Universitas Zhejiang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Universitas Zhejiang
浙江大学
Zhejiang_University.png
Moto 求是创新[1]
Didirikan 1897
Jenis Universitas Negeri
Presiden Wu Zhaohui (吴朝辉)
Sekretaris Partai Komunis Jin Deshui (金德水)
Staf akademik 3,350
Jumlah mahasiswa 45,678[2]
Sarjana 23,302
Magister 22,376
Doktor 8,577
Lokasi Hangzhou, Provinsi Zhejiang, Tiongkok
Kampus Urban, 4.5 km²
Afiliasi APRU, WUN, C9
Situs web zju.edu.cn (Tionghoa)
zju.edu.cn/english (Inggris)

Universitas Zhejiang (ZJU, juga dikenal sebagai Universitas Che Kiang; Hanzi Sederhana: 浙江大学; Hanzi Tradisional: 浙江大學; Pinyin: Zhèjiāng Dàxué; Wade–Giles: Che-chiang-ta-hsüeh), atau dapat pula disingkat sebagai Zheda, adalah sebuah universitas di Tiongkok. Didirikan pada tahun 1897, Universitas Zhejiang adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi tertua, selektif dan paling bergengsi di antara lembaga-lembaga pendidikan tinggi lain di Tiongkok. Universitas Zhejiang adalah anggota dari Liga C9, Aliansi Universitas Delta Sungai Yangtze dan APRU.

Kampus utama universitas ini terletak di kota Hangzhou, provinsi Zhejiang, sekitar 180 km barat daya Shanghai. Perpustakaan Universitas Zhejiang yang memiliki koleksi sekitar 7 juta volume[3] adalah salah satu perpustakaan akademik terbesar di Tiongkok.[4]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lin Qi, pendiri ZJU

Dinasti QIng[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1897, Lin Qi (Hanzi Sederhana: 林启; Hanzi Tradisional: 林啓; Pinyin: Lín Qǐ; Wade–Giles: Lin Ch'i), dalam kapasitasnya sebagai wali kota Hangzhou, mendirikan "Akademi Qiushi" (Hanzi Sederhana: 求是书院; Hanzi Tradisional: 求是書院; Pinyin: Qiúshì Shūyuàn; Wade–Giles: Ch'iu-shih-shu-yüan).[5] Lin mempelajari sistem pendidikan Barat dan menerapkannya pada Akademi Qiushi. Akademi Qiushi kemudian berganti nama menjadi Akademi Zhejiang pada tahun 1902, dan menjadi Perguruan Tinggi Lanjutan Zhejiang pada tahun 1903.

Lembaga lain yang turut berperan dalam sejarah awal dari Universitas Zhejiang adalah Yuying Xuetang (Sekolah Yuying atau Perguruan Tinggi Yuying), yang didirikan pada tahun 1902. Sekolah ini berganti nama menjadi Yuying Yishu (Sekolah Umum Yuying), dan kemudian untuk Akademi Yuying. Pada tahun 1911, Akademi Yuying berganti nama menjadi Zhijiang Xuetang (Perguruan Tinggi Zhijiang) dan pindah ke Bukit Qinwang (秦望山) di luar kota Hangzhou.

Periode 1912-1937[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1912, Sekolah Kedokteran Zhejiang didirikan. Sekolah ini kemudian berkembang menjadi Sekolah Kedokteran Provinsi Zhejiang, yang merupakan cikal bakal dari Fakultas Kedokteran Universitas Zhejiang.

Pada tahun 1927, beberapa sekolah dan perguruan tinggi (antara lain sekolah industri dan pertanian) bergabung dengan Akademi Qiushi dan berganti nama menjadi "Universitas Nasional Ketiga Sun Zhongshan" (atau Universitas Nasional Ketiga Sun Yat-Sen), untuk menghormati jasa presiden pertama Republik TiongkokSun Yat-Sen. Pada 1 April 1928, universitas ini kembali berganti nama menjadi "Universitas Che Kiang" (Pinyin: Universitas Zhejiang). Pada tahun yang sama, titel "Nasional" ditambahkan untuk menunjukkan status universitas negeri sehingga nama universitas ini menjadi "Universitas Nasional Che Kiang" (Hanzi Sederhana: 国立浙江大学; Hanzi Tradisional: 國立浙江大學; Pinyin: Guólì Zhèjiāng Dàxué).

Periode Perang, 1937-1949[sunting | sunting sumber]

Ilmuwan di Universitas Zhejiang pada Periode Perang

Pada tahun 1937, Perang Tiongkok-Jepang Kedua menyebabkan Universitas Zhejiang pindah sementara dari Hangzhou ke Guizhou. Universitas ini aktif di kota Guizhou hingga tahun 1946. Pada periode ini, Universitas Zhejiang dijuluki sebagai "Cambridge di Timur" oleh Joseph Needham (yang dua kali mengunjungi universitas ini pada tahun 1944). Universitas Nasional Che Kiang selalu konsisten berada pada empat besar universitas utama di Tiongkok meski dalam kondisi perang.

Periode 1952–1998[sunting | sunting sumber]

Kebijakan pemerintah Tiongkok pada tahun 1952 mengenai pengaturan ulang pendidikan tinggi menyebabkan Universitas Zhejiang dipisahkan menjadi beberapa perguruan tinggi berdasarkan bidang studi. Fakultas seni and ilmu pengetahuan alam bergabung dengan Universitas Hangzhou atau Universitas Fudan. FakuItas kedokteran dan farmasi digabung menjadi Universitas Kedokteran Zhejiang. Fakultas pertanian dan perkebunan digabung menjadi Universitas Pertanian Zhejiang. Sementara itu, fakultas teknik universitas ini digabung ke Sekolah Tinggi Teknik Kimia Zhejiang (sekarang menjadi Universitas Teknologi Zhejiang atau ZJUT). Dekan fakultas teknik Universitas Zhejiang pada periode ini, Li Shouheng, merupakan salah satu pionir teknik kimia modern di Tiongkok. Li kemudian menjadi presiden ZJUT.

Pasca 1998[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1998, dengan persetujuan dari Dewan Negara (State Council), keempat universitas yang berada di Hangzhou kembali disatukan menjadi Universitas Zhejiang. Pada tanggal 21 September 2006, Biliuner Duan Yongping (alumnus Universitas Zhejiang) dan Ding Lei (warga asli Zhejiang) mendonasikan dana abadi sejumlah 40 juta Dolar AS untuk Universitas Zhejiang. Dana tersebut terdiri atas 30 juta Dolar AS dari Duan dan 10 juta dari Ding. Dana abadi tersebut merupakan dana abadi non-pemerintah terbesar di Tiongkok. Sebuah upacara besar dilaksanakan di Kampus Zijin'gang untuk memperingati penerimaan dana tersebut.[6]

Akademia[sunting | sunting sumber]

Perpustakaan Pusat
Fakultas Kedokteran

Universitas Zhejiang adalah universitas riset komprehensif yang berpengaruh baik di dalam negeri maupun di level internasional. Terdapat 12 bidang studi di universitas ini yakni: pertanian, seni, ekonomi, pendidikan, teknik, sejarah, hukum, sastra, manajemen, kedokteran, ilmu alam, dan filosofi. Menurut peringkat Essential Science Indicator (ESI) Universitas Zhejiang berada di level 1% teratas pada 15 bidang studi, dan berada pada 100 besar universitas terbaik di dunia untuk 4 bidang studi.

Sekolah Tinggi Arsitektur

Dari sekitar 3.100 staf akademis di universitas ini, lebih dari 1.200 memiliki titel profesor. Staf akademis di universitas ini termasuk: 14 anggota Akademi Ilmu Alam Tiongkok, 13 anggota Akademi Teknik Tiongkok, 48 ilmuwan National Recruitment Program of Global Experts, 20 ilmuwan utama dari proyek nasional 973, 81 penerima penghargaan Changjiang, dan 88 penerima National Science Fund for Distinguished Young Scholars.

Saat ini, Universitas Zhejiang memiliki tujuh kampus yang berada di Zijin'gang, Yuquan, Xixi, Huajiachi, Haining, Zhousan dan Zhijiang. Kampus utama Universitas Zhejiang di Zijin'gang mencakup area seluas 4,5 kilometer persegi dan bangunan seluas 1,94 juta meter persegi. Perpustakaan pusat universitas ini memiliki koleksi sebanyak 6,27 juta volume. Universitas ini juga memiliki 7 rumah sakit terafiliasi.

Kegiatan Kemahasiswaan[sunting | sunting sumber]

Saat ini, terdapat 45.678 mahasiswa di Universitas Zhejiang, yang terdiri dari 22.376 mahasiswa pascasarjana, 8.577 kandidat doktoral, and 23.302 mahasiswa program sarjana. Di universitas ini terdapat 3.407 mahasiswa internasional.

Ranking[sunting | sunting sumber]

Universitas Zhejiang selalu konsisten berada pada peringkat atas universitas di Tiongkok.[7][8]

Kampus[sunting | sunting sumber]

Kampus Zijingang

Kampus Yuquan (Tionghoa: 玉泉校区)[sunting | sunting sumber]

Kampus utama untuk fakultas teknik. Kampus ini merupakan kampus utama Universitas Zhejiang University hingga Kampus Zijin'gang didirikan pada tahun 2002.

Kampus Zhijiang

Kampus Xixi (Tionghoa: 西溪校区)[sunting | sunting sumber]

Kampus utama untuk seni dan ilmu pengetahuan. Sebelumnya bagian dari Universitas Hangzhou. Bergabung dengan Zhejiang University pada tahun 1998.

Kampus Haining (Tionghoa: 海宁国际校区)[sunting | sunting sumber]

Kampus terbaru yang diresmikan pada tahun 2016 di Kota Haining.[9] Kampus ini difokuskan untuk menjadi kampus internasional.

Kampus Zhijiang

Kampus Huajiachi (Tionghoa: 华家池校区)[sunting | sunting sumber]

Kampus utama untuk ilmu pertanian. Sebelum digabung kembali dengan Universitas Zhejiang, kampus ini merupakan Universitas Pertanian Zhejiang. Kampus ini juga merupakan lokasi Universistas Nasional Che Kiang pertama kali didirikan. Kampus ini merupakan kampus tertua Universitas Zhejiang.

Kampus Zhijiang
Aula Severance di Kampus Zhijiang

Kampus Zhijiang (Tionghoa: 之江校区)[sunting | sunting sumber]

Kampus lama untuk bidang studi ilmu alam, matematika, dan ilmu-ilmu teoretis lainnya. Saat ini, kampus ini merupakan kampus utama untuk Sekolah Hukum Guanghua.

Kampus Zijin'gang (Tionghoa: 紫金港校区)[sunting | sunting sumber]

Kampus terbesar, pusat, dan simbol dari universitas ini. Kampus ini terletak di barat daya kota Hangzhou. Sebagian besar mahasiswa program studi sarjana tinggal di dalam kampus pada tahun pertama dan kedua.

Kampus Zhoushan (Tionghoa: 舟山校区)[sunting | sunting sumber]

Kampus yang dibuka pada tahun 2015. Kantor administrasi dan fakultas kelautan terletak di kota Zhoushan, 200 km dari Hangzhou.[10]

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Di bawah administrasi langsung dari Departemen Pendidikan Tiongkok, Universitas Zhejiang adalah salah satu universitas komprehensif yang mencakup sebelas cabang pembalajaran utama di bidang studi filsafat, sastra, sejarah, pendidikan, ilmu pengetahuan alam, ekonomi, hukum, manajemen, teknik, pertanian, dan MBBS.[11] Universitas ini sekarang memiliki 110 spesialisasi untuk program studi sarjana, dan dapat memberikan 264 gelar master dan 181 gelar doktor di berbagai program. Universitas ini juga mencakup 13 Laboratorium Utama Nasional, 2 Pusat Penelitian dan Rekayasa Nasional, dan 3 Pusat Teknologi Nasional. Selain itu, universitas ini tengah menyiapkan 24 program spesialisasi dan 39 program pasca-doktoral.

Institusi yang terafiliasi[sunting | sunting sumber]

  • Zhejiang California International NanoSystems Institute (ZCNI)

Rumah sakit terafiliasi[sunting | sunting sumber]

Zhejiang University memiliki enam rumah sakit terafiliasi

  1. The First Affiliated Hospital, Fakultas Kedokteran Universitas Zhejiang
  2. The Second Affiliated Hospital, Fakultas Kedokteran Universitas Zhejiang
  3. Sir Run Run Shaw Hospital (didonasikan oleh Sir Run Run Shaw)
  4. The Women's Hospital, Fakultas Kedokteran Universitas Zhejiang
  5. The Children's Hospital, Fakultas Kedokteran Universitas Zhejiang
  6. Zhejiang Stomatology Hospital (juga dikenal sebagai Zhejiang University Affiliated Stomatology Hospital)

Perguruan tinggi terafiliasi[sunting | sunting sumber]

  • Zhejiang University City College (Hangzhou)
  • Institut Teknologi Ningbo, Universitas Zhejiang (Ningbo)
  • Pioneer Junior College (Singapura)

Lain-lain[sunting | sunting sumber]

  • High-tech park of Zhejiang University, Hangzhou
  • High-tech park of Zhejiang University, Ningbo
  • Botanical Garden of Zhejiang University

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "校训 (Chinese)". Diakses tanggal July 13, 2014. 
  2. ^ 学校概况 - 浙江大学
  3. ^ 搜狐网 – 高校门户网 – 浙江大学 Diarsipkan Mei 11, 2008 di Wayback MachineWayback Machine.
  4. ^ Libraries in China
  5. ^ "History of Zhejiang University".
  6. ^ Mr. Yongping Duan and Mr. Lei Ding Donated 40 Million US Dollars[pranala nonaktif]
  7. ^ Wu, Shulian. "Top 10 Chinese universities in overall strength". China.org. 
  8. ^ University Rankings Summary: Zhejiang University
  9. ^ "Faculty and Staff Moved to Haining Campus | International Campus Zhejiang University". www.intl.zju.edu.cn. Diakses tanggal 2016-10-12. 
  10. ^ "浙江大学舟山校区". Diakses tanggal 29 December 2015. 
  11. ^ "Zhejiang University". CUCAS. Diakses tanggal 24 August 2015. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]