Richard Feynman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Richard P. Feynman
RichardFeynman-PaineMansionWoods1984 copyrightTamikoThiel bw.jpg
Lahir11 Mei 1918
New York
Meninggal15 Februari 1988
Los Angeles, California
Tempat tinggalAmerika Serikat
KebangsaanAmerika Serikat
AlmamaterMassachusetts Institute of Technology
Princeton University
Dikenal atasElektrodinamika kuantum
Teori partikel
Diagram Feynman
PenghargaanNobel prize medal.svg Penghargaan Nobel dalam Fisika (1965)
Oersted Medal (1972)
Karier ilmiah
BidangFisika
InstitusiManhattan Project
Cornell University
California Institute of Technology
Pembimbing doktoralJohn Archibald Wheeler
Mahasiswa doktoralAl Hibbs
George Zweig

Richard Phillips Feynman (11 Mei 191815 Februari 1988) (nama keluarga dilafalkan "FAIN-man") adalah salah seorang fisikawan Amerika yang paling berpengaruh pada abad kedua puluh.[1] Karyanya yang utama adalah perluasan teori elektrodinamika kuantum, untuk ini Feynman menjadi salah satu penerima Hadiah Nobel Fisika 1965, bersama Julian Seymour Schwinger dan Tomonaga Sin-Itiro. Ia juga berkontribusi dalam proyek pengembangan bom atom dan belakangan menjadi anggota panel yang menyelidiki tragedi Pesawat Ulang-Alik Challenger.

Feynman juga dikenal sebagai seorang edukator. Buku-buku dan kuliah-kuliahnya sering ditujukan agar kalangan umum mudah mudah memahami fisika. Karena kemampuannya dalam menerangkan, ia dijuluki "The Great Explainer" atau "Pemberi Penjelasan yang Hebat". The Feynman Lectures on Physics adalah buku teks fisika yang didasarkan dari kuliah-kuliah yang dia berikan di Caltech pada tahun 1961-1963. Selain itu, dia juga terkenal karena petualangan-petualangannya, yang dikisahkan dalam buku Surely You're Joking, Mr. Feynman! (edisi Indonesia: Cerdas Jenaka Nobelis Fisika), What Do You Care What Other People Think? dan Tuva Or Bust!. Dalam banyak hal, Richard Feynman adalah orang eksentrik dan jiwa yang bebas.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Richard Phillips Feynman lahir pada tanggal 11 Mei 1918 di Queens, New York.[2] Ibunya bernama Lucille née  Phillips yang merupakan seorang ibu rumah tangga dan ayahnya bernama Melville Arthur Feynman, seorang sales manajer yang berasal dari Minsk, Belarusia (saat itu bagian dari Kekaisaran Rusia).[3] Ketika Richard berusia lima tahun, ibunya melahirkan seorang adik laki-laki yang kemudian diberi nama Henry Phillips. Akan tetapi adiknya tersebut meninggal pada usia empat minggu. Empat tahun kemudian, adik perempuan Richard yang bernama Joan lahir. Keluarga mereka kemudian memutuskan untuk pindah ke Far Rockaway, Queens.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Richard Feynman | Biography & Facts". Encyclopedia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 02 September 2020. 
  2. ^ "The Nobel Prize in Physics 1965". NobelPrize.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 02 September 2020. 
  3. ^ J. J. O'Connor; E. F. Robertson (August 2002). "Richard Phillips Feynman". University of St. Andrews. Diakses tanggal 02 September 2020.