Portal:Fisika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari


sunting  

Portal fisika

Wavy.gif

Fisika adalah ilmu mengenai alam, yang mempelajari unsur-unsur dasar pembentuk alam semesta, gaya-gaya yang bekerja di dalamnya, dan akibat-akibatnya; mencakup rentang yang luas: dari partikel sub atom pembentuk semua materi sampai kelakukan alam semesta sebagai suatu kesatuan kosmos.

'
sunting  

Artikel pilihan

Sistem Satuan Internasional (nama aslinya dalam bahasa Perancis: Système International d'Unités atau SI) adalah bentuk modern dari sistem metrik dan saat ini menjadi sistem pengukuran yang paling umum digunakan. Sistem ini terdiri dari sebuah sistem satuan pengukuran yang koheren terdiri dari 7 satuan dasar. Sistem ini mendefinisikan 22 satuan, dan lebih banyak lagi satuan turunan. Sistem ini juga memunculkan satu set terdiri dari 20 prefiks pada nama dan simbol satuan yang dapat digunakan untuk perkalian dan pembagian satuan.

Sistem ini dipulikasikan pada tahun 1960 sebagai hasil dari inisiatif yang dimulai tahun 1948. Pada awalnya sistem ini merupakan sistem MKS, yaitu panjang (meter), massa (kilogram), dan waktu (detik/sekon). SI ditujukan menjadi sistem yang berkembang, maka prefiks dan satuan dibuat dan definisi satuan dimodifikasi melalui persetujuan internasional seiring teknologi pengukuran berkembang dan presisi pengukuran meningkat. Konferensi Umum tentang Berat dan Pengukuran (General Conferences on Weights and Measures, CGPM) ke-24 dan 25 tahun 2011 and 2014, misalnya, mendiskusikan proposal untuk mengubah definisi kilogram, menghubungkannya ke invarian alam daripada massa sebuah artefak, sehingga memastikan stabilitas jangka panjang.


Artikel pilihan sebelumnya: lainnya...

'
sunting  

Belajar fisika di Wikipedia

sunting  

Eksperimen fisika

Fotoelektrisk effekt3.png

Efek fotolistrik adalah pengeluaran elektron dari suatu permukaan bahan (biasanya logam) ketika dikenai, dan menyerap, radiasi elektromagnetik (seperti cahaya tampak dan radiasi ultraungu) dengan frekuensi berada di atas frekuensi ambang yang merupakan fungsi kerja bahan.


Percobaan Millikan.

Percobaan Millikan atau dikenal pula sebagai Percobaan oil-drop (1909) saat itu dirancang untuk mengukur muatan listrik elektron. Rober Millikan melakukan percobaan tersebut dengan menyimbangkan gaya-gaya antara gaya gravitasi dan gaya listrik pada suatu tetes kecil minyak yang berada di antara dua buah pelat elektroda.

'
sunting  

ProyekWiki terkait

Icon-gears.png

ProyekWiki Menrva, proyekwiki yang ditujukan untuk meningkatkan artikel-artikel bertopik ilmu sains dan teknologi di wikipedia Bahasa Indonesia.

'
sunting  

Fisikawan

sunting  

Rujukan di internet

sunting  

Portal di Wikipedia

Agama Bahasa Biografi Budaya Ekonomi Elektronika
Film Filsafat Geografi Indonesia Ilmu Lingkungan
Masyarakat Matematika Militer Mitologi Musik Olahraga
Pendidikan Politik Sastra Sejarah Seni Teknologi
Komunitas Peristiwa terkini Daftar lengkap
'