Pintu peron

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pintu peron

Pintu peron adalah pintu yang digunakan di beberapa stasiun kereta api atau kereta bawah tanah untuk memisahkan peron dan kereta. Pintu ini berguna untuk keselamatan penumpang. Pintu peron banyak dipasang pada sistem angkutan cepat yang lebih baru di seluruh dunia, beberapa telah dipasang di sistem yang sudah ada. Pintu peron banyak digunakan dalam sistem metro Asia dan Eropa yang lebih baru.

Pintu peron dipasang untuk keselamatan penumpang. Pintu ini didesain untuk menghindarkan pengguna jasa dari bunuh diri, kecelakaan, benda yang jatuh di atas jalur kereta dan mencegah orang memasuki jalur kereta. Pintu peron juga berfungsi mengatur suhu ruangan stasiun, yang dapat menghemat biaya dan energi dengan menyediakan lebih sedikit pemanas dan pendingin udara di ruangan stasiun. Pintu peron juga dapat menyediakan perlindungan dari cuaca panas saat penumpang menghadap udara terbuka.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Platform Screen Doors: No barrier to success". Intelligent Transport. 19 April 2007. Diakses tanggal 25 September 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]