Steven Weinberg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Steven Weinberg

Steven Weinberg (lahir 1933) ialah fisikawan Amerika Serikat yang memenangkan Hadiah Nobel Fisika tahun 1979 bersama dengan Sheldon L. Glashow dan Abdus Salam untuk sumbangan mereka pada persatuan lemah dan interaksi elektromagnetik antara unsur dasar, termasuk, inter alia, perkiraan arus netral lemah.

Steven Weinberg besar di New York City, di mana ayahnya bekerja sebagai stenograf pengadilan. Minatnya yang awal pada sains didorong oleh keluarga dan gurunya di Bronx High School of Science. Salah satu kawan sekelasnya ialah Sheldon Glashow; sekitar 25 tahun kemudian mereka akan menerima Penghargaan Nobel dalam Fisika.

Dari usia 16, fisika teoretis telah merebut Weinberg. Ia pergi ke Universitas Cornell (sebagaimana Glashow!), belajar di Institut Niels Bohr di Denmark, dan menerima Ph.D.-nya dari Princeton. Ia memulai pada karier riset dan pengajaran yang membawanya ke beberapa pusat riset fisika terbaik di negeri itu: Columbia, Berkeley, MIT, dan Harvard. Kini ia adalah guru besar di jurusan fisika dan astronomi di Universitas Texas di Austin. Perhatian ilmiahnya selalu luas, namun karyanya yang paling terkemuka ialah dalam teori bidang yang disatukan. 4 gaya dipercaya menggerakkan hukum fisika: gravitasi, elektromagnetisme, gaya kuat (yang memegang inti atom bersama), dan gaya lemah (yang breaks atom terpisah, seperti dalam radioaktivitas). Sekitar 1967, Weinberg merumuskan bahwa gaya elektromagnetik dan gaya lemah ialah sama pada tingkat energi yang amat tinggi. Teori elektrolemah ini diperkuat oleh eksperimen akselerator partikel pada 1973. Inilah sebuah langkah besar yang lebih dekat pada tujuan yang lama diimpikan para fisikawan menemukan persamaan elegan tunggal untuk emnjelaskna semua benda dan gaya di alam. Weinberg dan lainnya yang berkarya pada teori ini, Sheldon Lee Glashow dan Abdus Salam, dianugerahi Hadiah Nobel pada 1979.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]