Tsung-Dao Lee

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Tsung-Dao Lee (李政道 Pinyin: Lǐ Zhèngdào) (lahir 24 November 1926) ialah fisikawan China-Amerika yang berkarya pada fisika partikel energi tinggi, asas simetri, dan mekanika statistik. Pada 1957, pada usia 31, Lee menerima Hadiah Nobel untuk karyanya pada pelanggaran hukum keseimbangan, dengan Chen Ning Yang, yang secara eksperimental dibuktikan oleh Chien-Shiung Wu. Lee dan Yang merupakan orang-orang Tiong Hoa pertama yang memenangkan Hadiah Nobel.

Kota kediaman Lee ialah Suzhou, Jiangsu. Ia dilahirkan di Shanghai, RRC, dan menerima pendidikan menengahnya di Shanghai dan Jiangxi. Bagian pertama pendidikan perguruan tingginya bermula di Universitas Zhejiang, namun terputus akibat perang, maka ia melanjutkan ke Universitas Asosiasi Barat Daya Nasional (西南聯合大學) di Kunming pada tahun berikutnya. Lee berangkat ke Universitas Chicago pada 1946 dan menyelesaikan Ph.D-nya dengan Enrico Fermi. Pada 1953, ia menjadi lektor di Universitas Columbia. 3 tahun kemudian, pada usia 29, Lee menjadi guru besar termuda di universitas itu. Ia tetap menjadi anggota aktif fakultas Columbia dan telah memegang peringkat akademik tertingginya, Profesor Universitas, sejak 1984.

Segera setelah pendirian hubungan dengan RRT, Lee dan istrinya Hui-Chun Jeannette Chin (秦惠莙 Qín Huìjùn), bisa pergi ke Tiong Koq, di nana Lee memberi serangkaian kuliah dan seminar, dan mengatur Ujian dan Penerapan Fisika AS-Tiongkok (CUSPEA).

Pada 1999, Lee mendirikan Dana Sumbangan Chun-Tsung (秦惠莙--李政道中国大学生见习基金) di Beijing dalam memperingati Hui-Chun Chin, yang meninggal 3 tahun lebih awal. Beasiswa Chun-Tsung dianugerahkan pada mahasiswa yang belum mendapat gelar, biasanya dalam tahun kedua dan ketiganya, di 5 universitas di Tiong Koq. Para mahasiswa yang terpilih untuk beasiswa seperti itu dinamai "Pelajar Chun-Tsung" (莙政学者). Chin dan Lee menikah pada 1950 dan memiliki 2 putra: James dan Stephen.

Lee membaca novel detektif saat ia tak bekerja dalam fisika.

Nama Inggris yang diberikan kepadanya berbeda secara dramatis dari Romanisasi Bahasa China yang ada saat itu, seperti Wade-Giles dan Gwoyeu Romatzyh.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]