Bus bandar udara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebuah bus bandara milik FlyAway di Los Angeles
Sebuah bus ulang-alik bandara milik easyBus di Inggris
Sebuah bus bandara memuat penumpang yang baru turun dari pesawat

Sebuah bus bandar udara, atau bus ulang-alik bandara, atau bus bandara adalah sebuah bus yang digunakan untuk mengangkut orang ke dan dari, atau di dalam bandara. Bus ini biasanya memiliki ruang bagasi yang lebih luas dan diberi penjenamaan khusus. Bus ini umumnya juga dicat dengan warna cerah untuk membuatnya mencolok di antara kendaraan bandara yang lain, sehingga dapat lebih mudah terlihat oleh kru pesawat saat mendekati apron.

Bus bandara telah eksis sejak dekade 1960-an, saat British European Airways menyewa bus milik AEC Routemaster, lalu mengecat bus tersebut dengan warna biru dan putih, untuk dioperasikan di Bandar Udara Heathrow.[1]

Perpindahan di dalam bandara[sunting | sunting sumber]

Bus bandara digunakan untuk berbagai macam keperluan, dan dapat dioperasikan oleh operator bandara, maskapai penerbangan, ataupun pihak ketiga.

Perpindahan di sisi udara[sunting | sunting sumber]

Sebuah bus apron

Di bandara yang tidak memiliki atau hanya memiliki sedikit garbarata, untuk memindahkan penumpang dalam jarak jauh atau demi alasan keselamatan, penumpang akan dipindahkan dari gerbang kedatangan atau keberangkatan di terminal ke pesawat dengan menggunakan bus pelataran atau bus apron.

Bus apron dapat berbentuk bus biasa, atau karena tidak dioperasikan di jalanan umum, dapat lebih panjang dan lebih lebar daripada bus biasa,[2] untuk dapat mengangkut lebih banyak penumpang. Terkadang bus trailer juga digunakan. Bus apron biasanya hanya dipasangi sedikit kursi atau bahkan tidak dipasangi kursi sama sekali, sehingga semua penumpang harus berdiri. Terkadang untuk pesawat besar, sebuah bus antarkota digunakan untuk mengangkut penumpang ke atau dari terminal, karena bus antarkota dapat memuat lebih banyak orang. Bus apron biasanya juga dipasangi lampu kedip untuk dapat dioperasikan pada malam hari di dekat landas pacu. Bus ini juga kerap memiliki ruang kemudi di kedua ujungnya.

Perpindahan terminal[sunting | sunting sumber]

Bus perpindahan terminal Wiki Wiki di Bandar Udara Internasional Honolulu

Di bandara yang memiliki beberapa terminal dan jaraknya cukup jauh, tapi belum ada kalayang atau alternatif transportasi lain, maka sebuah bus gratis biasanya digunakan untuk mengangkut penumpang dari satu terminal ke terminal lain.[3][4] Bus ini juga dapat diintegrasikan dengan jaringan bus umum.

Perpindahan ke pelataran parkir[sunting | sunting sumber]

Bus perpindahan ke pelataran parkir

Di bandara yang pelataran parkirnya terletak jauh dari terminal, pemilik bandara atau pihak ketiga biasanya menyediakan bus gratis[5] yang berjalan secara bolak-balik dari terminal ke pelataran parkir maupun sebaliknya.

Perpindahan ke luar bandara[sunting | sunting sumber]

Pihak ketiga yang menawarkan jasa ke penumpang pesawat biasanya juga mengoperasikan bus untuk menjemput dan mengantar penumpang ke dekat terminal bandara, dan menyediakan ruang bagasi yang lebih luas. Layanan ini biasanya meliputi:

  • Layanan pengantaran dari/ke pelataran parkir di luar bandara. Penyedia pelataran parkir biasanya menyediakan pelataran parkir murah yang berlokasi agak jauh dari bandara, dan menyediakan bus untuk mengantar penumpang ke bandara. Busnya dapat berupa bus antarkota, bus besar, atau bus kecil mewah, yang terkadang dilengkapi dengan kereta gandeng untuk mengangkut bagasi.
  • Perusahaan penyewaan mobil. Biasanya, penyedia penyewaan mobil menyediakan bus untuk mengantar penumpang dari terminal ke tempatnya menyimpan kendaraan yang disewakan.
  • Hotel bandara kerap menawarkan jasa bus ke bandara, guna menarik penumpang menginap di hotelnya.

Jasa bus umum[sunting | sunting sumber]

Sebuah bus ulang-alik intermoda gratis yang dioperasikan oleh Arriva North East di Bandar Udara Internasional Teeside

Sejumlah transportasi umum biasanya menawarkan jasa khusus bandara, seperti:

Bus ulang-alik intermoda[sunting | sunting sumber]

Sejumlah perusahaan transportasi biasanya menyediakan bus ulang-alik dari stasiun kereta api ke bandara, dengan menggunakan bus kota yang dilengkapi dengan ruang bagasi lebih besar. Layanan ini biasanya didukung secara finansial oleh operator bandara atau operator kereta api. Di Inggris, Bandar Udara Internasional Teeside mengontrak Arriva North East guna menyediakan bus ulang-alik gratis untuk para penumpang pesawat, [6] dan Govia Thameslink Railway juga mengoperasikan bus ulang-alik dari Stasiun Luton Airport Parkway ke Bandar Udara Luton.[7]

Selain itu, sejumlah maskapai penerbangan juga mengoperasikan bus dari bandara ke terminal bus terdekat, atau ke bandara lain yang belum dapat dilayaninya. Salah satu contohnya adalah bus Singapore Airlines dari pusat kota Newark, New Jersey ke Bandar Udara Internasional Newark Liberty. Sementara United Airlines menyediakan bus dari Bandar Udara Beaumont di Beaumont, Texas ke Bandar Udara Interkontinental George Bush di Houston, yang dulunya mereka layani dengan menggunakan pesawat Saab 340.

Layanan bus premium[sunting | sunting sumber]

Layanan bus bandara premium

Operator bus yang mengoperasikan layanan bus kota biasa juga kerap menawarkan layanan bus premium ke bandara, terutama dengan menggunakan[8] bus mewah dan ruang bagasi yang lebih luas. Layanan ini biasanya hanya berhenti di titik tertentu, tidak berhenti di banyak titik seperti halnya bus ulang-alik.

Pada dekade 1990-an, London Buses yang baru saja diprivatisasi mengoperasikan layanan Airbus dari Stasiun Victoria Coach ke Bandar Udara Heathrow, walaupun layanan ini lalu dihentikan setelah hadirnya London Underground dan Heathrow Express diperbaiki.

Layanan bus sesuai permintaan[sunting | sunting sumber]

Sejumlah operator bus umum juga pindah ke sektor transportasi sesuai permintaan, untuk menjembatani celah antara layanan bus premium dan layanan taksi bandara, dengan cara melayani sebuah wilayah yang mana rutenya dapat bervariasi tergantung lokasi dari titik penjemputan penumpang. Tidak seperti taksi, layanan ini masih diakui sebagai sebuah layanan bus umum. Contohnya antara lain Dot2Dot dari National Express, dan Edinburgh Shuttle yang dioperasikan oleh Lothian Buses, yang menggunakan bus kecil berspesifikasi tinggi yang dilengkapi dengan ruang bagasi.

Layanan ekspres[sunting | sunting sumber]

Sebuah bus bandara ekspres yang dioperasikan oleh Green Line Coaches di Britania Raya

Sejumlah operator bus jarak jauh menjadikan bandara sebagai pusat dari jaringan trayeknya, seperti layanan bandara dari National Express Coaches. Layanan ini tidak selalu menggunakan bus yang dimodifikasi khusus, walaupun biasanya diberi warna khusus untuk menandakan bahwa bus tersebut adalah bus bandara, dan juga diberi nomor rute khusus, seperti 747.

Contoh dari layanan ini adalah easyBus, yang mengoperasikan bus kecil dari London langsung ke Bandar Udara Luton.

Perpindahan terminal[sunting | sunting sumber]

Di bandara yang terminalnya terpisah jauh dan tidak terhubung dengan moda transportasi apapun, operator bus biasanya menyediakan layanan untuk menghubungkan terminal-terminal tersebut, baik sebagai layanan ulang-alik atau layanan biasa. Contoh layanan ini adalah Fastway, yang merupakan sebuah skema bus rapid transit yang pada pusat jaringan rutenya menghubungkan terminal utara dan terminal selatan dari Bandar Udara Gatwick.

Railair[sunting | sunting sumber]

RailAir, atau Railair, adalah layanan yang dibuat untuk menghubungkan stasiun ke bandara yang belum terlayani dengan kereta api bandara.

Layanan non bus bandara lainnya[sunting | sunting sumber]

Layanan bus standar[sunting | sunting sumber]

Selain bus yang dirancang khusus untuk dioperasikan di bandara, sejumlah layanan bus biasa juga dapat berhenti atau mengakhiri perjalanannya di bandara. Layanan ini biasanya dijalankan di luar jam operasi normal untuk mengangkut pegawai bandara dan penumpang pesawat yang datang di luar jam operasi normal.

Layanan sewa[sunting | sunting sumber]

Sejumlah penyedia layanan sewa kendaraan atau operator taksi bandara juga menggunakan bus kecil dengan berbagai macam spesifikasi untuk mengangkut orang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nigel, Boxley (31 July 1988). "Image of a BEA Routemaster bus". Flickr.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 October 2015. Diakses tanggal 4 March 2013. 
  2. ^ "Bus type classification for airside transfer buses". Used-buses.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 March 2013. Diakses tanggal 4 March 2013. 
  3. ^ Terminal transfer bus[pranala nonaktif permanen] Image of a British Airways transfer bus at Heathrow Terminal 4
  4. ^ Cal, So. "Image of a free shuttle bus at LAX Airport". Flickr.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 October 2016. Diakses tanggal 4 March 2013. 
  5. ^ Image of Southampton Airport car park shuttle bus
  6. ^ "Sky Express shuttle bus". Southern Van Hire. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 May 2015. Diakses tanggal 4 March 2013. 
  7. ^ "Image of Luton Airport Shuttle Bus". Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 June 2015. Diakses tanggal 20 June 2015. 
  8. ^ Image of Dublin Bus airlink branded premium service bus

Pranala luar[sunting | sunting sumber]