Pembimbing doktoral

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Seorang penasihat doktor (juga direktur disertasi atau disertasi penasihat, dan dikenal di bahasa britania Inggris sebagai pengawas doktor) adalah anggota maju dari fakultas universitas yang berperan untuk membimbing mahasiswa pascasarjana yang adalah kandidat untuk gelar doktor, membantu mereka pilih kursus, seperti serta membentuk, memperbaiki dan mengarahkan pilihan siswa dari sub-disiplin di mana mereka akan diperiksa dan/atau di mana mereka akan menulis disertasi.[1] siswa umumnya memilih penasehat berdasarkan bidang minat mereka dalam disiplin mereka, mereka keinginan untuk bekerja sama dengan lulusan fakultas tertentu, dan kemauan dan ketersediaan fakultas mereka untuk bekerja dengan mereka.

Di beberapa negara, penasihat siswa berfungsi sebagai kursi pemeriksaan doktor nya dan/atau komite disertasi. Dalam beberapa kasus, meskipun, orang yang melayani peran-peran mungkin berbeda dari anggota fakultas yang telah paling dekat menyarankan siswa. Misalnya, dalam sistem akademik Belanda, hanya profesor penuh (hoogleraren) mungkin ujian doktor kursi, sehingga siswa yang telah disarankan oleh anggota fakultas yang lebih rendah-peringkat akan memiliki profesor penuh sebagai penasehat resmi mereka (atau promotor) dan penasehat yang sebenarnya mereka sebagai co-promotor.[2] Di negara lain, seperti Spanyol, penasihat Doktor memiliki peran mentor, tetapi tidak diperbolehkan untuk membentuk bagian dari komite pemeriksaan. Ini adalah tubuh dari 5 ahli independen dipilih oleh Rektorat antara 10 calon yang diusulkan oleh departemen Universitas.

Sebuah genealogi akademik dapat ditelusuri berdasarkan penasihat doktor siswa, akan naik dan turun garis akademis "keturunan" dalam cara yang analog dengan genealogi tradisional.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Miles Taft Bryant (2004), The portable dissertation advisor, Corwin Press, pp. 9–11, ISBN 978-0-7619-4696-0.
  2. ^ A Few Words about Dutch University Titles, Ranks etc., Astronomy Department, Leiden University. Retrieved 2010-02-15.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]