Lompat ke isi

Zalman Gradowski

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infobox orangZalman Gradowski

Edit nilai pada Wikidata
Biografi
Kelahiran1910 Edit nilai pada Wikidata
Suwałki Edit nilai pada Wikidata
Kematian7 Oktober 1944 Edit nilai pada Wikidata (33/34 tahun)
Auschwitz Edit nilai pada Wikidata
Kegiatan
SpesialisasiKamp konsentrasi Edit nilai pada Wikidata
Pekerjaandiarist (en) Terjemahkan Edit nilai pada Wikidata

Zalman Gradowski atau Chaim Zalman Gradowski (1910 – 7 Oktober 1944) berasal dari Suwałki,[1] adalah seorang tahanan Yahudi Polandia di kamp konsentrasi Auschwitz-Birkenau selama Holocaust di Polandia yang diduduki. Pada tanggal 2 November 1942, dia dideportasi, begitu pula semua orang Yahudi yang saat itu tinggal di Lunna, serta kota-kota sekitarnya, ke kamp transit Kielbasin (Kolbasino) (Transitlager atau Sammellager). Pada tanggal 5 Desember, ia dan seluruh warga Yahudi di kotanya (berjumlah sekitar 1.500 orang) digiring secara paksa dari kamp transit Kielbasin ke Lososno, Polandia, di mana mereka menaiki kereta api menuju Auschwitz, yang belakangan diketahuinya. Kereta tiba di Auschwitz-Birkenau pada pagi hari tanggal 8 Desember.[2] Setelah "seleksi" di Auschwitz-Birkenau, anggota keluarganya serta seluruh perempuan dan anak-anak, dan sebagian besar laki-laki yang berada dalam angkutan tersebut, segera dikirim ke kamar gas dan dibunuh. Tak lama kemudian, Gradowski dan beberapa anggota transportasi lainnya yang selamat dari “seleksi” dikirim untuk bekerja di krematorium sebagai bagian dari unit pekerja budak Sonderkommando.[3]

Buku harian rahasia

[sunting | sunting sumber]

Untuk memberikan kesaksian bagi generasi mendatang, Gradowski menulis buku harian rahasia, dalam bahasa Yiddish, yang menggambarkan kehidupannya dan kampnya. Dia mengubur buku catatannya di kamp sebagai kapsul waktu. Di dalamnya, Gradowski memberikan gambaran rinci tentang proses pemusnahan di Birkenau. Dia adalah salah satu tokoh penting dalam gerakan bawah tanah Sonderkommando di Auschwitz, di mana dia dibunuh selama pemberontakan 7 Oktober 1944.[3][4][5]

Kutipan dari buku harian tersebut digunakan sebagai epigram untuk buku KL: A History of the Nazi Concentration Camps tahun 2015: "Semoga dunia setidaknya melihat setetes pun, sebagian kecil dari dunia tragis tempat kita hidup." Dalam bagian lain yang mengesankan, dia menulis: "Saya sampaikan kepada Anda hanya sebagian kecil dari apa yang terjadi di neraka Birkenau-Auschwitz. Agar Anda memahami kenyataan. Saya telah menulis banyak hal selain ini. Saya yakin bahwa Anda akan menemukan sisa-sisa ini, dan dari mereka Anda akan dapat membuat gambaran tentang bagaimana rakyat kami dibunuh... Dengan cara ini saya berharap dapat mengabadikan nama-nama terkasih dari mereka yang, pada saat ini, Aku bahkan tidak bisa mengeluarkan air mata! Karena aku hidup dalam neraka kematian, di mana kerugianku yang besar tidak dapat diukur.”[6]

Pengenalan buku ini adalah dia mengabadikan keluarganya dan keinginan terakhirnya agar mereka tidak dilupakan. Keluarganya yang dibunuh adalah: ibunya (Sarah), saudara perempuan (Libe), saudara perempuan (Esther Rokhl), istri (Sonia), ayah dan saudara ipar (Raphael dan Wolf).[7] Semua anggota keluarganya diberi gas karena "tidak layak". Ayahnya, dua saudara laki-lakinya dan seorang saudara perempuan lainnya juga diculik dan dia tidak tahu apa yang terjadi pada mereka. Dia menulis semuanya dalam pengantar buku hariannya.

Lihat juga

[sunting | sunting sumber]

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ Shulamit Lifshitz (2015). "Chaim Zalman Gradowski from Suwalki, Poland, born in 1910 to Shmuel and Sara, later residing in Lunna, Poland (now Belarus)". The Central Database of Shoah Victims' Names. Yad Vashem. Diakses tanggal 9 April 2015. 
  2. ^ POLIN (2015). "Kiełbasin, ul. O. Solomowoj - były nazistowski obóz tranzytowy". Kiełbasin transit camp. Muzeum Historii Żydów Polskich POLIN. Diakses tanggal 9 April 2015. 
  3. ^ a b Yisrael Gutman, Michael Berenbaum (1998). Anatomy of the Auschwitz Death Camp. Indiana University Press. hlm. 522–529. ISBN 0-253-20884-X. Diakses tanggal 9 April 2015. 
  4. ^ Michael Berenbaum. "Weeping Without Tears" (PDF file, direct download). Source: Yad Vashem Studies, Vol. 29, Jerusalem, 2001, pp. 433–446. Shoah Resource Center, The International School for Holocaust Studies. hlm. 3. Diakses tanggal 9 April 2015. 
  5. ^ Adamczyk, Kazimierz (11 May 2017). "Report and lament – Zalman Gradowski's notes from Auschwitz". Acta Universitatis Lodziensis. Folia Litteraria Polonica. 46 (8). doi:10.18778/1505-9057.46.09alt=Dapat diakses gratis. Diakses tanggal 7 February 2020. 
  6. ^ Laqueur, Thomas (23 September 2015). "Devoted to Terror". London Review of Books (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 18 January 2020. 
  7. ^ David G. Roskies. The Literature of Destruction : Jewish Responses to Catastrophe (PDF). The Jewish Publication Society. hlm. 548–564. 

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]