Kereta api Merak Jaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kereta api Merak Jaya
Ikhtisar
JenisBisnis
SistemKereta api lokal
StatusTidak Beroperasi
LokasiDaop 1 Jakarta
TerminusJakarta Kota
Merak
Operasi
Dibuka1 Nopember 1996
Ditutup1 Juni 2006
PemilikPT Kereta Api Indonesia
OperatorDaerah Operasi I Jakarta
Karakteristik lintasLintas datar
DepotJakarta Kota (JAKK), Untuk Rangkaian Kereta Jatinegara (JNG), Untuk Lokomotif Kereta
RangkaianBB304
Data teknis
Lebar sepur1067 mm
Elektrifikasi-
Kecepatan operasi45 s.d. 90 km/jam

Kereta api Merak Jaya adalah sebuah kereta api kelas bisnis di Indonesia yang pernah melayani rute Jakarta Kota - Merak. Kereta api ini beroperasi sejak tahun 1996 hingga tahun 2006, sebagai satu-satunya kereta api kelas selain ekonomi yang melayani lintas Tanah Abang - Merak pada saat itu.

Kereta api ini berhenti beroperasi pada 1 Juni 2006, dan sejak itu belum ada lagi kereta dengan kelas selain ekonomi yang melayani jalur ini, baik KA lokal maupun jarak jauh.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kereta Api Merak Jaya awalnya merupakan campuran kelas eksekutif dan kelas bisnis. Stamformasi mewah ini dilengkapi dengan kehadiran lokomotif tangguh seri BB 304 yang selalu menjadi langganan penarik Merak Jaya, menjadikannya kereta yang unggul pada jalur di mana kereta yang beroperasi adalah kereta-kereta lokal kelas ekonomi maupun KRL. Kombinasi ini pun semakin menggiurkan tatkala sejak diresmikan pada 1 Nopember 1996, sang ular besi mampu melibas rute Jakarta-Merak di kisaran 2,5 jam. [1]

Seiring berjalanya waktu, sang maestro tanah jawara itu hanya membawa kereta kelas bisnis saja. KA Merak Jaya akhirnya dihapus pada 1 Juni 2006 karena okupansi penumpang di bawah 60%.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Stasiun Tenjo: Stasiun Merak: Dari Merak Jaya Sampai Nyebrang Laut (Part 1)". Stasiun Tenjo. Diakses tanggal 2019-11-04.