Bahan baku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bahan baku Karet

Bahan baku atau Barang mentah adalah bahan yang dibeli dan digunakan dalam membuat produk akhir barang jadi yang akan dijual kepada konsumen. Bahan baku belum mengalami proses pengolahan sama sekali. Contoh bahan baku adalah mentega, gula, telur, tepung, vanili, baking powder, dan coklat untuk pembuatan produk coklat. Sedangkan biaya bahan baku adalah seluruh biaya untuk memperoleh sampai dengan bahan siap untuk digunakan yang meliputi harga bahan, ongkos angkut, penyimpanan dan lain–lain.[1]

Klasifikasi bahan baku[sunting | sunting sumber]

Bahan baku dapat digolongkan menjadi dua macam yaitu:

  1. Bahan baku langsung, dapat ditelusuri ke produk akhir yang dihasilkan. Misalnya bahan baku kayu dalam produk furniture dan baja dalam produk sepeda motor.
  2. Bahan baku tidak langsung, yang diperlukan untuk menghasilkan produk akhir, tetapi tidak dapat dengan mudah diidentifikasi dan dialokasikan ke pusat biaya tetapi juga bukan merupakan bagian dari produk jadi. Contoh bahan tidak langsung adalah benang untuk pembuatan baju.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cari tahu jenis barang ekonomi berdasarkan proses produksinya". merdeka.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-10-31.