Lompat ke isi

Kirab kematian semasa Holokaus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Warga sipil Jerman melewati jenazah korban yang dibunuh di desa Namering oleh penjaga SS selama pawai paksa dari kamp konsentrasi Buchenwald dan Flossenburg.

Selama Holokaus, kirab kematian (bahasa Jerman: Todesmärsche) adalah pemindahan paksa tahanan secara besar-besaran dari satu kamp Nazi ke lokasi lain, yang melibatkan berjalan kaki jarak jauh yang mengakibatkan banyak kematian orang-orang yang lemah. Sebagian besar pawai kematian terjadi menjelang akhir Perang Dunia II, sebagian besar setelah musim panas/gugur tahun 1944. Ratusan ribu tahanan, kebanyakan orang Yahudi, dari kamp Nazi di dekat Front Timur dipindahkan ke kamp-kamp di Jerman yang jauh dari pasukan Sekutu.[1] Tujuan mereka adalah untuk melanjutkan penggunaan kerja paksa para tahanan, untuk menghilangkan bukti kejahatan terhadap kemanusiaan, dan untuk menjaga para tahanan guna sebagai alat tawar-menawar dengan Sekutu.[2]

Para tahanan digiring ke stasiun kereta api, seringkali jauh; diangkut berhari-hari tanpa makanan di kereta barang; kemudian dipaksa berbaris lagi ke kamp baru. Mereka yang tertinggal atau terjatuh ditembak. Pawai kematian terbesar terjadi pada bulan Januari 1945. Sembilan hari sebelum Tentara Merah Soviet tiba di kamp konsentrasi Auschwitz, Jerman menggiring 56.000 tahanan menuju stasiun kereta api di Wodzisław, 35 mil (56 km) jauhnya, untuk diangkut ke kamp lain.[3] Sekitar 15.000 orang tewas dalam perjalanan.[4]

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ For the timing, see Blatman, Daniel (2011). The Death Marches: The Final Phase of Nazi GenocideAkses gratis dibatasi (uji coba), biasanya perlu berlangganan. Cambridge and London: The Belknap Press of Harvard University Press. hlm. 2. ISBN 978-0-674-05049-5. 
  2. ^ "Death marches". United States Holocaust Memorial Museum. 
  3. ^ Blatman 2011, hlm. 81ff.
  4. ^ Hojka, Piotr; Kulpa, Sławomir (2016). Kierunek Loslau. Marsz ewakuacyjny więźniów oświęcimskich w styczniu 1945 roku. Wodzisław Śląski: Museum in Wodzisław Śląski. ISBN 978-83-927256-0-2.