Lacak arah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Lacak arah (atau pencarian jalan ) mencakup semua cara manusia (dan hewan) mengorientasikan diri mereka dalam ruang fisik dan bernavigasi dari satu tempat ke tempat lain. Perangkat lunak lacak arah adalah program komputer swalayan yang membantu pengguna menemukan lokasi, biasanya digunakan di dalam ruangan dan diinstal pada kios interaktif atau ponsel pintar .

Proses dasar[sunting | sunting sumber]

Proses dasar lacak arah melibatkan empat tahap:

  1. Orientasi adalah upaya untuk menentukan lokasi seseorang, dalam kaitannya dengan objek yang mungkin berada di dekatnya dan tujuan yang diinginkan.
  2. Pemutusan rute adalah pemilihan arah menuju tujuan.
  3. Pemantauan rute adalah pengecekan untuk memastikan bahwa rute yang dipilih mengarah ke tujuan.
  4. Pengenalan tujuan adalah ketika tujuan tersebut dikenali.[1]

Penggunaan historis[sunting | sunting sumber]

Secara historis, lacak arah mengacu pada teknik yang digunakan oleh para pelancong melalui darat dan laut untuk menemukan rute yang relatif tidak bertanda dan sering kali diberi label yang salah. Hal ini termasuk namun tidak terbatas pada perhitungan mati, peta dan kompas, penentuan posisi astronomi dan, yang terbaru, penentuan posisi global .

Pandu arah Polinesia mengacu pada penggunaan metode lacak arah dan navigasi tradisional oleh masyarakat adat Polinesia .[2] Penduduk Polinesia dan Kepulauan Pasifik kuno menguasai metode lacak arah untuk menjelajahi dan menetap di pulau-pulau di Pasifik, banyak yang menggunakan perangkat seperti peta tongkat Kepulauan Marshall . Dengan keterampilan tersebut, beberapa dari mereka bahkan mampu mengarungi lautan dan juga mampu mengarungi daratannya sendiri. Meskipun berada di laut dalam jangka waktu yang lama sangatlah berbahaya, lacak arah adalah salah satu cara hidup.[3] Saat ini, The Polynesian Voyaging Society mencoba cara navigasi tradisional Polinesia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lidwell, William; Holden, Kritina; Butler, Jill (2010). "Wayfinding". The Pocket Universal Principles of Design: 125 Ways to Enhance Usability, Influence Perception, Increase Appeal, Make Better Design Decisions, and Teach through Design. Rockport Publishers. hlm. 260. ISBN 9781610580656 – via Google Books. 
  2. ^ "Modern Wayfinding". Polynesian Voyaging Society. Diakses tanggal January 25, 2021. 
  3. ^ Lin, Daniel (March 3, 2014). "Hōkūle'a: The Art of Wayfinding (Interview With a Master Navigator)". National Geographic. Diakses tanggal January 25, 2021.