Penyewaan mobil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Rental mobil, sewa mobil, atau agen menyewa mobil adalah perusahaan yang menyewakan mobil untuk jangka waktu yang singkat, umumnya mulai dari beberapa jam sampai beberapa minggu. Sering diatur dengan banyak cabang lokal (yang memungkinkan pengguna untuk mengembalikan kendaraan ke lokasi yang berbeda), dan terutama terletak di dekat bandara atau daerah kota yang sibuk dan sering dilengkapi dengan situs web yang memungkinkan pemesanan online.

Agen penyewaan mobil terutama melayani orang-orang yang membutuhkan kendaraan sementara, misalnya, mereka yang tidak memiliki mobil sendiri, pelancong yang berada di luar kota, atau pemilik kendaraan yang rusak atau hancur yang sedang menunggu perbaikan atau kompensasi asuransi . Agen penyewaan mobil juga dapat melayani kebutuhan industri yang bergerak sendiri, dengan menyewa van atau truk, dan di pasar tertentu, jenis kendaraan lain seperti sepeda motor atau skuter juga dapat ditawarkan.

Di samping penyewaan dasar kendaraan, agen penyewaan mobil biasanya juga menawarkan produk tambahan seperti asuransi, sistem navigasi global positioning system (GPS), sistem hiburan, ponsel, WiFi portabel dan kursi keselamatan anak.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Salah satu contoh mobil-mobil yang ditawarkan untuk penyewaan berawal pada tahun 1906. Perusahaan Jerman Sixt didirikan pada tahun 1912 dibawah nama Sixt Autofahrten und Selbstfahrer (Sixt Car Cruises and Self Drivers).Joe Saunders dari Omaha, Nebraska awalnya memulai dengan meminjam Ford Model T pada tahun 1916, namun di tahun 1917, perusahaan Ford Livery sedang menyewakan 18 Model T seharga 10 sen per mil. Nama perusahaan menjadi Saunders Drive-It-Yourself System dan kemudian Saunders System. Pada 1926, Saunders diperluas ke 56 kota. Perusahaan Saunders dibeli oleh Avis pada tahun 1955.

Pesaing awal Saunders adalah Walter L. Jacobs, yang memiliki Rent-a-Car yang berbasis di Chicago dibuka pada tahun 1918 dengan dua belas Ford Model T. Perusahaan dibeli oleh John Hertz pada tahun 1923.

Di Inggris, penyewaan mobil dimulai dengan Godfrey Davis, didirikan pada tahun 1920, dan dibeli oleh Europcar pada tahun 1981.

Sektor itu diperluas secara cepat di AS; pada tahun 1926, American Driveurself Association mengumpulkan lebih dari 1200 delegasi di Chicago.

Pertumbuhan di perjalanan pasca Perang Dunia kedua menyebabkan pendirian beberapa perusahaan internasional terkenal, termasuk National Car Rental (1947), Europcar (1949), Enterprise Rent-A-Car (1957), Thrifty Rent A Car (1958), dan Budget Rent a Car (1958) .

Bisnis Model[sunting | sunting sumber]

Perusahaan sewa mobil beroperasi dengan membeli atau menyewa sejumlah kendaraan armada dan menyewa kepada pelanggan untuk biaya. Armada rental bisa distrukturkan dalam berbagai cara-mereka dapat dimiliki secara langsung (ini dikenal sebagai 'kendaraan berisiko' karena operator penyewaan mobil mengambil risiko pada berapa banyak kendaraan akan dijual ketika dihapus dari layanan), mereka dapat disewa, atau mereka dapat dimiliki di bawah program pembelian kembali yang dijamin yang diatur langsung melalui pabrik atau cabang keuangan pabrik (ini dikenal sebagai 'kendaraan pembelian kembali' karena produsen menguraikan harga pasti penjualan asli dan pembelian kembali pada akhir jangka waktu tertentu). [5]

Di Inggris, pendaftaran sewa mobil bisa disembunyikan dengan menggunakan inisial atau anak perusahaan yang tidak dikenal, di mana bisa meningkatkan harga jual kembali lewat manufaktur atau dealer pihak ketiga. Di Amerika Utara, ini sangat umum untuk melihat perusahaan rental dengan dealer mobil bekas mereka sendiri di mana stok bekas sewa dijual langsung ke publik. Atau, lelang sering digunakan di Amerika Serikat dan dengan munculnya platform digital, mobil sewaan semakin banyak menjual kendaraan langsung ke dealer mobil baru dan bekas melewati saluran lelang.

Jenis-jenis kendaraan[sunting | sunting sumber]

Mobil sewa Kia Rio Thrifty

Sebagian besar kantor penyewaan mobil menawarkan berbagai ukuran kendaraan yang sesuai dengan berbagai anggaran dan persyaratan ruang dan beberapa juga menawarkan kendaraan khusus yang sesuai dengan lokasinya seperti convertible, model prestise, kendaraan hybrid / listrik, atau SUV dan van penumpang. Di bandara besar atau di kota-kota besar, beberapa agen penyewaan mobil mandiri menawarkan kendaraan mewah untuk disewakan. Beberapa perusahaan khusus menawarkan kendaraan yang lebih tua dengan harga lebih murah.

Untuk memungkinkan klasifikasi yang seragam dan perbandingan yang mudah dari harga sewa mobil, Asosiasi Sistem dan Standar Industri Penyewaan Mobil (ACRISS) telah mengembangkan sistem pengkodean Kode Klasifikasi Mobil ACRISS. Ini menjelaskan ukuran, jumlah pintu, jenis transmisi (manual / otomatis), dan apakah mobil ber-AC, dikodekan menjadi empat huruf. Huruf pertama dalam Kode Acriss mewakili klasifikasi umum kendaraan (mis. Mini, Economy, Compact, dll.). Huruf kedua menentukan varian kendaraan yang ditawarkan (mis. 4 Door, Estate, Convertible, SUV, dll.). Huruf ketiga umumnya digunakan untuk menentukan jenis transmisi, meskipun juga dapat digunakan untuk menggambarkan berapa banyak roda yang menggerakkan kendaraan, dan huruf keempat menggambarkan jenis bahan bakar dan apakah kendaraan memiliki AC atau tidak.

Klasifikasi tambahan berdasarkan nomor tempat duduk dan volume bagasi juga ditetapkan oleh asosiasi Belgian Rent a Car untuk menyediakan sistem terpadu untuk menilai jenis mobil dalam sistem reservasi online dan sistem distribusi global maskapai.

Persyaratan Rental[sunting | sunting sumber]

Penyewaan mobil tunduk pada banyak kondisi yang bervariasi dari satu negara ke negara lain dan dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Secara umum kendaraan harus dikembalikan dalam kondisi yang sama dengan tempat sewaannya, dan sering kali tidak boleh melebihi batasan jarak tempuh, jika tidak, biaya tambahan mungkin dikenakan.

Untuk alasan asuransi, beberapa perusahaan menetapkan usia sewa minimum dan/atau maksimum. Di beberapa kasus, usia minimum untuk rental bisa setinggi 25, bahkan di negara-negara di mana usia legal minimum untuk memegang SIM bisa lebih rendah, contoh: 14,15, 16 atau 17 di Amerika Serikat. Tidak umum bagi seseorang menjadi biaya tambahan pengemudi muda bagi pengemudi berusia dibawah 25 tahun.

Pada semua kasus, SIM masih berlaku diperlukan untuk menyewa kendaraan, dan beberapa negara memerlukan International Driving Permit (IDP).

Mayoritas perusahan memerlukan penggunaan kartu kredit untuk kenakan biaya tambahan di mana cacat ditemukan pada mobil dikembalikan atau jalan tol, denga berkaitan dengan berkendara, atau bahan bakar hilang. Sebagai pengganti kartu kredit, beberapa perusahaan memerlukan setoran tunai besar. Beberapa perusahaan mengizinkan kartu debit untuk deposit, biasanya dengan bukti tiket perjalanan pulang pergi, mis. tiket pesawat, bus, atau kereta api.

Asuransi/keringanan[sunting | sunting sumber]

Meskipun sering tidak secara eksplisit dinyatakan, perusahaan penyewaan mobil AS diharuskan oleh hukum negara bagian masing-masing untuk memberikan pertanggungan kewajiban minimum, kecuali di California dan Arizona, di mana pengemudi bertanggung jawab penuh. Ini mencakup biaya kepada pihak ketiga jika terjadi kecelakaan. [7] Di sebagian besar negara bagian, mengemudi mobil tanpa perlindungan pertanggungan adalah ilegal. Perusahaan penyewaan mobil memelihara asuransi pertanggung jawaban atas kendaraan mereka; namun, beberapa perusahaan akan mengenakan biaya untuk ini, seandainya Anda tidak menyediakan asuransi sendiri. Sebagai contoh, di Maryland, tingkat pertanggungan pertanggungan minimal adalah $ 20.000 untuk cedera tubuh dan $ 15.000 untuk kerusakan properti.

Biasanya, ketika menyewa mobil, ditawarkan berbagai bentuk asuransi tambahan dan / atau ganti rugi kerusakan sebagai tambahan opsional dengan biaya tambahan. Ada beberapa jenis cakupan:

  • [Damage_waiver Loss Damage Waiver] (LDW) - mencakup biaya kerusakan pada kendaraan sewaan, hingga nilai penuh kendaraan, jika terjadi kecelakaan. Biasanya LDW mencakup 100% biaya tanpa biaya tambahan yang dapat dikurangkan. Perhatikan bahwa cakupan LDW / CDW bukan asuransi dan tidak menawarkan produk cakupan yang sama dengan polis asuransi kerusakan.
  • Damage_waiver Collision Damage Waiver] (CDW) - Umumnya mencakup biaya kerusakan akibat kecelakaan yang bergerak. Seperti namanya, kerusakan berbasis non-tabrakan sering tidak ditanggung. Dalam banyak kasus, jika terjadi kecelakaan, biaya atau pengurangan berlaku.
  • Asuransi Tunjangan Tambahan (SLI) - produk yang sering dijual di AS yang memberikan perlindungan jika terjadi kecelakaan yang menyebabkan cedera tubuh atau kerusakan properti kepada orang lain selain penyewa dan penumpang.
  • Personal Accident Insurance (PAI) - mencakup biaya medis dan kematian karena kecelakaan untuk penyewa dan penumpang jika terjadi kecelakaan selama sewa.
  • Personal Effects Coverage (PEC) - mengasuransikan risiko kehilangan atau kerusakan barang-barang pribadi penyewa (dan kadang-kadang anggota keluarga penyewa saat bepergian dengan penyewa) selama periode sewa.
  • Kelebihan Asuransi - Pengabaian kerusakan akibat tabrakan, Pencurian dan Pertanggungan Pihak Ketiga sering kali termasuk dalam harga sewa mobil di Eropa, Afrika, dan Australasia. Hampir selalu ada kelebihan pada ini (juga disebut sebagai Super CDW, Non-Waiver, atau Deductible), yang melibatkan sejumlah uang yang harus dibayar pelanggan jika terjadi kerusakan, untuk mencegah pengemudi dari membuat klaim kecil. Kelebihan yang lebih tinggi biasanya menghasilkan biaya asuransi dimuka yang lebih rendah bagi pelanggan, tetapi jika kerusakan terjadi lebih murah daripada kelebihan untuk diperbaiki, maka ada sedikit insentif bagi pelanggan untuk mengklaim, menguntungkan perusahaan asuransi. Kelebihan asuransi (juga dikenal sebagai pengurangan kelebihan, atau kewajiban pengabaian kerusakan  ) adalah asuransi sekunder yang mencakup biaya kelebihan itu jika terjadi klaim. Perusahaan persewaan mobil di Eropa, Amerika Selatan, dan Australasia umumnya akan menawarkan pertanggungan ini sebagai asuransi sekunder pilihan, meskipun perusahaan asuransi pihak ketiga juga menjual kelebihan cakupan untuk mobil sewaan, yang mungkin menawarkan perlindungan lebih besar daripada pertanggungan standar. [8 ] [9]

Di AS, penjualan produk asuransi supplemental/keringanan bisa diregulasi oleh masing-masing departemen asuransi negara bagian, dan lisensi khusus terbatas bisa diperlukan oleh perusahaan rental untuk menjualnya. Cakupan spesifik yang ditawarkan dapat berbeda secara substansial, tergantung pada negara bagian atau negara tempat mobil tersebut disewa.

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

  • Fasilitas sewa mobil konsolidasi
  • Berbagi mobil
  • Pengabaian kerusakan
  • Berbagi mobil peer-to-peer

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]


Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Harris Saunders, Top up or down ?: Asal dan pengembangan industri penyewaan dan penyewaan mobil dan truk - sejak 1916, 1985

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]