Angkutan pengganti kereta api

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bus bertingkat Stagecoach in Hampshire, berhenti di Terminal Ryde, Britania Raya, merupakan contoh angkutan pengganti kereta api

Angkutan pengganti kereta api adalah jenis angkutan yang mempergunakan bus untuk mengganti pelayanan kereta api penumpang baik untuk sementara atau selamanya. Layanan kereta yang diganti oleh bus dapat dari berbagai jenis layanan seperti LRT, trem, kereta api komuter, kereta api rel berat, atau kereta api antarkota. Layanan kereta api dapat diganti jika jalurnya ditutup karena pemeliharaan prasarana, gangguan dari kereta, kecelakaan kereta api, aksi mogok kerja, atau jika layanan kereta api ini tidak memiliki nilai ekonomi.

Logat populer bahasa Inggris untuk angkutan pengganti kereta api adalah bustitution (lakuran dari kata "bus" dan "substitution", atau bustitute)[1] dan bus bridge.[2] Angkutan pengganti kereta api menjadi tidak populer dan sering dikritik, sehingga istilah bustitution sering digunakan sebagai logat populer.[3][4]

Konsep serupa dalam beberapa kasus disebut juga motorisasi, tetapi istilah itu[butuh klarifikasi] lebih berhubungan dengan bertumbuhnya mobil pribadi, angkutan umum darat, maupun bus.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Definition of bustitution". Macmillan Publishers Ltd. 
  2. ^ 'Limited MTA service backj Thursday' on New York Daily News website, viewed 2013-07-09
  3. ^ An example appears in a 2009 editorial. See: Parker, Christopher (January 19, 2009). "Statement on the bustitution of the Ethan Allen Express". Vermont Rail Action Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-27. Diakses tanggal 2009-06-20. 
  4. ^ Weyrich, Paul M. and William S. Lind (May 1999). "Does Transit Work? A Conservative Reappraisal" (PDF). American Public Transportation Association. Diakses tanggal 2016-09-07. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]