Kereta api Pekalongan Ekspres

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kereta api Pekalongan Ekspres/Kereta api Pemalang Ekspres
Ka Pekalongan Ekspres Siap Diluncurkan Tanggal 12 Juli.jpg
Ka Pekalongan Ekspres Siap Diluncurkan Tanggal 12 Juli 2014 Di Stasiun Pekalongan
Ikhtisar
JenisEkonomi AC
SistemKereta api ekonomi
StatusTidak Beroperasi
LokasiDaop IV Semarang
TerminusSemarang Tawang
Pekalongan, Pemalang
Stasiun6
Layanan1
Operasi
Dibuka12 Juli 2014
Ditutup19 Desember 2014
PemilikPT Kereta Api Indonesia
OperatorDaerah Operasi IV Semarang
DepotSemarang Poncol (SMC)
RangkaianCC201, CC203
Data teknis
Lebar sepur1067 mm
Kecepatan operasi50 s.d. 100 km/jam
Jumlah rute7065 & 7066

Kereta api Pekalongan Ekspres adalah kereta api kelas ekonomi AC yang melayani rute Semarang Tawang-Pekalongan PP. Kereta api ini direncanakan akan beroperasi pada tanggal 12 Juli 2014. Namun, peluncuran kereta api ini dimundurkan satu hari menjadi 11 Juli 2014. Rangkaian kereta api ini menggunakan rangkaian Kereta api Kamandaka Purwokerto-Semarang PP yang tak dipakai saat siang hari. Kereta api ini akan berhenti di Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Weleri, Stasiun Plabuan, dan berakhir di Stasiun Pekalongan. Kereta api ini diluncurkan untuk mengangkut para penumpang Kereta api Kaligung Mas yang tak terangkut atau kehabisan tiket dan mempromosikan wisata di Stasiun Plabuan dan sekitarnya yang terkenal oleh pantai dan penangkaran ikannya. Harga kereta api ini adalah Rp 25.000,00 - Rp 40.000,00, bergantung pada jarak tempuh.

Karena amblesnya Jembatan Comal yang melumpuhkan jalur pantura Pemalang-Pekalongan, PT KAI memperpanjang rute kereta api ini menjadi Semarang Tawang-Pemalang pp mulai tanggal 22 Juli 2014. Untuk kereta api yang ke Pemalang tetap menggunakan nomor yang sama namun namanya berubah menjadi Pemalang Ekspres.

Karena Kereta api Kamandaka ditambah perjalananya menjadi 3 kali sehari, mulai 19 Desember 2014 seluruh perjalanan kereta api ini dihentikan untuk seterusnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]