Lev Davidovich Landau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Lev Landau)
Langsung ke: navigasi, cari
Lev Davidovich Landau

Lev Davidovich Landau (Лев Давидович Ландау, Baku, 22 Januari 1908 - Moskwa, 1 April 1968) ialah fisikawan Uni Soviet.

Landau menyelesaikan mata pelajaran sekolahnya pada usia 13. Pada 1922, Landau mendaftarkan diri di Jurusan Fisika Universitas Leningrad. Setelah lulus, ia memulai karier ilmiahnya di Institut Teknik Fisika Leningrad. Antara 1932-1937, Landau mengepalai Jurusan Teoretis Institut Teknik Fisika Ukraina di Kharkov (kini di Ukraina). Pada 1937, ia menjadi kepala Jurusan Teori Institut Masalah Fisika di Moskow. Pada 1965, laboratorium risetnya diubah menjadi apa yang kini dikenal sebagai Institut Landau untuk Fisika Teoretis.

Pada 1938, menyusul penemuan Pyotr Kapitsa pada superfluiditas helium, Landau mulai meneliti dan dalam beberapa tahun telah menemukan teori "cairan kuantum" pada suhu rendah. Dari 1956 sampai 1958, ia merumuskan teori cairan kuantum dari "tipe Fermi", yang termasuk helium.

Pada 1946, Landau diangkat sebagai anggota penuh Akademi Ilmiah Uni Soviet. Pada 1951, ia diangkat sebagai anggota Akademi Ilmiah Kerajaan Denmark, dan pada 1956, ia menjadi anggota Akademi Ilmiah Kerajaan Belanda. Pada 1960, Landau ialah penerima Penghargaan F. London (Amerika Serikat) dan Medali Max Planck (Jerman Barat).

Pada 1962, ia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika untuk teori pionirnya mengenai zat kental, khususnya helium cair. Ia juga diakui untuk serial buku teks fisika teoretis yang dikarangnya dengan E.M. Lifshitz, sebagaimana buku-buku ilmiah untuk sekolah tinggi dan sekolah dasar.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]