Labu Florence

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Labu Florence
Labu Florence berukuran 1 liter ditangguhkan oleh lehernya dengan klem tiga jari
PenggunaanPendidihan
Distilasi
Hal terkaitLabu alas-bulat

Labu Florence merupakan suatu jenis labu yang digunakan sebagai bagian dari peralatan gelas laboratorium. Labu ini digunakan sebagai wadah untuk menyimpan cairan. Sebuah labu Florence memiliki badan bulat, satu leher panjang, dan dasar yang rata. Labu ini dirancang untuk pemanasan yang seragam, pendidihan, dan distilasi; labu ini diproduksi dengan ketebalan kaca yang berbeda untuk berbagai jenis penggunaan. Labu ini sering terbuat dari kaca borosilikat untuk ketahanan panas dan kimia.[1][2] Labu Florence tradisional biasanya tidak memiliki sambungan dasar gelas pada leher mereka yang agak panjang, namun biasanya memiliki sedikit bibir atau flange di sekitar ujung leher. Volume yang umum untuk labu Florence adalah 1 liter.[3]

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Labu Florence, juga disebut labu mendidih, dirancang khusus untuk pendidihan kuat. Labu Florence lebih kuat dari labu Erlenmeyer, dan cenderung tidak mudah pecah. Labu Florence dapat digunakan untuk memanaskan cairan atau menyimpan cairan. Labu Florence umum digunakan sebagai bejana reaksi dalam distilasi, refluks atau operasi sejenis.[3][4]

Sangat penting untuk memeriksa Labu Florence atau setiap bagian dari alat laboratorium yang terbuat dari kaca sebelum digunakan untuk pemanasan atau pendinginan serta memakai kacamata demi keselamatan ketika perubahan suhu terjadi pada alat. Tidak semestinya gelas atau kaca lemah dipanaskan karena dapat hancur ketika suhu berubah. Selain itu, bahan kimia tertentu dapat melemahkan kaca.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jensen, William B. (2006). "The Origin of Pyrex". Journal of Chemical Education. 83 (5): 692. doi:10.1021/ed083p692. 
  2. ^ Kraissl, F. (1933). "A History of the Chemical Apparatus Industry". Journal of Chemical Education. 10 (9): 519. doi:10.1021/ed010p519. 
  3. ^ a b Thompson, Robert (2008). Illustrated guide to home chemistry experiments: all lab, no lecture. Sebastopol, Calif.: O'Reilly Media, Inc. hlm. 17. ISBN 0-596-51492-1. 
  4. ^ Faraday, Michael (1842). Chemical Manipulation: Being Instructions to Students in Chemistry on the Methods of Performing Experiments of Demonstration Or Research, with Accuracy and Success. New York: J. Murray. hlm. 173. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]