Kereta api Madiun Jaya Ekspres

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kereta api Madiun Jaya
Madiun Jaya Ekspress.jpg
KRDI Madiun Jaya (Manja) saat masih menggunakan rangkaian KRD. Dan untuk Gapeka 2019 ini rencana akan menggunakan rangkaian Kereta kelas eksekutif dan bisnis, dan ditarik lokomotif
Ikhtisar
JenisKomuter (dahulu). Sekarang KA Jarak Menengah
SistemKereta komuter (dahulu), sekarang di Gapeka 2019 rangkaian Kereta eksekutif dan bisnis
StatusBelum Beroprasi
LokasiDaerah Operasi VII Madiun
TerminusMadiun
Kandangan
Operasi
Dibuka2009, Sebagai Madiun Jaya non AC, dan sekarang terdaftar di Gapeka 2019 akan melayani rute Madiun - Surabaya - Kandangan pp.
DitutupMaret 2016 (dahulu).
Dibuka kembali20 Juni 2011, sebagai Madiun Jaya Ekspres AC, dan di Gapeka 2019, tetapi sebagai Fakultatif
Pemilik
OperatorDaerah Operasi VII Madiun
DepoMadiun (MN)
RangkaianTidak ada (dahulu KRDI tidak ditarik lokomotif). Sekarang di Gapeka 2019 belum ada rangkaiannya.
Data teknis
Lebar sepur1.067 mm
Elektrifikasi-
Kecepatan operasi60 s.d. 75 km/jam

Kereta api Madiun Jaya (Manja) adalah layanan kereta api komuter ekonomi AC jenis Kereta Rel Diesel Indonesia (KRDI) milik Kementerian Perhubungan Indonesia yang pernah dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia dan melayani jalur Madiun- Yogyakarta dan sebaliknya. Kemudian terdaftar di Gapeka 2019 ini, KA Madiun Jaya akan beroperasi kembali tetapi bersifat fakultatif atau juga masih belum beroperasi dengan rangkaian kereta kelas eksekutif dan bisnis dan rute Madiun - Surabaya Gubeng/Pasarturi - Kandangan pp.

Kereta api ini merupakan kelanjutan dari kereta api Madiun Jaya non-AC yang mulanya melayani relasi Solo Balapan-Madiun sampai Kertosono pada awal pengoperasiannya tahun 2009, tetapi sejak tanggal 12 Maret 2010 kereta ini dialihkan relasinya menuju ke Solo Balapan dengan dua kali perjalanan. Sejak 1 Juli 2010 kereta ini perjalanannya dilanjutkan sampai dengan Stasiun Tugu, juga dengan dua kali perjalanan. Kini kereta tersebut digantikan dengan Madiun Jaya AC dengan rute yang sama dan hanya sampai di stasiun Madiun.[1]

Kereta ini diluncurkan tanggal 20 Juni 2011 dengan menggunakan rangkaian KRDI AC buatan PT INKA. Kereta ini berangkat hanya sekali sehari. Kereta ini berhenti di stasiun-stasiun sepanjang rute Madiun-Tugu. Dipatok harga Rp15.000,00 untuk Jogja-Solo dan Jogja-Sragen, serta Rp50.000,00 untuk Jogja-Madiun, sekali jalan.

Kereta api Madiun Jaya Ekspres sempat dikembalikan menjadi KRD Madiun Jaya ekonomi non-AC yang biasanya dipakai kereta api Arjuna Ekspres, karena KRD yang ber-AC ada yang bermasalah. Selain itu, kereta api Arjuna Ekspres untuk sementara dibatalkan operasionalnya. Saat ini, Kereta api Madiun Jaya Ekspres dihentikan operasionalnya.[2] Saat ini perjalanan kereta api Madiun Jaya Ekspres digantikan oleh kereta api jarak jauh dan rangkaian yang lama digunakan kereta bandara dan rangkaian darurat Kereta api Batara Kresna.

Pada Gapeka 2019 ini, terdaftar KA Madiun Jaya akan beroperasi kembali tetapi bersifat fakultatif. KA Madiun Jaya di Gapeka 2019 akan melayani rute yang berbeda. Sebelumnya melayani rute Madiun - Yogyakarta pp. Untuk di Gapeka 2019 ini akan melayani rute Madiun - Surabaya Gubeng/Pasarturi - Kandangan pp. Dan menggunakan rangkaian Kereta kelas eksekutif dan bisnis, bukan rangkaian krd.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "PT KA Operasikan KRDI Madiun Jaya AC (Madiun-Solo-Jogja)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-04-13. Diakses tanggal 2015-12-14. 
  2. ^ "Sepi Penumpang, KA Madiun Jaya Dipensiunkan – Info Kereta Api". Diakses tanggal 2020-06-25.