Kereta api Kamandanu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kamandanu
Ikhtisar
SistemKereta api ekspres
StatusTidak beroperasi
LokasiDaerah Operasi IV Semarang
TerminusStasiun Semarang Tawang
Stasiun Gambir
Operasi
Dibuka23 Desember 1999
Ditutup5 Desember 2009
PemilikPT Kereta Api Indonesia
OperatorDaerah Operasi IV Semarang
DepoSemarang Poncol (SMC)
RangkaianCC201, CC 203
Data teknis
Panjang lintas475 km
Lebar sepur1.067 mm
Kecepatan operasi90 km/jam

Kereta api Kamandanu adalah nama kereta api yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia di Jawa dengan jurusan Jakarta Kota - Semarang Tawang via Gambir pada awalnya.

Kereta api Kamandanu mulai dioperasikan pada tanggal 23 Desember 1999 melayani perjalanan koridor Semarang - Jakarta. Rangkaian KA Kamandanu terdiri dari 7 kereta kelas eksekutif dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 364 tempat duduk.

Selama perjalanan Jakarta - Semarang sejauh 475 km, kereta api ini hanya berhenti di stasiun Stasiun Cirebon, Stasiun Tegal, dan Stasiun Pekalongan dengan waktu tempuh 6 jam. Dari Jakarta ditawarkan alternatif perjalanan pada siang hari dan dari Semarang berjalan pada malam hari.

Tanggal 5 Desember 2009, KA Kamandanu dihentikan operasinya saat KA Bangunkarta Eksekutif diluncurkan, saat ini KA eksekutif yang melayani Jakarta-Semarang hanya Kereta api Argo Sindoro dan Kereta api Argo Muria.

Asal usul nama[sunting | sunting sumber]

Menurut cerita pewayangan Kamandanu adalah nama dari sekelompok kerbau yang dipelihara oleh para dewa kayangan yang digembalakan oleh Dadung Awuk dan pernah dipinjam oleh Raden Arjuna sebanyak 144 ekor sebagai prasyarat sewaktu menikahi Wara Sumbadra.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]