Alfred Kastler

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Alfred Kastler

Alfred Kastler
Lahir 3 Mei, 1902
Guebwiller, Haut-Rhin, Perancis
Meninggal 7 Januari, 1984
Bandol, Var, Perancis
Kebangsaan Perancis
Bidang Fisika
Penghargaan Nobel bidang Fisika (1966)

Alfred Kastler (lahir di Guebwiller, Haut-Rhin, Perancis, 3 Mei 1902 – meninggal di Bandol, Var, Perancis, 7 Januari 1984 pada umur 81 tahun) adalah fisikawan Perancis keturunan Jerman yang memenangkan Penghargaan Nobel dalam Fisika 1966.

Kastler menuntut ilmu di Lycée Bartholdi di Colmar, Alsace, kemudian ke Ecole Normale Superieure Paris tahun 1921. Selesai belajar pada tahun 1926, ia mulai mengajar fisika di Lycée Mulhouse, lalu di Universitas Bordeaux, di mana ia menjadi profesor universitas hingga 1941. Georges Bruhat memintanya kembali ke École Normale Supérieure, di mana akhirnya ia menduduki jabatan pada tahun 1952.

Dengan berkolaborasi bersama Jean Brossel, ia meneliti mekanika kuantum, interaksi antara cahaya dan atom, serta spektroskopi. Kastler, bekerja pada gabungan resonansi optik dan resonansi magnetik, mengembangkan teknik "pompa optik". Karya-karya itu melengkap teori laser dan maser.

Ia memenangkan Penghargaan Nobel dalam Fisika tahun 1966 "untuk penemuan dan pengembangan metode optik untuk mempelajari resonansi Hertz pada atom".

Ia adalah pimpinan dewan Institut d'optique théorique et appliquée.

Laboratoire Kastler-Brossel[sunting | sunting sumber]

Profesor Kastler menghabiskan sebagian besar karier penelitiannya di Ecole Normale Superieure, Paris di mana ia memulai kelompok riset kecil spektroskopi bersama mahasiswanya, Jean Brossel setelah perang.

Lebih dari 40 tahun berikutnya, kelompok ini telah melatih banyak fisikawan muda dan berdampak pada pengembangan ilmu fisika atom di Perancis. Laboratoire de Spectroscopie hertzienne diganti namanya menjadi Laboratoire Kastler-Brossel pada tahun 1994 dan sebagian laboratoriumnya ada di Université Pierre et Marie Curie dan utamanya ada di École Normale Supérieure.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]