Kereta api Bumi Geulis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kereta api Bumi Geulis
Bumigeulisbogor.png
Kereta api Bumi Geulis persiapan berangkat dari Stasiun Bogor
Ikhtisar
JenisBisnis
SistemKomuter Ekspres
StatusTidak Beroperasi
LokasiDaerah Operasi I Jakarta
TerminusStasiun Bogor
Stasiun Sukabumi
Stasiun13
Layanan1
Penumpang harian-
Operasi
Dibuka15 Desember 2008
DitutupDesember 2012
PemilikPT Kereta Api Indonesia
OperatorDaerah Operasi I Jakarta
DepotBogor (BOO), Untuk Menyimpan Kereta Rel Diesel (KRD) Tanah Abang (THB) untuk perawatan (KRD)
RangkaianKereta Rel Diesel Seri MCW (KRDH MCW)
Data teknis
Panjang lintas-
Panjang rel-
Lebar sepur1067 mm
Elektrifikasi-
Kecepatan operasi40 - 60 km/h
Titik tertinggi-
Jumlah rute-
Kereta api Bumi Geulis di Stasiun Bogor

Kereta api Bumi Geulis adalah kereta api komuter bisnis dengan menggunakan KRD MCW 302 yang diresmikan pada 15 Desember 2008 oleh Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal. Kereta api ini melayani jalur Bogor - Sukabumi yang ditempuh dalam waktu dua jam.

Rangkaian kereta api ini menggantikan rangkaian KRD Ekonomi Bogor - Sukabumi yang dipensiunkan sejak tahun 2006 karena rusaknya jalur maupun uzurnya rangkaian kereta yang digunakan. Setelah KRD Ekonomi berhenti beroperasi, dilakukan perbaikan jalur kereta api Bogor - Sukabumi hingga dikategorikan layak dilalui kembali. Kereta ini berangkat dari Sukabumi jam 05.00 dan tiba pukul 07.00 dan dari Bogor berangkat jam 17.00 dan tiba 19.00. Rangkaian ini menggunakan rangkaian KRD MCW 302 eks-Kereta api Prambanan Ekspres buatan tahun 1982 Dan sisa-sisa KRD MCW 302 dan KRD MCW 301 eks KRD Bogor-Sukabumi (dahulu terdiri 3 atau 4 rangkaian dengan livery khas DAOP I).

KA Bumi Geulis di Stasiun Batutulis, 2010

Berikut daftar stasiun yang dilewati kereta api Bumi Geulis:

KRD Bumi Geulis berhenti beroperasi pada pertengahan Desember 2012, hal itu disebabkan karena usianya yang sangat tua. Akibatnya, lalu lintas Bogor-Sukabumi macet total. Pada 9 November 2013, jalur itu dibuka kembali. KRD Bumi Geulis diganti dengan KA Pangrango, dengan Lokomotif CC 204. KA Pangrango tersedia dalam kelas Ekonomi dan Eksekutif. Saat ini rangkaian KRD Bumi Geulis yang masih bisa beroperasi dikirim ke Bandung dan dipakai untuk KA Patas Non AC Cicalengka-Bandung. Kini KA Patas Non AC juga sudah tidak aktif, sehingga rangkaian bekas kereta api ini disimpan di dipo kereta api Bandung.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]