi berpeluang besar lecet ketika dipegang langsung.[6].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Childe V (1963). The Bronze Age. Archives of civilization (dalam bahasa Inggris). 3. Biblo & Tannen Publishers. ISBN 978-0-8196-0123-0. 
  2. ^ "pincet - (tangetje)". etymologiebank.nl (dalam bahasa Belanda). Diakses tanggal 13 Oktober 2022. 
  3. ^ "PINCETTE : Définition de PINCETTE". www.cnrtl.fr (dalam bahasa Prancis). Centre national de ressources textuelles et lexicales. Diakses tanggal 13 Oktober 2022. 
  4. ^ Bianchi RS (2004). Daily Life of the Nubians (dalam bahasa Inggris). Greenwood Publishing Group. hlm. 81. ISBN 978-0-313-32501-4. 
  5. ^ "Exemplos de diferentes tipos de pinça" (dalam bahasa Portugis). Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 Maret 2016. Diakses tanggal 31 Januari 2011. 
  6. ^ "Пинцеты медицинские. Общие технические требования и методы испытаний]" (dalam bahasa Rusia). Diakses tanggal 5 Maret 2016. . — Введ. 1990-01-01. — М.: Изд-во стандартов, 1989. — 9 с. v . Цитата:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Definisi kamus pinset di Wiktionary
  • Media terkait Tweezers di Wikimedia Commons