Polykarp Kusch

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Polykarp Kusch
Lahir 26 Januari 1911
Blankenburg, Kekaisaran Jerman
Meninggal 20 Maret 1993 (umur 82)
Institusi Universitas Texas, Dallas
Universitas Columbia
Alma mater University of Illinois
Case Institute of Technology
Pembimbing
akademik
F. Wheeler Loomis
Mahasiswa
doktoral
Gordon Gould
Dikenal atas Pengukuran momen magnetik elektron
Penghargaan Nobel prize medal.svg Nobel Fisika (1955)

Polykarp Kusch (lahir 26 Januari 1911 – meninggal 20 Maret 1993 pada umur 82 tahun) ialah fisikawan Jerman-Amerika Serikat. Pada tahun 1955, ia dianugerahi Nobel Fisika bersama dengan Willis Lamb untuk penentuan akurat bahwa momen magnetik elektron lebih besar daripada nilai teoretisnya, sehingga menimbulkan pertimbangan kembali —dan terobosan dalam—elektrodinamika kuantum.

Ia menerima gelar sarjana dalam fisika dari Case Institute of Technology (sekarang Case Western Reserve University) pada tahun 1931. Dari University of Illinois, ia menerima gelar magister pada tahun 1933 dan Ph.D. pada tahun 1936. Ia menghabiskan sebagian besar kariernya sebagai profesor di Columbia University, New York City, dan menjabat sebagai pembantu rektor selama beberapa tahun sebelum pindah ke University of Texas, Dallas yang baru dibentuk. Selama tinggal di Columbia, ia adalah penasihat doktoral Gordon Gould, penemu laser.

Sebuah asrama kediaman untuk mahasiswa prasarjana di Case Western Reserve University, Cleveland, Ohio di Kampus Selatan dinamai menurut Dr. Kusch. Bangunan itu bernama Kusch House. Terletak di Carlton Road, Cleveland Heights.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]