Portal:Fisika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari


sunting  

Portal fisika

Wavy.gif

Fisika adalah ilmu mengenai alam, yang mempelajari unsur-unsur dasar pembentuk alam semesta, gaya-gaya yang bekerja di dalamnya, dan akibat-akibatnya; mencakup rentang yang luas: dari partikel sub atom pembentuk semua materi sampai kelakukan alam semesta sebagai suatu kesatuan kosmos.

Lebih lanjut mengenai fisika...
'
sunting  

Artikel pilihan

Listrik adalah rangkaian fenomena fisika yang berhubungan dengan kehadiran dan aliran muatan listrik. Listrik menimbulkan berbagai macam efek yang telah umum diketahui, seperti petir, listrik statis, induksi elektromagnetik dan arus listrik. Adanya listrik juga bisa menimbulkan dan menerima radiasi elektromagnetik seperti gelombang radio.

Dalam listrik, muatan menghasilkan medan elektromagnetik yang dilakukan ke muatan lainnya. Listrik muncul akibat adanya beberapa besaran fisika diantaranya muatan listrik, medan listrik, potensial listrik, arus listrik, elektromagnet.

Fenomena listrik telah dipelajari sejak zaman purba, meskipun pemahaman secara teoritisnya berkembang lamban hingga abad ke-17 dan 18. Meski begitu, aplikasi praktisnya saat itu masih sedikit, hingga di akhir abad ke-19 para insinyur dapat memanfaatkannya pada industri dan rumah tangga. Perkembangan yang luar biasa cepat pada teknologi listrik mengubah industri dan masyarakat. Fleksibilitas listrik yang amat beragam menjadikan penggunaannya yang hampir tak terbatas seperti transportasi, pemanasan, penerangan, telekomunikasi, dan komputasi. Tenaga listrik saat ini adalah tulang punggung masyarakat industri modern.

Selengkapnya...

Artikel pilihan sebelumnya: lainnya...

'
sunting  

Belajar fisika di Wikipedia

'
sunting  

Eksperimen fisika

Fotoelektrisk effekt3.png

Efek fotolistrik adalah pengeluaran elektron dari suatu permukaan bahan (biasanya logam) ketika dikenai, dan menyerap, radiasi elektromagnetik (seperti cahaya tampak dan radiasi ultraungu) dengan frekuensi berada di atas frekuensi ambang yang merupakan fungsi kerja bahan.


Percobaan Millikan.

Percobaan Millikan atau dikenal pula sebagai Percobaan oil-drop (1909) saat itu dirancang untuk mengukur muatan listrik elektron. Rober Millikan melakukan percobaan tersebut dengan menyimbangkan gaya-gaya antara gaya gravitasi dan gaya listrik pada suatu tetes kecil minyak yang berada di antara dua buah pelat elektroda.

'
sunting  

ProyekWiki terkait

Icon-gears.png

ProyekWiki Menrva, proyekwiki yang ditujukan untuk meningkatkan artikel-artikel bertopik ilmu sains dan teknologi di wikipedia Bahasa Indonesia.

'
sunting  

Fisikawan

Albert Einstein, Christiaan Huygens, Enrico Fermi, Felix Bloch, Hans Wospakrik, Isaac Newton, Niels Bohr, Nikola Tesla, Pantur Silaban, Richard Feynman, Stephen Hawking, Tanakadate Aikitsu, Yohanes Surya, J.Schwinger

'
sunting  

Rujukan di internet

(Indonesia):

(Inggris):

(Jerman):

'
sunting  

Portal di Wikipedia

Agama Bahasa Biografi Budaya Ekonomi Elektronika
Film Filsafat Geografi Indonesia Ilmu Lingkungan
Masyarakat Matematika Militer Mitologi Musik Olahraga
Pendidikan Politik Sastra Sejarah Seni Teknologi
Komunitas Peristiwa terkini Daftar lengkap
'